Mengenal Viraltag, Tools Ampuh untuk Publisher Marketing dengan Platform Pinterest.

Hai sobat, pada tulisan ini saya akan berbagi informasi menarik untuk kamu yang menggiati dunia internet marketing. Pada dasarnya, marketing itu membutuhkan keaktifan dan kreatifitas kita untuk membagikan informasi dan konten yang kita miliki.

Namun yang terperpenting, adalah bagaimana caranya informasi kita bisa muncul dihadapan siapapun yang membutuhkan informasi / produk kita. Nah kali ini, saya akan mengulas bagaimana cara marketing yang tidak buang-buang waktu sehingga kita bisa fokus ke hal lain yang bisa membuat kita lebih produkif.

Perlu saya jelaskan juga diawal, informasi yang akan saya ulas disini lebih saya tujukan untuk publisher yang membutuhkan traffik lebih banyak juga tertarget. Serta optimalisasi ini akan berfokus pada platform sosial media Pinterest, dari sanalah kita akan mendulang traffik sebanyak-banyaknya untuk website kita.

Tidak seperti biasanya bukan? Biasanya para publisher mengandalkan traffik melalui search engine, namun kali ini kita akan coba mendatangkan traffik melalui platform Pinterest. Dan Tools marketing yang akan kita pakai adalah Viraltag.

Sepertinya, Pinterest tidak perlu untuk saya jelaskan. Baiklah, kita langsung saja membahas menganai tool marketing yang akan kita pakai, yaitu VitalTag.

Apa Itu Viraltag

Apa itu Viraltag

Viraltag ini merupakan tool untuk visual marketing online yang berguna untuk mengelola beberapa sosial media seperti pinterest, twitter, linkedin, tumblr, instagram dan juga facebook. Viraltag ini bisa berjalan otomatis setelah kita mempersiapkan konten dan penjadwalan.

Mungkin kamu sudah mengetahui bahwa sistem penjadawalan konten bisa juga dilakukan dibeberapa media sosial, tetapi ViralTag ini sangat bagus unuk menjadwalkan konten yang berfokus konten visual, yaitu gambar website untuk di bagikan ke Pinterest, Instagram, serta Facebook.

Jadi, andaikata usaha atau pemasaran kita membutuhkan sharing banyak gambar di sosial media, ViralTag ini merupakan alat yang kita perlukan untuk menghemat waktu dan juga tenaga. Satu hal lagi fitur yang begitu menarik yakni “Ease of Use”. yaitu kita bisa buat kalender editorial sosial media secara menyeluruh (Bulk Editor).

Itulah kelebihan ViralTag, akan tetapi seperti pada judul, artikel ini hanya akan saya tujukan untuk mengelola Pinterest saja. Karena kita tahu, pinterest ini saat ini adalah sosial media yang sangat populer untuk berbagi dan menyimpan gambar yang berisi informasi.

Kita dapat menemukan banyak informasi didalamnya. Lalu dengan Viraltag ini kita dapat melakukan publish konten secara rutin dipinterest untuk mempromosikan konten website kita.

Pertama-taman kita mengerjakan manual terlebih dahulu, kita bisa filter konten yang akan kita publish, kemudian kita bisa lakukan penjadwalan post di pinterest melalui Viraltag.

Viraltag ini tentunya sangat bermanfaat untuk kita yang berprofesi sebagai publisher yang membutuhkan sumber trafik yang banyak dari berbagai sumber, salah satunya adalah pinterest.

Keuntungan Memakai Viraltag

Dengan Viraltag, semua kerjaan bisa dibuat otomatis.

  1. Posting
  2. Penjadwalan
  3. Mendapat follower baru
  4. Mengalirkan traffik
  5. Dan seterusnya

Kalau kamu konsisten menggunakan Viraltag selama 5 bulan saja misalnya. Saya yakin kamu akan memperoleh follower dan traffik yang bisa dibilang lumayan.

Cara Menghubungkan Viraltag dengan Pinterest

Untuk memulainya, kita perlu mempersiapkan akun Pintrest kita terlebih dahulu. Bila belum punya silahkan daftar disini. Kemudian lakukan registrasi akun Viraltag disini. Cara daftarnya cukup mudah, singkatnya tinggal ikuti instruksi, konfirmasi pendaftaran melalui email.

Tampilan Awal Viraltag

Tampilan Awal Viraltag

Setelah usai mempersiapkan akun, masuk ke dalam akun Viratag yang baru saja dibuat. Penampilan pertama saat kita masuk website viraltag, kita akan disuguhkan tampilan seperti ini.

Lalu hubungkan dengan akun Pinterest milikmu.

Setting Zone Waktu

Timezone Viraltag

Tujuannya adalah untuk mempermudah dalam proses penjadwalan gambar yang ingin kamu posting di media sosial. Saya sendiri mengaturnya ke zona waktu Jakarta, Bangkok, dan sekitarnya (GMT+7).

Atau kamu bisa atur sesuai dengan zona waktu dari target pasar kamu misalkan USA / CANADA (GMT-5).

Meng-install Extension

Extention Viraltag

Pasang juga extension dari Viraltag, add on akan sangat membantu untuk mencari konten, memudahkan dalam penjadwalan lalu berbagi ulang gambar yang ingin kita bagikan di Pinterest.

Tampilan Dashboard Viraltag

Dashboard Viraltag

Disini kita dapat berkreasi serta mengoptimalkan menu yang ada, jadi pekerjaanmu jadi lebih simpel serta serba otomatis. Menu yang ada diantaranya :

  • Posting Gambar
  • Penjadwalan Gambar
  • Searching content populer
  • dan lain-lain

Satu hal yang perlu diingat kalau ViralTag ini cuma dapat diperlukan lewat PC, tidak dapat memakai Smartphone.

Cara Menggunakan Viraltag

Cara untuk meng-unggah serta menjadwal konten di Viraltag sangat mudah, cukup ikuti langkah demi langkah. Konten berbasis visual / gambar dapat kita pilih lalu kita tambahkan sedikit informasi. Kemudian jadwalkan.

Langkah Mencari Gambar di Viraltag

thetoughcookie. com

Sama seperti tools yang lain, buat buat tulisan kita cukup mengklik tanda “+” lantas ikuti langkah-langkahnya. Unggah gambar dapat lewat sumber-sumber dibawah ini

  • My Computer : Ambil segera dari PC anda.
  • Dropbox : Unggah gambar dari penyimpanan dropbox anda.
  • Facebook : Ambil gambar dari akun Facebook.
  • Web Images : Searching gambar lewat mesin pencari Bing yang kata kuncinya relevan.
  • Flickr : Unggah gambar dari saya flickr anda.
  • Google Drive : Menulis gambar dari data penyimpanan Google Drive.
  • Instagram : ambil content dari akun Instagram.

Langkah 1: Klik tombol “Buat Pos” di dasbor. Review Lengkap Viraltag

Langkah 2: Langkah untuk menjadwalkan posting di Viraltag, pilih situs sosial media tempat kita untuk membagikan konten, disini kita pakai Pinterest.

Langkah 3: Tuliskan tulisan teks dengan hashtag yang benar di kolom deskripsi. Upload gambar (dari komputer atau dari salah satu sumber online). Lalu tambahkan URL sumber (URL halaman target) jika ada. Pilih juga kategori; Pilih ikon Evergreen jika Anda ingin menggunakan pos di masa mendatang.

Langkah 4: Klik tombol schedule untuk menjadwalkan postingan. Masukkan tanggal dan waktu kapan kita ingin agar pos kita ditayangkan di Pinterest.

Langkah 5: Kita bisa menjadwalkan satu posting beberapa kali jika kita mau dengan memilih opsi “evergreen”. Dan kemudian klik tombol Add to Queue. Anda juga dapat memilih untuk Mengirimkan sekarang atau Save as Draft dari pilihan yang tersedia.

Biaya Memakai Viraltag

Kalau untuk harga bisa dibilang lumayan terjangkau, cukup membayar sekitar $29/bulan kamu sudah bisa mendapatkan semua fitur di Viraltag. Jika kamu seorang Blogger, ada pilihan free akses selama 6 bulan dengan syarat membuat review tentang Viraltag seperti yang saya kerjakan ini. 😀

***

Mungkin cukup sekian review singkat mengenai tutorial menggunakan tools Viraltag yang sangat saya rekomendasikan buat kamu para Imers / Publisher. Jadi tunggu apa lagi, segera daftar viral tag di sini ! Semoga bermanfaat!

  • Add Your Comment