Gushairon Fadli Blogger handsome dan pebisnis online. Anda punya produk tapi bingung mau di online kan? Hubungi: [email protected] (untuk kerjasama)

7 Tips Untuk Liburan Akhir Tahun dan Menyambut Tahun Baru 2018

3 min read

Persiapan Liburan Akhir Tahun Apa Saja

Tahun 2017 bisa dikatakan akan berakhir beberapa hari lagi, akan berganti tahun menjadi tahun 2018, dimana setiap orang berharap bisa menjadi lebih baik lagi dari tahun sebelumnya.

Pada penghujung akhir tahun hingga datangnya tahun baru (2018), secara umum adalah musim liburan. Mulai dari para pelajar dan para pekerja memasuki liburan panjang maupun libur tahun baru.

Momen ini biasa dimanfaatkan oleh remaja untuk berkumpul dan ajang piknik besama, banyak dari mereka menjalani liburan bersama temn-teman lama yang terpisah karena jalan hidup mereka masing-masing, karena merantau, karena kuliah maupun bekerja.

Bukan hanya para remaja, mereka yang sudah berkeluarga juga banyak yang mengisi waktu liburan ini untuk liburan bersama dengan keluarga tercinta. Sering aku temui mereka adalah papa dan mama muda dengan anaknya yang masih kecil.

Tips Liburan Hemat dan Menyenangkan

Persiapan Liburan Akhir Tahun Apa Saja
sumber gambar: https://www.pexels.com/

Nah, bila kamu ingin liburan mu semakin asik dan kamu benar-benar menikmatinya, sebaiknya kamu bisa membaca tips ini untuk memanfaatkan waktu liburanmu, agar lebih asik dan terjadwal. Jangan sampai membuat waktu liburanmu menjadi hampa-hampa saja, nikmati selagi diberikan liburan.

1. Rencanakan Kemana Tujuan Kamu Akan Berlibur

Sebelum kamu akan berlibur, kamu perlu menentukan tujuan kemana kamu akan pergi. Waktu liburan bisa kamu isi dengan pergi ke taman bermain atau ke tempat-tempat wisata alam. Saat tahun baru berlangsung, bisa dipastikan lokasi-lokasi wisata akan sangat berjubel dipadati pengunjung. Entahlah, para pengunjung menikmatinya atau tidak.

Hal ini pernah aku alami sendiri waktu liburan tahun baru, aku dan teman-temanku ingin liburan di Telaga Sarangan Magetan, sudah 2x terjebak kemacetan diantara ribuan orang. Alhasil, liburan cuma buang buang waktu.

Kamu perlu melakukan perencaan yang lebih, jika kamu menginginkan lokasi wisata, kamu bisa mengunjungi tempat-tempat yang indah yang kamu tahu, dimana itu bukan merupakan tempat wisata umum. Misalnya pergi ke jalanan pegunungan, daerah pemandangan ke sawah pegunungan waktu pagi hari dan sebagainya.

Akan lebih bermanfaat, jika waktu liburan ini kamu isi dengan berkunjung ke rumah kakek kamu, nenek ataupun berkunjung ke rumah kerabat kamu. Sekaligus menjaga hubungan silaturahmi, juga mengisi waktu liburan yang asik. Kalau aku, biasanya berkunjung ke rumah kakek nenek, karena sudah pasti saat tahun baru mereka dirumah saja.

2. Liburan Solo Traveling atau Group Traveling

Saat kamu mengisi liburanmu dengan berkunjung ke lokasi-lokasi asik yang ingin kamu tuju. Kira-kira kamu ingin kesana dengan siapa saja. Sendirikah atau mengajak teman kamu ?

Sebaiknya dari sekarang kamu bisa membuat daftar dan memikirkan kamu ingin pergi berlibur dengan siapa dan akan mengajak siapa saja.

Plus dan minus nya pasti ada jika ingin pergi solo travelling akan membuatmu lebih bebas kemana saja tanpa ada yang mengganggumu, namun jika kamu lebih suka bersama-sama, hal ini bisa menghemat lebih jauh dari segi perbekalan dan persiapan

Dan jika ada keperluan-keperluan lain, kamu akan mudah untuk meminta tolong, atau kamu bisa pergi berdua bersama pasanganmu, akan tetapi jika yang sudah halal ya 😀

3. Pesan Tiket Lebih Awal

Jika tempat berlibur yang ingin kamu kunjugi cukup jauh, agar kamu tidak klabakan saat hari H. Kamu perlu memesan tiket jauh-jauh hari.

Keuntungan lainnya, pesan jauh-jauh hari sebelum hari libur tersebut akan lebih murah untuk harga tiketnya jika di bandingkan harga tiket saat liburan itu berlangsung.

Rencanakan juga, kamu bisa berlibur di tempat kerabat sekalian mengajaknya untuk berliburan di daerahnya. Kira-kira rute kemana saja yang akan kamu tempuh dan berapa tiket yang harus kamu siapkan. Semua perlu kamu siapkan.

Jika kamu mau sedikit bermodal, kamu bisa mempercayakan tiketing dan penginapanmu kepada jasa tour and travel. Bagi kamu yang sudah berkecukupan soal finansial, tentunya ini bukanlah sebuah beban. Justru hal ini akan cukup memudahkan acara liburanmu.

4. Pilih Tempat Sesuai Dengan Budget

Saat kamu memilih tempat wisata yang dimana membutuhkan budget, ini adalah hal yang teramat penting untuk kamu perhitungkan. Masih banyak aku temui liburan asal nekat aja, jadinya ya lumayan ngenes.

Saat berwisata, iya memang sampai di lokasi tujuan. Namun ya cuma melongo tidak ngapa-ngapain selain menikmati keramaian dan sejuknya suanana tempat wisata. Rasanya tidak akan manis jika berlibur tanpa icip-icip kuliner atau menikmati wahana asik di tempat liburan liburan.

Ini adalah hal terpenting jika ingin menikmati waktu liburan, sesuaikan dengan budgetmu, jika kamu ingin pergi ke suatu tempat kamu bisa memperhitungkan kira-kira uang yang harus kamu gunakan berapa, serta cadangannya.

Jika memang kamu ingin pergi ketempat yang kamu inginkan, kamu bisa menabung mulai sekarang. Sehingga kamu tidak perlu menjual beberapa barang pribadimu untuk menambah uang saku, hal yang terpenting adalah kamu bisa menajemen uang agar lebih hemat.

5. Siapkan Alat Komunikasi Yang Memadai

Hal ini juga teramat penting untuk kamu siapkan, saat akan berlibur. Siapkan lah kuota internet dan persiapkan kartu yang memiliki jaringan yang baik.

Setidaknya kamu bisa survei terlebih dahulu dengan mencari-cari informasi di internet tentang lokasi tempat wisata A, provider apa yang bagus untuk koneksi internet di daerah sana.

Aku rasa, kalau tempat wisatanya udah ramai dan terkenal itu tidak menjadi masalah. Namun jika kamu berlibur ke lokasi yang merupakan masih jauh dari peradaban dan jauh dari keramaian. Ada kemungkinan di tempat itu minim sinyal dan koneksi internet.

Pentingnya hal ini yang utama adalah menjaga komunikasi kamu dengan keluargamu seperti ibu dan ayah, dengan kerabat, rekan bisnis maupun teman-temanmu.

Sebaiknya juga mempersiapkan power bank, hal ini untuk berjaga-jaga dimana saat perjalananmu, dimana kemungkinan besar kamu tidak menemui listrik. Lalu tipsnya hemat-hematlah dalam pemakaian baterai, minimalisir mendengarkan musik, internetan, dan aktifkan modus pesawat saat kamu men-charger baterai smarphonemu agar lebih cepat terisi.

6. Kendaraan Umum atau Pribadi

Di dalam perencanaan berliburmu, pertanyaan ini juga untu memastikan apakah kamu akan pergi dengan menggunakan kendaraan umum ataukah kendaraan pribadi?

Jika kamu menggunakan kendaraan pribadi, perlunya kamu untuk mengecek semua keamaan dan ke-normalan dari kendaraanmu. Jadi service sebelum hari H adalah hal wajib yang harus kamu lakukan.

Kamu bisa mengecek-nya di bengkel resmi, karena jaminan yang dilakukan bengkel resmi akan mudah dipercaya, Persiapkan juga surat-surat kendaraan, jangan sampai ketinggalan.

Jika kamu akan menggunakan kendaraan umum, kamu perlu mempelajari rute perjalanan sekaligus transit dan oper kendaraannya. Namun aku rasa kamu tidak akan mencari lokasi wisata yang serumit itu 🙂

Alternatif kendaraan umum bisa naik kereta atau kamu memesan travel. Untuk kendaraan umum ini kembali ke poin 3, siapkan tiketnya.

7. Jaga Kondisi Fisik

Kesehatan adalah hal terpenting yang harus diperhatikan, saat semua persiapan sudah siap akan tetapi kamu tidak fit dan jatuh sakit. Lenyaplah sudah semua yang sudah kamu rencanakan.

Jaga kondisi fisik dan kesehatan fisikmu agar semua aktifitasmu baik-baik saja.

Itulah 7 poin yang perlu kamu perhatikan sebelum kamu menjalankan program liburan akhir tahunmu. Semoga liburanmu berjalan lancar dan menyenangkan.

0
Gushairon Fadli Blogger handsome dan pebisnis online. Anda punya produk tapi bingung mau di online kan? Hubungi: [email protected] (untuk kerjasama)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *