Gushairon Fadli Blogger handsome dan pebisnis online. Anda punya produk tapi bingung mau di online kan? Hubungi: gu[email protected] (untuk kerjasama)

Jenis dan Model Sepatu Pantofel Terbaru dan Populer Di Indonesia

7 min read

Sepatu Pantofel Pria Model Oxford (Balmoral)

Jenis dan Model Sepatu Pantofel Lengkap dan Terbaru – Dari sekian banyak macam sepatu, ada jenis dan model sepatu yang cukup populer di masyarakat, kamu pasti sering mendengar yang namanya sepatu pantofel.

Sepatu ini memang sangat bagus dan siapapun yang memakainya akan tampak lebih berwibawa dan mempunyai status sosial yang lebih tinggi.

Apa Itu Sepatu Pantofel?

Istilah sepatu pantofel biasa disematkan terhadap sebuah sepatu yang mempunyai model yang bersifat formal. Artinya bahwa model dari sepatu tersebut sangat cocok untuk digunakan sebagai pelengkap busana formal dan profesional. Seringnya penggunaan sepatu pantofel seperti saat acara resepsi pernikahan, saat akan melamar kerja dan saat bekerja di kantor.

Secara internasional, sepatu pantofel dikenal dengan nama dress shoes. Kata pantofel sendiri merupakan sebuah kata serapan yang diambil dari bahasa Belanda yaitu “pantoffel”.

Jika dipadankan dengan bahasa inggris, arti pantofel sama juga dengan “slipper” yang jika didefinisikan adalah “a low shoe that can be slipped on and off easily and usually worn indoors”. Dengan mengasumsikan bahwa sepatu pendek yang dapat memungkinkan kaki masuk dan keluar dengan mudah.

Sepatu Pantofel untuk Pria dan Wanita

Ada yang beranggapan bahwa sepatu pantofel adalah sepatu yang dibuat untuk sepatu khusus kaum pria saja, seiring perkembangan dunia fashion juga semakin populernya sepatu pantofel ini.

Sekarang sudah banyak sepatu pantofel juga untk kaum wanita, bahkan untuk kaum wanita memiliki lebih banyak model sepatu pantofel wanita yang lebih bervariasi.

Bahan Pembuatan Sepatu Pantofel

Agar tetap memunculkan sisi formalnya, sepatu pantofel banyak yang dibuat dari bahan kulit yang mengkilat atau patent leather.

Namun ada juga sepatu pantofel yang dibuat dari bahan kulit suede, pantofel yang dibuat dari bahan suede memerlukan perawatan yang berbeda dari sepatu pantofel pada umumnya.

Kulit yang digunakan untuk pembuatan sepatu pantofel merupakan kulit asli dari sapi dan kambing. Selain itu ada juga sepatu pantofel yang dibuat menggunakan flopper (sejenis kulit imitasi).

Untuk kualitas sendiri lebih bagus sepatu pantofel yang dibuat dari bahan kulit asli, namun tentunya harganya lebih mahal. Sepatu pantofel yang dari bahan flopper biasanya harganya lebih murah dan kulitasnya tidak begitu bagus.

Jenis dan Model Sepatu Pantofel

Jika kita kembali melihat bentuk dari sepatu pantofel itu sendiri, memang sepatu pantofel memiliki model yang memungkinkan kaki untuk masuk dan keluar dengan mudah. Beberapa diantaranya ada yang menggunakan tali dan ada yang tidak menggunakan tali dan lebih bersifat slip on.

Beberapa model sepatu yang termasuk didalam sepatu pantofel yang populer adalah sepatu oxford dan derby shoes. Kedua sepatu tersebut sudah sangat populer karena memiliki model yang sangat bagus dan bahan baku pembuatannya dari kulit asli bekualitas premium.

Sebut saja sepatu pantofel lebih populer dengan istilah sepatu kerja atau sepatu kantor, ciri khas model sepatu pantofel ini terletak pada ujung sepatu yang berbentuk kotak lancip dan bertubuh panjang. Berikut ini beberapa model sepatu pantofel yang biasa kamu jadikan pilihan.

1. Sepatu Formal Standar  (Pantofel Formal Standar)

Sepatu formal satndar ini adalah sepatu pantofel yang paling umum kita jumpai, cirinya adalah berwarna hitam dan coklat dengan ujungnya kotak lancip memanjang kebelakang. Motif kulit yang digunakan standar warna tanpa motif sama sekali.

Sepatu formal standar ini banyak yang didesain secara slip on, kaki akan sangat mudah untuk keluar dan masuk. Pada bagian slip kaki, sisi samping kanan dan kiri lubang tempat masuknya kaki dilengkapi dengan kain yang elastis mirip sifat karet.

Selain itu, ada juga yang didesain dengan menggunakan tali, septu formal standar seperti ini menggunakan konsep model derby (ada tambahan toe untuk tempat tali sepatu) akan tetapi model secara keseluruhan mengedepankan tampilan formal standar.

2. Sepatu Pantofel Model Oxford (Balmoral)

Sepatu Pantofel Pria Model Oxford (Balmoral)
Oxford Shoes

Sepatu pantofel oxford adalah sepatu resmi untuk pria dengan model yang bagus dan terlihat formal. Model oxford ini dilengkapi dengan tambahan tali-tali kecil seperti pada sepatu kets.

Pada sepatu oxford menggunakan tali namun lebih ke seperti selop, fungsi talinya hanya sebagai penyeimbang space ruang sepatu pada kaki.

Tali pada oxford tepat dijahit pada bagian kulit lapisan pertama secara langsung, tali sepatu oxford inilah sebagai pertanda untuk membedakannya dengan yang lainnya.

Untuk fungsinya sendiri untuk keperluan acara resmi bersifat. Modelnya ada yang dibuat bermotif pada kulitnya dengan adanya lubang kecil-kecil yang memiliki nilai seni yang unik berfungsi sebagai sirkulasi udara.

Selain untuk pria, model sepatu oxford juga ada model oxford untuk wanita, untuk lebih informasi lengbih lengkap tetang sepatu model oxford wanita dan juga pria, baca artikel sepatu oxford.

3. Sepatu Pantofel Model Derby (Bluchers)

Sepatu pantofel model derby (derby shoes) hampir sama dengan model oxford. Yang mebedakannya adalah pada penempatan jahitan talinya.

Bagian talinya dijahit diatas bagian toe, ada lapisan kulit tambahan yang berfungsi untuk mengencangkan sepatu saat dipakai.

Pantofel model derby ini sangat berbeda dengan oxford, jadi jangan sampai salah ya. Untuk fungsinya sendiri, derby lebih digunakan untuk acara-acara yang resmi dan formal. Lebih formal jika dibandingkan dengan oxford.

Hampir semua sepatu derby didesain dengan kulit polos mengkilap tanpa motif atau seni pada bagian kulinya. Warna yang sering dijuampai adalah hitam adan coklat mengkilap, tapi juga ada warna – warna lain seperti abu-abu dan putih.

4. Sepatu Pantofel Model Kasual (Casual Dress Shoes)

Pantofel model kasual (casual shoes) ini ada yang menggunakan tali dan ada yang selop (slip on). Kebanyakan untuk sepatu pantofel casual dibuat dari kulit berjenis suede.

Sepatu pantofel kasual, seperti namanya sepatu dengan model kasual banyak digunakan pada suasana yang santai saat acara – acara semi formal. Sepatu kasual banyak kita temui pada acara seminar, event-event workshop, dan acara piknik atau rekreasi.

Namun seiring berkembangnya dunia sepatu, sepatu model kasual ini bisa juga digunakan dalam acara yang formal. Sepatu ini umumnya dipakai untuk acara smart casual (semi formal) sampai formal.

Sepatu pantofel kasual untuk pria biasanya berwarna gelap yaitu hitam dan coklat, namun ada juga warna lain seperti burgundy, oxblood, chestnut, cordovan dan putih.

Untuk warna cordovan dan oxblood ini cukup populer di Amerika Serikat dan biasanya dipakai pada acara – acara resmi atau sebagai sepatu wajib untuk para pegawai kantoran.

5. Sepatu Pantofel Model Monk/Monkstrap

Sepatu model monkstrap ini tidak menggunakan tali, sebagai gantinya menggunakan semacam strap untuk mengencangkan sepatunya.

Sepatu jenis monk ini ada model yang memilik 1 strap atau 2 strap dengan berbagai variasi model. Model sepatu monk ini sangat jarang ditemui di Indonesia.

Kalau kamu punya dan memakainya pasti akan banyak orang yang bertanya-tanya karena model seperti ini masih cukup langka.

6. Sepatu Pantofel Model Loafer/Slip On

Sepatu loafer (dress loafer) tidak semuanya adalah sepatu formal, namun ada juga sepatu pantofel dengan model loafer. Pada gambar sepatu loafer ini menggunakan kulit jenis full grain untuk sepatu pria.

Ciri ciri loafer pria yaitu untuk ujungnya lebih tumpul dan melebar, sedangkan untuk loafer wanita cirinya adalah body sepatu hingga ke ujung depan lebih ramping, serta high heelsnya lebih tinggi dibanding loafer untuk pria.

Sepatu dengan model loafer ini tidak menggunakan tali maupun strap untuk mengencangkan sepatunya. Ada beberapa macam jenis loafer klasik yang populer, beberapa diantaranya:

Sepatu loafer model dress, model dress ini adalah model yang umum pada loafer jenis pantofel. Sepatunya terlihat formal dan cukup profesional, namun tidak menggunakan tali untuk mengencangkan sepatu (selop / slip on ciri khas loafer)

Penny, adalah salah satu model sepatu loafer yang cukup populer, nama penny sendiri dikarenakan adanya bagian lubang kecil di atas sepatu yang pada jaman dulu oleh bangsawan sering dijadikan tempat koin 1 penny.

Tassel, model lain dari loafer yang cukup populer dan dekoratif. Ciri khas tassel adalah adanya sebuah hiasan yang menggantung pada sepatunya.

Bit, salah satu model loafer yang memiliki ciri khas adanya sebuah logam yang ditaruh diatas sepatu menyerupai ring. Lihat pada gambar.

Tips Memilih Sepatu Pantofel

Sebelum kamu membeli sepatu pantofel, agar kamu merasa puas dan cocok dengan pilihanmu nantinya.
Pertimbangan yang penting adalah bahan sepatu yang digunakan dan pilihlah model sepatu yang ingin kamu miliki.

Menilai Bahan yang Digunakan Pada Sepatu Pantofel

Bahan yang digunakan pada sepatu pantofel, bahan yang dipakai ini sangat mempengaruhi kulitas dari sepatu pantofel. Kualitas tersebut menentukan keawetan dari sepatu itu sendiri juga level kemewahan sepatu.

Sepatu pantofel selalu identik dengan gaya, rasa percaya diri dan juga penampilan yang profesional. Pada umunya sepatu yang terbuat dari bahan kulit asli atau sintetis juga berpengaruh terhadap status sosial pemakainya.

Jika kamu memilih dari bahan kulit asli, perhatika juga kualitas kulitnya. Karena bahan baku kulit juga mempunyai kualitas, seperti kualitas premium (A), kualitas B, C hingga kualitas yang paling rendah. Kamu bisa menghubungi toko penjual atau pengrajin untuk menanyakan kualitas kulit yang digunakan.

Memilih Model Sepatu Pantofel

Model ini adalah hal yang sangat mendasar sekali sebelum kamu beli sepatu, apakah kamu ingin memilih sepatu pantofel yang menggunakan tali atau selop (slip on).

Sepatu pantofel untuk hal yang semi formal bisa kamu pilih yaitu sepatu pantofel yang bermotif, seperti pantofel dengan motif kulit buaya. Untuk sepatu pantofel model casual yang berwarna lebih terang biasanya terbuat dari kulit berbahan suede.

Namun berbeda dengan model pakaian yang bercelana rapi, mengenakan hem berdasi juga anda sering kali mengenakan jas. Model pantofel yang paling pas seperti model oxford.

  • Pilihlah Warna Sepatu

Warna dari sepatu masih berkaitan dengan model. Setiap orang pastinya mempunyai selera yang berbeda- beda untuk sepatu yang pas buat dirinya.

Sesuaikan pemilihan warna sepatu dengan busana kamu yang paling cocok untukmu. Jika kamu suka berpakaian santai dan semi formal, misalnya menggunakan jeans gelap dengan kaos berkerah atau hem biasa sepatu model casual dengan warna terang lebih cocok dipilih.

Jika kamu sering mengenakan buasana formal dan rapi, seperti hem berdasi dengan jas. Warna yang paling tepat adalah warna hitam.

Warna hitam cocok untuk acara seperti presentasi bisnis, meeting dengan klien kerja, mengajar di kampus atau sekolah dan acara resmi lainnya.

Namun tidak menutup kemungkinan seperti warna coklat juga masih bisa dijadikan pilihan, tergantung warna busana pakaian yang kamu pakai agar kombinasi warna sepatu dan busana bisa serasi.

Sepatu warna coklat dapat di padankan dengan setelan jas berwarna biru navy atau charcoal (lebih abu-abu).

  • Tali Sepatu atau Slip On

Masih berubungan dengan model, yaitu berkaitan dengan tali sepatu. Kamu bisa memilih model sepatu yang menggunakan tali atau selop (slip on).

Lihat pada jenis sepatu pantofel pada poin di atas.Ada sebuah fakta unik bahwa sepatu formal dengan tali terlihat lebih baik dengan setelan jas dari pada jenis selop.

  • Model Sepatu Bagian Ujung

Ujung sepatu berbentuk elips atau runcing terlihat lebih berkelas dibanding dengan yang berbentuk lebih tumpul atau lebih ke persegi.Tetapi banyak juga ujung sepatu persegi yang terlihat elegan, pilihlah sesuai selera kamu dan sesuaikan dengan kecocokan kamu berserta busana kesukkanmu.

  • Model Sole dan Bahannya

Perhatikan sole yang disematkan, sole ini berada di bagian bawah sepatu. Sole yang baik adalah sole yang dijahir, bukan sekedar di lem.

Selain itu, sole sepatu yang berkualitas terbuat dari bahan kulit juga dengan ukuran cukup tebal sekitar seperempat inci.

Sole ini juga mempengaruhi model karena akan berdampak pada tingginya sepatu kamu, atau higheelsnya. Biasanya hak (high hells) ini lebih menjadi pertimbangan untuk model sepatu pantofel wanita.

  • Broguing dan Motif untuk Hiasan Sepatu

Terakhir yaitu broguing, berupa hiasan pada bagian ujung sepatu, biasanya berupa jahitan dekoratif dan berlubang fungsinya sebagai aliran keluar masuk udara.

Sepatu dengan broguing memang terlihat bagus, seperti pada perkembangan mode fashion yang ada. Model broguing ini semakin banyak diminati.

Sepatu yang dilengkapi broguing ini lebih tepat untuk acara semi formal. Perlu diingat, sepatu yang tidak memiliki broguing akan tampak lebih formal dan profesional, serta terlihat lebih sopan.

Lebih jelasnya, mungkin anda pernah melihat sepatu seperti dibawah ini:

Sepatu diatas adalah sepatu tipe derby (kulit lapisan 2 untuk tali) yang mempunyai hiasan wingtip brogue, namun sebenarnya masih ada jenis lain dari hiasan-hiasan ini, diantaranya:

  • Full Brogues (Wingtip)
    Ini adalah model seperti gambar sebelumnya, memiliki ciri khas toecap dengan bentuk seperti sayap dan memiliki hiasan lubang-lubang untuk aliran udara.
  • Semi Brogues (Half-Brogues)
    Semi brogues pada sepatu jenis oxford, model ini mirip dengan wingtip, namun bedanya hiasan hanya berbentuk lengkungan saja seperti gambar diatas atau dikenal sebagai cap toe.
  • Quarter BroguesModel sepatu ini memiliki cap toe namun tidak dilengkapi hiasan lubang seperti pada model Brogue lainnya, kadang cap toe ini juga memiliki bentuk seperti Wingtip.

Cara Perawatan Sepatu Pantofel Kulit

Cara perawatan sepatu pantofel dari bahan kulit asli kulit dapat dilakukan dengan cara membersihkan sepatu secara ruitn untuk menghilangkan debu-debu dan kotoran yang menempel.

Pemberisihan yang baik dengan cara membasuhnya menggunakan air hangat bila perlu, lalu keringkan dengan lap kering yang tidak berbulu.

Pastikan juga tidak ada air yang tersisa di sepatu, untuk menghilangkan atau mengurangi airnya dengan menepuk-nepuk atau diangin-anginkan.

Bentuk sepatu pantofel ada yang ber-hak (high heels) dan tidak berhak. Jika memakai sepatu pentofel baik pria maupun wanita alangkah baiknya memakai ganjalan dalam sepatu karena, untuk menjaga bentuk sepatu tersebut.

1
Gushairon Fadli Blogger handsome dan pebisnis online. Anda punya produk tapi bingung mau di online kan? Hubungi: [email protected] (untuk kerjasama)

One Reply to “Jenis dan Model Sepatu Pantofel Terbaru dan Populer Di…”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *