Sentra Kerajinan Kulit Magetan dengan Sepatu Kulit Sebagai Produk Unggulan

Sepatu Kulit Magetan

sumber instagram: @magetansepatu

Sejak tahun 1960, Kabupaten Magetan sudah cukup dikenal oleh masyarakat Nusantara sebagai daerah penghasil bahan baku kulit, berbagai jenis olahan kulit samakan banyak diproduksi di daerah ini. Bukan hanya bahan bakunya saja, beragam produk hasil kerajinan kulit juga menjadi produk unggulan, salah satunya adalah sepatu kulit Magetan.

Lokasi Penyamakan Kulit di Magetan

Lokasi penyamakan kulit di Magetan dinamai Lingkungan Industri Kulit (LIK), terletak di Kelurahan Ringin Agung, Kecamatan Magetan Kota dan di Mojopurno Kecamatan Ngariboyo, serta beberapa desa di sekitarnya. Setelah bahan baku jadi, kemudian dikirim kepada para pengrajin di wilayah Magetan dan di Jalan Sawo untuk diproduksi dan untuk dijual.

Akan tetapi, masih ada beberapa kendala untuk pengembangan potensi ini, limbah dari hasil pengolahan kulit sapi ini belum bisa diatasi dengan baik. Tentunya pemerintah Magetan harus lebih memperhatikan hal ini demi kenyaman warga yang tingal di sekitar lokasi tempat pembuangan limbah (Sungai Gandong).

Selain untuk diproduksi di Magetan sendiri, produk kulit samakan dari Magetan juga di pasok ke berbagai daerah lain yang begitu maju untuk produksi kulitnya serta kepada para pengrajin-pengrajin kulit lain di daerah lain di Indonesia.

Bahan baku kulit tersebut bahkan banyak di kirim ke daerah-daerah industri kulit besar seperti Cibaduyut, Bandung dan Tanggulangin, Sidoarjo. Berkat dukungan dari pemerintah Kabupaten Magetan, terdapat lokasi industri pengembangan bahan baku kulit di daerah ini.

Jika kita melihat lagi dari potensi hasil kulit di daerah ini, di Magetan sendiri juga banyak pengrajin-pengrajin kulit kreatif yang bisa mengahsilkan produk kulit berkualitas unggulan. Produk yang dihasilkan  seperti dompet kulit, ikat pinggang, jaket kulit, sepatu dan sandal kulit.

Sentra Kerajinan Kulit Magetan

Namun yang begitu terkenal dari Magetan untuk produk unggulannya ialah Sepatu Kulit Magetan. Tidak heran, banyak masyarakat di Indonesia memilih Magetan untuk memproduksi sepatu kulit karena mereka sudah tahu akan kualitas bahan bakunya.

Pengrajin di daerah ini cukup kreatif dan bisa membuat produk yang berkualitas dan bernilai jual tinggi. Produk kulit bagus yang dihasilkan seperti jaket kulit, tas kulit, dompet kulit, ikat pinggang, dan yang paling terkenal adalah Sepatu Kulit Asli Magetan. Sepatu kulit Magetan sudah terkenal dengan kualitasnya yang sangat baik karena awet dan tahan lama.

Proses produksi produk kerajinan kulit di Magetan semuanya dikerjakan handmade secara langsung dari tangan kreatif para pengrajin. Hingga sepatu kulit Magetan telah banyak dinikmati oleh masyarakat Indonesia di berbagai daerah. Banyak juga penjual sepatu kulit dan sepatu kerja formal dari luar daerah yang memasok sepatu dari pengrajin sepatu kulit di Magetan.

Lokasi Sentra Kerajinan Kulit Magetan

Kerajinan kulit Magetan ini berpusat di jalan Sawo, kelurahan Selosari, Magetan. Banyak pengrajin dan pedagang berkumpul di daerah tersebut untuk membuat dan memasarkan berbagai macam produk kulit, dan yang begitu terkenal adalah sepatu kulit Magetan.

Sebenarnya banyak pengrajin sepatu home made yang berada di lokasi-lokasi lain di Magetan, namun jika anda ingin berkunjung langsung ke lokasi akan lebih mudah anda temukan di jalan Sawo, karena memang daerah situlah sentra yang telah diresmikan oleh pemerintah Magetan. Tak heran, jika banyak dijumpai di sana bus-bus pariwisata dan para rombongan wisata, mobil-mobil dan kendaraan luar kota yang datang ke lokasi ini.

Sentra kerajinan kulit jalan Sawo berada kurang lebih 2 KM arah ke barat dari alun-alun Magetan, di sepanjang jalan Sawo akan anda temui berderetan toko-toko yang menjual sepatu kulit Magetan dan berbagai macam produk-produk kerajinan kulit lainnya.

Jalan Sawo, jalan pusat oleh-oleh kerajinan kulit Magetan. Para wisatawan yang usai berlibur dari Telaga Sarangan atau Mojosemi mereka tidak akan melewatkan untuk membeli souvenir serta oleh-oleh khas Magetan yaitu sepatu kulit. Seperti yang kita ketahui, Magetan yang begitu unggul dalam Pariwisata akan sangat bagus jika di dukung dengan potensi produk unggulan Magetan, yang kini jadi buah tangan khas Magetan yang tidak boleh dilewatkan.

Potensi Produk Unggulan dan Sepatu Kulit Magetan

Dalam persaingan produk dan pemasaran produknya, memang Magetan tidak sebegitu tenar dengan daerah penghasil kulit lainnya. Oleh karena itu, dukungan dari Pemerintah serta warga Magetan seluruhnya begitu perlu untuk mempromosikan potensi unggulan produk bahan baku kulit dan juga kerajinan kulit yang ada di Magetan, ya umumnya sepatu sesuai yang sudah banyak orang ketahui.

Dan jika kita ketahui, banyak sekali para produsen sepatu kulit di berbagai daerah yang mempercayakan produknya kepada para pengrajin sepatu kulit Magetan, meskipun setelahnya di branding ulang, karena terbilang harganya cukup terbilang murah dari pengrajin langsung.

Sebenarnya jika kita ketahui, Magetan juga bisa bersaing dalam hal kualitas. Informasi sahabatku mas Wahyu, RTIK dari Kelurahan Selosari, beberapa produk sepatu produksi Magetan beberapa telah mencapai pasar ekspor. Seperti yang kita tahu, kelurahan Selosari, Magetan adalah pusatnya kulit Magetan.

Semoga kedepan, Magetan makin maju dan potensi kulit di Magetan ini bisa menjadikan Magetan lebih baik lagi.

Info: Sepatu Sandal Kulit sangat bagus lho buat hadiah / kado untuk ibu, ayah, dan orang orang tersayang. Jika ingin memesan Sepatu Sandal Kulit Asli langsung dari pengrajin kunjungi website MAGETANSEPATU.com

 

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan GushaironFadli.com. Redaksi berhak menyunting atau menghapus kata-kata yang berbau narsisme, promosi, spam, pelecehan, intimidasi dan kebencian terhadap suatu golongan.

Loading Disqus Comments ...