100+ Desain Rumah Minimalis Sederhana dan Modern Terbaru Inspirasi Rumah Idaman

Rumah Mewah konsep Minimal Modern

Rumah Mewah konsep Minimal Modern

Rumah minimalis dalam setahun lebih akhir-akhir ini, rumah dengan gaya minimalis sudah menjadi trend model hunian yang minimalis modern dan menjadi banyak pilihan orang-orang dalam memilih tempat tinggal.

Tidak heran, karena desain arsitektur untuk model rumah minimalis bisa ditempatkan atau dibangun dengan tempat yang cukup terbatas. Tipe desain rumah dengan konsep minimalis ini seakan menjawab masalah banyak orang-orang yang memiliki lahan terbatas, terlebih di kota-kota besar.

Seiring dengan perkembangan desain rumah minimalis di Indonesia, saat ini banyak juga developer bangunan maupun pengembang perumahan yang menerapkan desain rumah bergaya minimalis pada bangunan yang mereka bangun.

Selain itu, banyak pula pengembang properti yang pula menjual rumah minimalis dengan harga yang terjangkau, hingga makin banyak orang Indonesia yang tergiur untuk memiliki hunia dengan gaya arsitektur minimalis ini.

Desain Rumah Minimalis Tak Hanya Tentang Gaya Arsiterkturnya, Namun Juga Tentang Gaya Hidup

Rumah minimalis selaras dengan Gaya Hidup minimalis

source: asikaja.net

Rumah dengan konsep minimalis adalah hunian yang sederhana, namun tetap bisa memberikan nuansa modern dan nyaman. Akan tetapi, dari demikian ada banyak orang Indonesia yang memiliki rumah dengan desain minimalis itu, sedikit dari mereka yang mengaplikasikan pola hidup yang ‘sesuai’ dengan tipe arsitektur tempat tinggal mereka ; yakni pola hidup yang ‘minimalis’ juga.

APA ITU GAYA HIDUP YANG MINIMALIS?

Pada awalannya, model rumah bergaya minimalis memanglah terinspirasi dari pola hidup ‘minimalis’ yang datang dari Jepang, yakni Zen. Orang yang mengenalkan tipe asitektur ini merupakan John Pawson, seseorang arsitek asal Inggris yang sudah lama tinggal di Jepang.

Nah saat ini anda telah mengetahui kan, barangkali sebagian dari anda terlalu sering mendengar arti itu. Ya, pola hidup Zen fokus diri dengan kesederhanaan, keharmonisan lingkungan, ketenangan fikiran, kesehatan badan, serta keseimbangan alam.

Prinsip hidup tersebutlah yang selanjutnya juga berimbas pada gaya bangunan yang mereka pakai. Tipe hidup Zen berasumsi jika perabotan atau benda-benda di sekitaran kita makin sedikit, akan semakin tenang juga kehidupan seseorang. Hal tersebut karena dipengaruhi oleh model rumah dengan konsep minimalis yang memprioritaskan tipe yang sederhana serta serasi.

Penerapan Gaya Hidup Minimalis Ke Dalam Desain Bangunan

Interior Rumah Bergaya Minimalis Ala Jepang

Bermula dari prinsip pola hidup Zen yang lalu diaplikasikan kedalam desain bangunan, pada akhirnya banyak orang-orang yang di inspirasi menginginkan model desain bangunan ini. Selain itu karena desain rumah yang minimalis bisa memaksimalkan pemakaian tempat, mereka juga memiliki pendapat desain rumah minimalis lebih membawa ketenangan.

MENGAPA BISA BEGITU?

Karena maksud dari prinsip pola hidup Zen yang memprioritaskan segi kedamaian serta ketenangan batin dari penghuninya, jadi dalam mendesain tempat tinggal minimalis juga (sesungguhnya) punyai ketentuan-aturan spesifik supaya bisa sesuai.

Banyak sekali yang memiliki tempat tinggal minimalis di Indonesia yang cuma mementingkan bagian penampilannya saja, akan tetapi kurang memperhatikan kaidah-kaidah dalam mendesain tempat tinggalnya.

Hal itu sebenarnya boleh-boleh saja, akan tetapi buat beberapa arsitek, semakin lebih baik jikalau mendesain tempat tinggal minimalis sesuai sama aturan pola hidup dimana tipe arsitektur ini berasal.

Ciri Ciri Rumah Minimalis Sederhana dan Rumah Minimalis Modern

Contoh Karakteristik Rumah Modern

Contoh Karakteristik Rumah Modern

Di masa waktu ini dimana beberapa pengembang properti makin gencar pasarkan produk mereka, kerapkali orang-orang–terlebih mereka yang awam–tidak bisa membedakan pada desain rumah modern serta desain rumah minimalis.

Pengembang usaha properti lalu banyak yang latah (ikutan) trend untuk menjaring semakin banyak costumer dengan bikin tempat tinggal bergaya minimalis serta lalu menggembor-gemborkan dengan tagline tempat tinggal moderen, dan demikian sebaliknya.

Untuk kurangi kesalahpahaman yang berjalan di kelompok orang-orang itu, jadi perlu untuk tahu ciri-ciri dari semasing tipe arsitektur itu. Sepintas memanglah terlihat sama. Sama-sama menyebabkan kesan bersih, luas, serta mutakhir. Namun sesungguhnya keduanya punyai ketaksamaan yang cukup penting.

KARAKTERISTIK PADA RUMAH MODERN

Interior Rumah Modern

Contoh Interior Rumah Modern

Rumah dengan arsitektur bergaya moderen jikalau dirunut dari sejarahnya sudah berada di Indonesia mulai sejak th. 1920-an, persisnya di daerah Bandung. Tanda-tanda bangunan moderen merupakan memiliki bentuk yang kotak serta ada pemakaian elemen-elemen alam kedalam bangunan seperti batu alam serta kayu.

Baca juga : Inspirasi Desain Interior Rumah Mewah Modern

KARAKTERISTIK RUMAH MINIMALIS SEDERHANA

Desain Rumah Idaman Minimalis Sederhana

Penampakan Rumah Minimalis Sederhana

Sesaat arsitektur tempat tinggal minimalis punyai ciri-ciri yang tegas, kosong, minim ornament, serta lebih memprioritaskan guna dari pada estetika. Dalam prinsip tempat tinggal minimalis, semuanya dimulai dari logika, serta tiap tiap benda sebaiknya punyai guna.

INTERIOR DESAIN RUMAH MINIMALIS

Karakteristik Rumah Minimalis Sederhana

Karakteristik Rumah Minimalis Sederhana

Bahkan juga, kadang waktu didalam tempat tinggal berdesain minimalis tidak butuh ornamen-ornamen seperti gagang pintu, sekat-sekat ruang, hiasan dinding, serta hal yang lain yang tidaklah terlalu perlu.

Untuk Lampu, semisal, didalam ruangan tempat tinggal minimalis, pengunaan lampu diminimalkan serta disembunyikan, sebab yang diperlukan merupakan cahanya, bukanlah bentuk lampunya.

Elemen beda sebagai perhatian dalam prinsip tempat tinggal minimalis merupakan, bentuk jendela yang lebar, pemakaian bagian datar yang lebar, ada garis-garis aksen dan pojok yang tegas, taman minimalis, dan pemakaian warna yang monokrom.

Untuk membuat taman minimalis, dapat memakai tanaman hias indoor sebagai vegetasi paling utama di atasnya, atau dapat pula dengan berikan sentuhan karpet dari rerumputan. Dapat memakai rumput hidup ataupun rumput sintetis. Saat ini telah banyak toko dekorasi yang menjual rumput hidup maupun rumput sintetis.

Aplikasi prinsip pola hidup minimalis kedalam bangunan juga dibuktikan dengan mengoptimalkan rencana keterbukaan yang diaplikasikan pada ruangan terbuka, dan pemakaian kaca jadi sekat karena ciri-cirinya yang ada namun tidak tampak.

EKSTERIOR DESAIN RUMAH MINIMALIS

Exterior Rumah Minimalis Sederhana

Contoh Exterior Rumah Minimalis Sederhana

Dari sisi eksterior, tempat tinggal bergaya minimalis punyai tanda-tanda yang ciri khas sekali. Salah satunya, pemakaian atap pada desain rumah minimalis condong datar, atau miring namun agak landai. Memiliki bukaan yang lebar serta tidak lupa juga garis-garis horizontal ataupun vertikal yang benar-benar tegas.

Bagaimana dengan taman? Tenang, bukanlah tidak bisa satu tempat tinggal dengan desain minimalis tidak punyai taman di dalamnya. Meski tempat tinggal bergaya minimalis condong ‘kaku’ serta benar-benar minim ornament, akan tetapi taman juga ialah hal yang esensial.

Cuma saja yang butuh di perhatikan merupakan komposisi (peletakan) tanaman didalam taman tersebut, mengusahakan agar sesuai dengan desain rumah. Jangan sangat banyak memakai tanaman besar, karena tanaman besar cuma diperlukan jadi vocal point saja. Demikian sebaliknya, tanaman kecil bisa diletakkan jadi tanaman indoor.

Contoh Gambar Rumah Minimalis

Sehabis panjang lebar kita mengupas tentang asal-usul, perubahan serta tanda-tanda rumah bergaya minimalis, kesempatan ini mari kita saksikan dengan segera contoh-contoh bangunan bergaya minimalis di Indonesia ataupun di Dunia, dan pengaplikasian tipe itu dalam iksterior ataupun interior tempat tinggal.

Contoh Rumah Idaman Minimalis Sederhana Berbagai Type (Video)

Contoh Gambar Desain Rumah Minimalis Sederhana di Luar Negeri

Desain Rumah Bergaya Minimalis Sederhana

Desain Rumah Minimalis Sederhana

Desain Taman Minimalis

Desain Taman Minimalis

Rumah Modern Minimalis

Rumah Modern Minimalis

Model Rumah bergaya Minimalis Modern dari Kayu

Model Rumah bergaya Minimalis Modern dari Kayu

Rumah Modern Minimalis

Rumah Modern Minimalis

Rumah Unik Minimalis

Rumah Unik Minimalis

Contoh Gambar Rumah Minimalis Sederhana di Indonesia

Rumah Minimalis Idaman Sederhana Type 36

Contoh Rumah Minimalis Sederhana

Rumah Idaman Minimalis Sederhana Type 45

Contoh Rumah Minimalis Sederhana

Rumah Idaman Minimalis Sederhana Type 36

Contoh Rumah Minimalis Sederhana

Rumah Minimalis Indonesia

Rumah Minimalis Indonesia

Contoh Gambar Rumah Idaman Minimalis Modern

Untuk desain rumah dengan konsep minimalis modern, umumnya dibangun dengan 2 lantai tipe 45 dan mempunyai banyak model yang bisa dikreasikan, dari mulai bentuk jendela atau pintu yang bisa dibentuk lebih unik sehingga terlihat lebih menarik dari tempat tinggal lainnya.

Sama seperti rumah minimalis modern 2 lantai tipe 36, yang dimaksud rumah minimalis 2 lantai tipe 45 adalah luas lantai dasarnya yaitu 45 meter persegi, sedangkan lantai duanya bisa bervariasi.

Umumnya tidak lebih luas dari lantai satunya. Variasi lain yang bisa dilakukan adalah permainan warna cat pada dinding, kusen, atau genteng yang bisa menjadikan hunian Anda terlihat lebih modern dan elegan.

Contoh Model Desain Rumah Bergaya Minimalis Modern

Contoh Model Desain Rumah Bergaya Minimalis Modern

Contoh Model Desain Rumah Idaman Minimalis Modern

Contoh Model Desain Rumah Idaman Minimalis Modern

Contoh Model Desain Rumah Idaman Minimalis Modern

Contoh Model Desain Rumah Idaman Minimalis Modern

Contoh Model Desain Rumah Idaman Minimalis Modern

Contoh Model Desain Rumah Idaman Minimalis Modern

Contoh Model Desain Rumah Idaman Minimalis Modern

Contoh Model Desain Rumah Idaman Minimalis Modern

Baca Juga : Inspirasi Desain Ruang Tamu Minimalis Modern

Contoh Gambar Model Rumah Minimalis Type 36, 45 

Desain rumah dengan konsep minimalis tipe 36 dan 45  termasuk paling banyak dicari. Beberapa penyebabnya adalah karena model rumah ini cocok untuk keluarga yang tidak begitu besar.

Selain itu, alasan yang paling utama karena desain rumah minimalis tipe 36 tidak butuh banyak biaya dalam pembangunannya. Desain model ini bisa dikatakan hunian yang sederhana namun nyaman, dan tetap terjangkau.

Berbeda dengan desain rumah minimalis tipe 45, ini termasuk dalam kategori rumah mewah. Meski demikian, tipe rumah sebenarnya tidak jauh dengan tipe 36. Jadi, tetap diperlukan penataan interior agar tidak terlalu memakan banyak ruang.

Contoh Rumah Idaman Minimalis Type 36

Contoh Rumah Konsep Minimalis Type 36

Desain Rumah Idaman Minimalis Sederhana Type 36 72

Desain Rumah Minimalis Sederhana Type 36

Contoh Rumah Minimalis Type 36

Contoh Rumah Minimalis Type 36

Contoh Rumah Minimalis Type 45

Contoh Rumah Minimalis Type 45

Contoh Rumah Minimalis Type 45

Contoh Rumah Minimalis Type 45

Contoh Rumah Idaman Minimalis Type 45

Contoh Rumah Idaman Minimalis Type 45

Desain Rumah Idaman Minimalis Modern Type 45 Bergaya Jepang

Desain Rumah Idaman Minimalis Modern Type 45 Bergaya Jepang

Contoh Gambar Rumah Minimalis 2 Lantai

Desain rumah minimalis 2 lantai ini cocok diperuntukkan untuk adan yang memiliki jumlah keluarga besar. Pilihan tatanan ruang yang bagus dengan menghadirkan gaya arsitektur modern bisa menghadirkan ruangan yang cukup luas.

Di samping itu, penggunaan material bahan bangunan juga harus selektif. Diskusikan dulu dengan ahlinya untuk merancang desain rumah konsep minimalis 2 lantai. Anda dapat mencari banyak inspirasi gambar dibawah ini untuk salah satu referensi pilihan yang tepat.

Model Rumah Modern Minimalis 2 Lantai

Model Rumah Modern Minimalis 2 Lantai

Desain Rumah Minimalis 2 Lantai Bergaya Eropa

Model Rumah Modern Minimalis 2 Lantai Bergaya Eropa

Desain Rumah Minimalis Modern 2 Lantai

Desain Rumah Minimalis Modern 2 Lantai

Model Rumah Minimalis 2 Lantai

Model Rumah Minimalis 2 Lantai

Model Rumah Minimalis 2 Lantai

Model Rumah Minimalis 2 Lantai

Model Rumah Minimalis 2 Lantai

Model Rumah Minimalis 2 Lantai

Contoh Gambar Rumah Minimalis 1 Lantai 3 Kamar Tidur

Saat ini tidaklah sulit untuk mencari desain rumah konsep minimalis sederhana 1 lantai. Banyak pilihan yang ditawarkan dan meskipun rumah tersebut sederhana, tetapi akan tetap terkesan lapang karena konsep minimalis yang diusung.

Biasnaya rumah dengan 1 lantai dan 3 kamar tidur cukup dengan model desain rumah minimalis 21. Desain rumah tipe 21 termasuk ke dalam rumah kecil dengan luas 21 meter persegi.

Dibutuhkan perancangan yang tepat ketika membangun rumah tipe ini. Akan sangat tepat jika kita menggunakan model minimalis karena konsep ini akan mampu memaksimalkan ruang dalam penggunaan lahan.

Penghuni rumah tetap mempunyai ruang gerak yang cukup dan model rumah konsep minimalis juga akan membuat rumah terlihat modern.

Kemudian, untuk desain rumah bergaya minimalis  dengan 3 kamar tidur yang perlu diperhatikan adalah efisiensi ruang supaya ruang lain tetap mendapat porsi ukuran yang seimbang. Perhitungan luas lahan perlu diukur dan dibagi dengan seksama

Model Rumah Minimalis 1 Lantai 3 Kamar Tidur

Model Rumah Minimalis 1 Lantai 3 Kamar Tidur

Model Rumah Minimalis 1 Lantai 3 Kamar Tidur

Model Rumah Minimalis 1 Lantai 3 Kamar Tidur

Model Rumah Minimalis 1 Lantai 3 Kamar Tidur

Model Rumah Minimalis 1 Lantai 3 Kamar Tidur

Model Rumah Minimalis 1 Lantai 3 Kamar Tidur

Model Rumah Minimalis 1 Lantai 3 Kamar Tidur

PENUTUP

Tipe hidup minimalis yang datang dari aliran Zen di Jepang saat ini makin banyak dibarengi orang-orang, terlebih orang-orang Jepang sendiri.

Tipe hidup yang dilandaskan pada prinsip less is more itu mulai banyak dilirik karena pada kenyataannya memang banyak kebaikan yang bisa di ambil dari penerapan pola hidup minimalis itu.

Banyak yang rasakan perubahan dalam kehidupannya seperti menyusutnya beban fikiran, dan menyusutnya pengeluaran berbelanja. Dengan fikiran yang lebih konsentrasi, persoalan semakin lebih cepat tuntas serta kekusutan hidup mau menyusut.

Hal tersebutlah yang sesungguhnya menginginkan diungkapkan didalam desain rumah minimalis ini. Bukanlah cuma sekedar desain arsitektur bangunan semata, namun juga membawa dampak positif pada pola hidup penghuninya.

Hingga sang penghuni mau rasakan hunian yang benar-benar ‘tempat singgah’, dimana di dalamnya membawa ketenangan serta kenyamanan sehabis sepanjang hari bekerja diluar.

Selain Zen, ada beberapa tokoh yang ikut mewarnai perkembangan model rumah bergaya minimalis, yaitu Ludwig Mies van der Rohe dan Le Corbusier. Mereka telah menyumbangkan desain dan perubahan pada desain rumah dengan gaya minimalis yang berkonsep kesederhanaan.

Di negara kita, Indonesia, konsep desain rumah minimalis mengalami perubahan-perubahan yang cukup berarti, terutama saat desain rumah minimalis dengan gaya mediteranian dan model klasik kurang begitu diminati masyarakat lagi.

Bacaan Bagus : Desain Meja Komputer yang Nyaman untuk Kerja

Setiap orang pasti menginginkan rumah yang nyaman. Akan, untuk memilih model dan desain rumah yang sesuai dengan selera akan menjadi sulit jika tidak mempunyai gambaran.

Karena selain nyaman, model terbaru akan cocok bagi Anda yang ingin mengikuti perkembangan zaman. Semoga informasi ada artikel seputar desain ruman minimalis ini membantu dalam menyiapkan hunian impian Anda.

Mudah-mudahan berguna dan menjadi Inspirasi bagi Anda 🙂

 

DESAIN RUMAH MINIMALIS SEDERHANA DAN MODERN

 

Referensi: Oleh Fatah, web https://asikaja.net/rumah-minimalis/
  • Add Your Comment