Memilih Roti yang Sehat dan Baik Untuk Kesehatan

Roti Bluder Sehat dan Empuk

sumber gambar: http://dapoerdiyan.blogspot.co.id

Roti adalah makanan yang tidak hanya enak, akan tetapi juga kaya akan nutrisi. Bisa dibilang, roti juga termasuk makanan pokok. Di Indonesia sendiri sebagian besar masyarakat banyak menjadikan roti sebagai makanan pokok, biasanya sebagai sarapan pagi sebelum aktivitas.

Di negara-negara Eropa, roti sudah menjadi makanan pokok yang sangat populer. Sebagian besar roti disana diolah dari tepung gandum yang kaya akan nutrisi dan serat. Karena rasanya yang enak dan juga manfaatnya yang lebih bisa dinikmati oleh masyarakat.

Roti-roti banyak menjamu luas hampir ke seluruh lapisan masyarakat, sekarang ini akan banyak kita temui berbagai macam roti di super market, swalayan dan juga di pasar-pasar tradisional serta di toko-toko perumahan.

Roti yang banyak beredar dipasaran ada berbagai jenis dan merk, akan banyak kita temui seperti jenis roti tawar, roti gandum, roti coklat dan banyak lagi.

Semakin populernya popularitas roti, bagi sebagian orang sangat penting bahkan sebagai pengganti nasi. Roti dinilai sebagai bahan makanan yang gampang dan praktis, serta bisa disajikan dnegan mudah dan dapat dipadukan dengan berbagai makanan lainnya, seperti susu, teh, selai dan lain-lainnya.

Meskipun pada dasarnya roti itu kaya manfaat, praktis dan menyehatkan. Namun, bagaimanpun juga kita harus tetap waspada akan bahan makanan yang beredar dipasaran, begitupun halnya dengan roti.

Secara umum roti yang dijual dipasaran terlihat baik-baik saja, sehat dan tidak bermasalah. Akan tetapi kita tidak pernah tahu pasti, bahan kandungan apa saja yang ada didalamnya.

Oleh karena itu, kita perlu jeli dalam memilihkan roti yang baik dan sehat, demi kebaikan keluarga, orang-orang tersayang dan kita sendiri tentunya. Berikut tips-tips memilih roti yang sehat.

Tips – tips memilih roti yang sehat :

Begitu populernya roti, pastinya banyak roti yang memang benar-benar bagus dan sehat, dan juga ada roti yang tetap mengenyangkan akan tetapi rendah akan nutrisi. Selain itu banyak roti yang basah, roti kering dan roti yang lembut.

Roti yang Enak dan Sehat

sumber gambar: https://cookpad.com

Cara sederhana yang bisa kita lakukan saat hendak membeli roti disupermarket atau di swalayan adalah dengan cara melihat dulu komposisi kandungan gizi di dalam roti tersebut. Kandungan gizi yang baik tang bisa kamu pilih adalah sebagai berikut :

1. Pilihlah Roti dengan Tinggi Karbohidrat dan Rendah Gula

Dari berbgai macam roti yang ada, baiknya kita memilih jenis roti yang terbuat dari Gandum. Mengapa harus gandum? Gandum, atau tepung gandum memiliki tingkat karbohidrat yang hampir sama dengan beras atau nasi, akan tetapi kelebihannya disini gandum kaya akan serat dan rendah kadar gula.

Sehingga bahan makanan yang berbahan gandum sangat baik untuk penderita diabetes sebagai pengganti nasi. Sebaiknya, pilihlah roti dengan kandungan gandum 100%.

2. Pilihlah Roti dengan Kandungan Serat yang Tinggi

Selanjutnya, pilihlah roti yang memiliki serat tinggi, seperti sebelumnya. Roti berbahan gandum kaya akan serat yang baik untuk metabolisme tubuh. Roti gandum memiliki serat yang jauh lebih tinggi dibanding roti-roti tawar biasanya.

Serat yang ada di dalam dua potong roti putih terkandung sebesar 1,5 gram serat, seangkan didalam roti gandum memiliki 4 gram serat dalam dua potongnya. Sangat baik untuk memperlancar pencernaan dan kestabilan daya tahan tubuh.

Serat itu tadi, sangat baik untuk mengatasi sembelit juga. Fungsi lainnya serat yang terlaur ditubuh bisa membantu menurunkan kadar kolesterol didalam darah dn mengatur kadar gula di dalam tubuh.

3. Pilihlah Roti dengan Protein yang Sesuai

Selain gandum, roti yang dibuat dengan tepung terigu juga baik untuk kesehatan. Karena dari jenis tepung terigu yang ada terkandung didalamnya protein yang tinggi dan baik untuk kesehatan tubuh.

Selain itu, roti yang mengandung protein yang tinggi adalah yang dibuat denagn bahan dasar telur ayam. Banyaknya bahan telur yang dipakai untuk pembuatan roti akan menambah roti menjadi lebih baik.

Selain untuk hasil adonannya, nutrisi dari telur tersebut berupa protein hewani akan memperkaya kandungan protein pada roti. Akanlebih baik jika roti tersebut terkandung susu didalamnya.

Roti dengan kombinasi terigu yang kaya protein, banyak menggunakan telur dan di kombinasikan dengan susu misalnya adalah roti bluder yang terkenal akan kelembutan dan teksturnya itu. Roti bluder juga diolah tanpa tambahan bahan pengawet apapun.

4. Pilihlah Roti yang Waktu Kadaluarsanya Relatif Cepat

Pilihlah roti yang waktu kadaluarsanya relatif cepat, karena roti yang tingkat waktu kadaluarsanya lebih cepat didalamnya tidak mengandung bahan-bahan pengawet yang tidak baik untuk kesehatan.

Seperti roti yang hanya mampu bertahan satu sampai dua hari justru sangat baik untuk dikonsumsi, hal ini biasanya pada roti basah. Untuk roti kering standarnya sampai satu minggu.

Roti yang dalam produksinya bisa setiap hari, roti yang diproduksi bisa di perkirakan cukup baik dan layak untuk dikonsumsi. Maka pastikan membeli roti di tempat pembuatan roti atau toko roti yang memiliki reputasi bagus.

Itulah beberapa hal yang bisa menjadi perhatianmu untuk memilih roti yang baik dan sehat untuk menjaga kesehatan keluargamu. Buat kamu para penggemar roti, jangan khawatir untuk membeli roti yang enak dan bergizi.

Semoga bermanfaat.

 

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan GushaironFadli.com. Redaksi berhak menyunting atau menghapus kata-kata yang berbau narsisme, promosi, spam, pelecehan, intimidasi dan kebencian terhadap suatu golongan.

Loading Disqus Comments ...
  • Add Your Comment