Mengapa Bulan Syawal Menjadi Bulan Favorit untuk Melangsungkan Pernikahan?

1 min read

Pernikahan di Bulan Syawal
Pernikahan di Bulan Syawal
sumber gambar: https://www.elmina-id.com

GushaironFadli.com – Ada pemandangan berbeda seusai lebaran Idul Fitri 1 Syawal, bagi kalangan orang tua mungkin sudah biasa. Namun bagi pemuda seumuranku yang mulai beranjak dewasa (baca: 23-25 th) ada nuansa baru yang baru kami rasakan.

Menerima undangan pernikahan dari teman sebaya begitu ramai di usia-usia ini, dari aku sendiri tak biasa dengan hal seperti ini tiba-tiba harus menghadiri resepsi pernikahan.

Seringnya pula, kami pemuda-pemudi yang sudah matang usia ini sering kali menghadiri undangan dengan bersama-sama. Yah maklum, karena belum terbiasa, dan ini berlaku untuk yang dibilang Jomblo. Kalau sudah ada gandengan, sama gandengannya (lah, aku belum ngrasain resepsi bareng gandengan jadi gak bisa jelasanin).

Dari fenomena itu, aku baru sadar ternyata banyak pernikahan dilakukan di bulan Syawal. Dari sini timbulah pertanyaan soal ini. Sudah tahukan kamu mengapa?

Kenapa Bulan Syawal Bagus Untuk Menikah?

Pernikahan di bulan Syawal ternyata ada keistimewaan tersendiri, bagi umat muslim umumnya. Ternyata di bulan ini Nabi kita Muhammad Saw, banyak melangsungkan pernikahan beliau di bulan Syawal.

Pada mulanya sebelum datang Islam, bulan Syawal dianggap sebagai bulan terlarang untuk menikah bagi masyarakat Jahilliyah dahulu, sebagian dari mereka beranggapan bahwa menikah dibulan Syawal akan mendapat banyak kesialan.

Namun, mitos kesialan itu akhirnya di bantah oleh Rasulullah Saw dengan memberi contoh dan membuktikan, bahwa ia memilih bulan Syawal untuk melangsungkan pernikahan beliau dengan istri-istrinya. Pilihan ini merupakan sunnah Nabi Saw, dari Aisyah Radhiyallahu anha yang menceritakan:

“Rasulullah Saw menikahiku di bulan Syawal dan membangun rumah tangga denganku pada bulan Syawal. Maka isteri-isteri Rasulullah Saw yang manakah yang lebih beruntung di sisinya dariku?” (Perawi) berkata “Aisyah Radiyallahu Anha dahulu suka menikahkan para wanita di bulan Syawal” (HR. Muslim)

Selain itu, menikah di bulan Syawal jauh lebih baik dibandingkan menikah sebelum bulan Ramadhan. Bahkan Rasululah Saw pernah menyampaikan kepada sahabat, bahwa menikah menjelang datangnya bulan suci Ramadhan adalah makruh.

Karena beliau Saw memprediksi umatnya akan mendapati banyak godaan kepada sang istri dan melakukan hal yang tidak boleh dilakukan saat sedang berpuasa. Oleh karena itu, Rasulullah menganjurkan menikah di bulan Syawal saja.

Jadi, bagi manusia yang mencintaiNya tentunya ingin mengikuti jejak yang terkasih baginda Rasulullah Saw kan? Terbukti, banyak orang yang melangsungkan pernikahan pada bulan Syawal.

Jadi, siapkah untuk menikah bulan ini?

0 Shares
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kursus mekanik sepeda motor di YogyakartaSelengkapnya
+ +