20+ Panggilan Sayang Dalam Berbagai Bahasa di Dunia

Kata kata Untuk Melamar

sumber gambar: https://pexels.com

Panggilan Sayang Dalam Berbagai Bahasa – Di dalam kehidupan yang kita jalani, ada beragam suku dan bahasa yang ada di seluruh dunia. Semua itu adalah karunia Tuhan yang maha pengasih, dengan tujuan agar manusia saling kenal satu sama lain dari berbagai suku dan bahasa kemudian bisa untuk saling menghormati.

Begitupun dengan dalam negeri dan luar negeri, misalkan Indonesia – Jerman, atau Indonesia – Jepang. Dapet pasangan hidup bule kan anti mainstream, hehehe.

Oke, langsung aja, pembahasan kali ini lebih tertuju pada ungkapan sayang. Dan, inilah artikel tentang panggilan sayang di seluruh dunia yang cukup populer, teruntuk yang terkasih kekasih hati kamu.

Panggilan Sayang

Panggilan sayang sebenarnya ditujukan bukan hanya untuk pacar atau pasangan hidup aja kan? tetapi untuk ibu, ayah, adik dan juga manusia-manusia lainnya.

Namun dari semuanya itu mempunyai cara dan kosa kata yang berbeda-beda, semuanya perlu di sesuaikan. Pada artikel ini, ungkapan / panggilan sayang yang dibahas lebih spesifik untuk kekasih hati pasangan hidup kamu 😀

Ungkapan sayang sendiri sangat beragam, dari berbagai suku dan budaya di seluruh dunia, bahasa dari setiap masing-masingnya berbeda-beda, ada ciri khas dan cara pelafalan tersendiri. Meskipun begitu, perbedaan itu tetap tidak akan mengubah makna jika bisa di pahami satu sama lainnya.

Seperti halnya kata “sayang”, kata ini adalah kelembutan dari hati. Meskipun berbeda-beda dalam pengucapan bahasa yang ada, secara keseluruhan untuk intonasi pengucapan ungkapan “sayang” sama, rata-rata hanya sedikit pengekspresiannya yang berbeda.

Di bawah ini kumpulan panggilan “sayang” atau “kekasih” dalam beragam bahasa yang ada di seluruh dunia (disclaimer: yang menurut penulis populer);

1. Panggilan sayang dalam Bahasa Polandia: Kochanie.

2. Panggilan sayang dalam Bahasa Romania: Dulceata / Dragă / Dragul meu.

3. Panggilan sayang dalam Bahasa Cina: Qīn / ài ren / bao bei / feng mi / qing ai de.

4. Panggilan sayang dalam Bahasa Bulgaria: Mил / скъпа.

5. Panggilan sayang dalam Bahasa Turki: Balim.

6. Panggilan sayang dalam Bahasa Arab: Habibi / Habibati.

7. Panggilan sayang dalam Bahasa Belanda: Schat / lieverd.

8. Panggilan sayang dalam Bahasa Tagalog (philippine): Mahal.

9. Panggilan sayang dalam Bahasa Afrika Selatan: Skattie.

10. Panggilan sayang dalam Bahasa Italia: Tesoro / Innamorato / Amore / Ti amore / Dolcezza.

11. Panggilan sayang dalam Bahasa Spanyol: Cariño / Mi amor.

12. Panggilan sayang dalam Bahasa Estonia: Mesi.

13. Panggilan sayang dalam Bahasa Norwegia: Kjære.

14. Panggilan sayang dalam Bahasa Rusia: Cолнышко (Solnyshko).

15. Panggilan sayang dalam Bahasa Yunani: μέλι (Meli), γλυκιά μου (Glikia mu).

16. Panggilan sayang dalam Bahasa Perancis: Chéri.

17. Ungkapan-ungkapan Cinta dalam Bahasa Inggris

Kata kata cinta dalam bahasa Arab

sumber gambar: www.wallpapercave.com

Bahasa inggris adalah bahasa yang digunakan di dunia internasional. Bisa dibilang mengerti bahasa ini adalah suatu keharusan untuk jaman sekarang, minimal bisa berbahasa inggris walaupun simpel.

Bahasa inggris bisa dibilang cukup romantis, memberikan ungkapan cinta dengan bahasa inggris kabarnya akan lebih dapat mempererat kualitas keharmonisan pasangan suami dan istri.

Bahasa Inggris adalah bahasa internasional. Bisa dibilang, sudah menjadi bahasa keharuan bagi setiap orang saat ini untuk memiliki kemampuan berbahasa Inggris, minimal bisa berbahasa Inggris dengan simpel.

Bahasa inggris ini sama umunya seperti bahasa Indonesia, ungkapan-ungkapan sayang di dalam bahasa Indonesia, semuanya dapat kamu konversi ke dalam bahasa inggris,

Sepertinya sudah umum ya, bahasa inggris ini sama umunya seperti bahasa Indonesia, ungkapan-ungkapan sayang di dalam bahasa Indonesia, semuanya dapat kamu konversi ke dalam bahasa inggris, contohnya seperti ini;

1. “For once in my life, I don’t have to try to be happy. When i’m with you, it just happens ? … I love you, Baby.”
Artinya; “Untuk pertama kalinya dalam hidupku, aku tidak perlu mencari-cari kebahagiaan lagi. Karena aku sudah menemukannya ketika bersamamu ? .. Aku mencintaimu, sayang.”

2. “Having you in my life, makes everything so special and beautiful. Just like you ? ..”
Artinya; “Ada kamu dalam hidupku, membuat segalanya menjadi begitu spesial dan indah. Persis sepertimu ? ..”

18. Panggilan Sayang dalam Bahasa Korea

Dalam budaya Korea asli, panggilan spesial didalam bahasa korea cukup berbeda dengan bahasa Indonesia atau bahasa inggris yang memiliki banyak istilah / kata sebagai bentuk ungkapan sayang, pada bahasa korea hanya memiliki 3 jenis panggilan saja untuk ungkapan yang selaras dengan kata “sayang” , tiga tersebut adalah;

  • Jagiya (친애).
  • Baolgull (애하).
  • dan Yeobo (하는).

Panggilan yang ketiga, lebih khusus untuk sebagai ungkapan sayang yang biasanya hanya dipakai oleh pasangan yang sudah menikah / suami-istri.

Baca juga : Ucapan Salam dalam Bahasa Korea (Sehari-hari)

Baca juga: Ucapan Selamat Ulang Tahun dalam Bahasa Korea

19. Panggilan untuk Kekasih dalam Bahasa Jerman

Panggilan sayang pada bahasa jerman sangat banyak, sama seperti halnya dengan bahasa Inggris. Namun,

Dalam bahasa Jerman, ada sangat banyak jenis panggilan untuk yang terkasih. Namun, dari banyaknya ungkapan itu, ada 10 panggilan romantis yang aku tampilkan disini.

Ke-10 nya itu adalah yang paling populer digunakan oleh masyarakat Jerman. Berikut ini 10 macam panggilan untuk kekasih dalam bahasa Jerman.

  • Schnecke (Siput)

Schnecke” artinya adalah siput. Hewan ini kecil lunak dan yang satu ini tidak punya banyak kualitas idaman; Siput cenderung lambat, lengket, pengecut dan pemalu. Meskipun begitu, di jerman kata Schnecke yang berarti siput jadi panggilan populer untuk kekasih (suami istri).

For Girls, Waspadalah! Kalau seorang lelaki yang belum kamu kenal memanggilmu siput, ia kemungkinan besar ingin memilikimu dan bermesraan denganmu.

  • Häschen (Hase, Kelinci)

Panggilan “Hase” lebih sering dipakai untuk panggilan kepada perempuan. Maknanya “Hase” dalam bahasa Indoensia adalah kelinci. Di Jerman sana hewan ini dianggap imut dan lucu, selain itu dengan populernya majalah “Pl**boy” yang berlogo kelinci, panggilan ini menjadi lebih sering ditujukan bagi perempuan yang memiliki kesan s*ksi.

  • Mäuschen (Maus, Tikus Kecil)

Mungkin bagi kita sebagai warga negara Indonesia, memanggil pasangan dengan sebutan “tikus” adalah hal yang amat tabu, bahkan menjijikkan.

Akan tetapi, ternyata di Jerman cukup biasa bagi seorang suami memanggil istrinya dengan sebutan “Maus.” Kemungkinan, kesan ini teramat baik dan menyenangkan bagi mereka karena yang diambil adalah kesan lucu dan imut dari beberapa jenis tikus peliharaan dan bukan tikus got.

  • Mausebär (Beruang Tikus)

Ada lagi panggilan yang unik, kalau dalam Indonesia maknanya cukup aneh yaitu beruang tikus. Sepertinya orang Jerman kehabisan binatang imut untuk menyebut pasangan mereka, jadinya mereka membuata serapan-serapan dari kelucuan yang ada; “Mausebär,” dari tikus dan beruang.

Barangkali bagi pasangan kekasih di negara Jerman, maknanya teramat lucu dan romantis ya. hehehe.

  • Bärchen (Barshe, Beruang Kecil)

Pastinya, panggilan sayang bukan hanya milik perempuan, kan. Di Jerman, lelaki juga memiliki beragam jenis panggilan sayang, lho. Diantaranya adalah “Bär” (singkatan dari Bärchen), panggilan ini seringnya buat ditujukan kepada pria-pria yang memiliki perut buncit seperti perutnya beruang.

  • Schnucki (Tak Ada Padanan)

Schnucki” boleh terdengar seperti Schnecke, tetapi maknanya jauh berbeda. Sayangnya, tidak ada padanan katanya dalam bahasa Indonesia.

Ini hanya sekedar kata yang terdengar imut yang dibuat oleh orang Jerman saat bermanja-manjaan dengan pasangannya. Coba dipraktekkan memanggil kekasih kamu dan lihat apa yang terjadi!

  • Süsse atau Süsser (Manis)

Siput dan tikus barangkali tidak terlalu manis, tetapi bukan berarti orang Jerman tidak mau mengakui betapa manisnya pasangan mereka.

Süss” adalah kata sifat dalam bahasa Jerman, hingga mendapatkan akhiran pengucapan tergantung dari jenis kelamin pasangannya. Seorang lelaki akan memanggil pacarnya “Süsse,” sementara pasangan perempuannya balas menyebut “Süsser.”

  • Liebling (Sayang)

Lieblin” yang maknanya sayang, kata ini adalah kata Jerman yang paling dekat dengan ‘darling‘ jika dalam bahasa Inggris. Tidak hanya mengandung makna kata yang berarti cinta – ‘Liebe‘- istilah ini juga mempunyai makna lain.

Liebling bisa digunakan sebagai awalan yang berarti favorit. Contohnya “Lieblingsbuch” yang artinya buku favorit. Jadi bisa dibilang Liebling (kepunyaan anda) itu orang yang paling Anda favoritkan.

  • Perle (Mutiara)

Jangan salah, masih ada panggilan sayang bagi orang Jerman yang makna aslinya juga menarik, yakni “Perle” (mutiara). Sebutan ini tidak dipakai di seluruh Jerman, tetapi lebih menjadi favorit di lembah Ruhr yakni jantung kawasan industri Jerman.

  • Schatz (Harta)

Tidak terbang ke ujung pelangi untuk menemukan harta. “Schatz” adalah panggilan sayang yang sangat umum bagi orang Jerman.

Bukan hanya populer bagi mereka yang masih bertunangan, tapi juga untuk pasangan yang sudah menikah, dan dipakai juga untuk memanggil anak-anak.

Mereka yang merasa kurang puas dengan sekedar “Schatz” memberi tambahan akhiran seperti “Schatzi” atau “Schätzchen“.

20. Panggilan Sayang dan Kalimat Cinta dalam Bahasa Jepang

  • あなたのことが大好き。
    Dibaca: Anata no koto ga daisuki.
    Artinya: Aku sangat sayang kepadamu.
  • 会いたいなあ。
    Dibaca: Aitai naaa.
    Artinya: Kangen nih.
  • あなたに夢中だ。
    Dibaca: Anata ni muchuu da.
    Artinya: Aku “gila” karenamu.
  • あなたは私のタイプだ。
    Dibaca: Anata wa watashi no taipu da.
    Artinya: Kamu memang tipeku.
  • あなた無視では生きていけない。
    Dibaca: Anata mushi dewa ikite ikenai.
    Artinya: Aku tidak bisa hidup tanpamu.
  • 今晩、映画でも見ませんか。
    Dibaca: Konban, eiga demo mimasen ka.
    Artinya: Nanti malam nonton yuk!
  • 結婚しよう。
    Dibaca: Kekkon shiyou.
    Artinya: Menikahlah denganku!

Sebutan Suami-Istri dalam Bahasa Jepang

Panggilan Suami dan Istri Dalam Bahasa Jepang

sumber gambar: http://instajogja.com

Di dalam budaya Jepang, pasangan suami-istri umunya akan memanggil nama panggilan khusus untuk masing-masing, saat awal pernikahan. Panggilan suami-istri pun menjadi berubah saat mereka sudah memiliki anak.

Mereka akan mulai mengubah menyebut panggilan pasangan hidupnya dengan “otousan-okaasan” alias papa-mama. Masa ini berlangsung cukup lama hingga anak-anak mereka tumbuh menjadi dewasa dan mereka sudah semakin tua.

Ketika pasangan suami-istri itu sudah tua, sang istri akan memanggil suaminya dengan sebutan “anata” yang artinya sayang. Misalkan ungkapannya, “Anata.. Tabako yameta houga iin jyanai? “Yang berarti, “Sayang.. Bukankah sebaiknya kamu berhenti merokok?”

Kemudian untuk suami, beberapa istilah untuk menyubut istri dalam Bahasa Jepang, seperti; okusan (奥さん), yome (嫁), kanai (家内), nyoubou (女房), uchi no hito (家の人), tsuma (妻), kamisan (おカミさん) dan lain sebagainya. Sebagian untuk yang lainnya ada juga yang menyebut dengan waifu (ワイフ) atau honey (ハニー) yang diambil dari Bahasa Inggris, yaitu wife dan honey.

Nama panggilan tersebut memiliki arti khusus tergantung romantisme sang suami.

  • Okusan (奥さん) atau kanai (家内) memiliki arti orang yang begitu dalam, yaitu istri yang sehari-harinya mengurus bagian keseluruhan dalam rumah.
  • Tsuma (妻) di dalam Bahasa Jepang mempunyai makna pasangan hidup. Biasanya kata ini dipakai saat masa baru menikah hingga sang istri berumur 40 tahun.
  • Sedangkan nyoubou (女房) berarti yang mengerjakan pekerjaan rumah tangga.

Di jepang negitu unik, terdapat panggilan yang berbeda-beda melihat dari keadaan yang ada, seperti peran ia di pernikahan, seperti juga rentan usia, jadi mulai sekarang kamu tidak perlu bingung lagi apabila mendapati orang Jepang memanggil suami atau istrinya dengan sebutan yang berbeda-beda.

Itu tadi informasi tentang panggilan sayang romantis yang populer di dunia. Semoga bermanfaat ya 😀

Baca juga : Mengapa Cincin Pernikahan Selalu Berada di Jari Manis

Baca juga: Ucapan Selamat Ulang Tahun (Dalam Berbagai Bahasa)