Mojosemi Forest Park, Wahana Wisata Alam di Magetan Dengan Fasilitas Terlengkap dan Pertama Di Indonesia

Kabupaten Magetan yang berada di kaki Gunung Lawu memang sangat berpotensi sebagai kota wisata. Kota yang memiliki slogan “The Beauty of Java” kini semakin memperlihatkan jati dirinya sebagai kota wisata. Sebuah objek wisata baru bertajuk hutan alami dengan konsep ekowisata kini ada di Magetan, Mojosemi Forest Park.

Mojosemi Forest Park (MFP) hadir berbeda dengan objek wisata lain yang ada di Magetan. MFP mengandalkan keindahan panorama hutan Mojosemi yang asri dan berisi pohon-pohon yang berusia ratusan tahun.

Beberapa pohon itu sudah ditanam sejak zaman Belanda dan bersamaan dengan penanaman pohon-pohon yang ada di Kebun Raya Bogor. Jenis pepohonan yang ada diantaranya yaitu pohon pinus (pinus sp), pohon puspa (schima wallichii), pohon jamuju (podocarpus inbricatus) dan Ekaliptus (eucalyptus sp) serta beberapa jenis pohon lainnya.

Keindahan Mojosemi Forest Park

Mojosemi Camping

https://mojosemiforestpark.com/

Keindahan wisata alam Mojosemi Forest Park ini semakin elok karena adanya gemericik air yang mengalir dari air terjun Tirto Mojo. Air tersebut murni dari sumber air alami yang ada di Gunung Lawu.

Bagi pengunjung yang gemar selfie pun, Mojosemi Forest Park bisa menjadi spot yang tepat. Disana terdapat argo sungging selfie deck yang diperuntukkan sebagai tempat berfotoria bagi para penggemar foto diri dengan tampilan latar belakang Telaga Sarangan yang indah.

Menurut Sofyan Zainudin, pengelola Mojosemi Forest Park, pihaknya menggandeng Perhutani sebagai pemangku lahan dan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) setempat untuk mewujudkan wahana wisata berwawasan lingkungan ini.

Ada harapan besar, dengan kehadiran Mojosemi Forest Park akan ikut serta menanamkan kecintaan lingkungan dan konservasi hutan kepada generasi muda.

Fasilitas- Fasilitas di Mojosemi Forest Park

Flying Fox Mojosemi Forest Park

https://mojosemiforestpark.com/

Mojosemi Forest Park menawarkan keindahan alam yang sulit dicari tandingannya, hal ini karena selain keindahan alam yang ditawakan. Berbagai fasilitas wahana untuk berpetualang untuk menguji adrenalin ada ditempat ini.

Fasilitas-fasilitas yang tersedia sangat lengkap, mulai diperuntukkan untuk dewasa hingga anak-anak. Di lokasi ini, para pengunjung disajikan indahnya wisata alam, berpetualang menikmati wahana-wahana wisata yang bisa menguji adrenalin.

Bahkan pengunjung juga bisa melakukan camping di area wisata ini, karena Mojosemi Forest Park menyediakan lokasi camping ground yang sudah terfasilitasi.

Di tempat wisata ini juga dilengkapi tempat ibadah (mushola), bagi pengunjung muslim kamu tepat bisa melaksanakan sholat dengan tepat waktu dan berjamaan karena mushola di lokasi ini cukup luas dan memadai.

Temapt parkir yang tersedia juga cukup luas, bisa menampung motor dan mobil. Terdapat juga toilet-toilet yang memadai, serta rest area untuk bersantai para pengunjung menikmati sejuknya alam Mojosemi, Magetan.

1. Wahana yang Ada di Mojosemi Forest Park

Di Mojosemi Forest Park, terdapat  wahana yang yang bisa memacu adrenalinmu, wahana adventure itu diantaranya high rope dan flying fox dengan ketinggian pohon bisa mencapai lebih dari 30 meter. Dipastikan kedua wahana itu akan menguji nyali dan keberanianmu.

Untuk keamanan kamu tidak perlu khawatir. Kedua wahana tersebut mengguankan perlengkapan keamanan canggih terbaru dan pertama di Indonesia, yaitu teknologi continuous belay dan saferoller.

Kamu juga bisa menguji keberanian di skywalk (jembatan antar pohon). Jika kamu yang ingin menjelajahi kawasan hutan alami ini, disediakan ATV dan juga kuda tunggangan.

Kamu bisa memilih naik ATV atau kuda tunggangan untuk menelusuri daerah ini dengan aman dan nyaman, karena sudah disediakan lintasan yang sudah diatur sedemikian rupa.

Pengunjung dapat merasakan sensasi suasana alam diantara pepohonan pinus yang asri, dipastikan saat kamu mengendadari ATV ataupun menunggangi kuda akan membuatmu merasakan pengalaman yang tak terlupakan.

Mojosemi Forest Park bisa dikatakan sebagai one stop tourism spot, semuanya serba ada disini. Pengunjung yang gemar permainan ketangkasan dan tembak menembak dapat mencoba wahana Archery (panahan), Paint Ball dan Air Soft Gun.

Air Soft Gun Mojosemi Forest Park

https://plus.google.com/

2. Kafe dan Penginapan di Area Mojosemi Forest Park

Saat kamu puas menikmati wahana wahana yang seru di Mojosemi Forest park. Saatnya menikmati kuliner khas resto alam yang tersedia di area wisata Mojosemi Forest Park. Beragam kuliner khas resto alam Ekaliptus Resto

Dan bila perut sudah keroncongan, para pengunjung bisa mencicipi beragam kuliner khas bernuansa alam ada di Ekaliptus Resto & Cafe, pastinya kenikmataan menyantap kuliner bisa kamu rasakan sambil menghirup udara sejuk di ketinggian 1389 mdpl.

Jika kamu belum puas menghabiskan waktu berwisata di Mojosemi Forest Park, kamu bisa bermalam di penginapan yang disediakan di lokasi wisata ini. Terdapat hotel dengan konsep tenda mewah sekelas dengan hotel berbintang.

Iya, tenda yang didalamnya difasilitasi seperti halnya hotel berbintang. Terdapat tempat tidur yang nyaman, penghangat, dan tentunya kamu bersama keluarga bisa menikmati indahnya suasana bermalam di lokasi wisata.

Saat pertama kali dibuka, ketersediaan tenda mewah ini baru tersedia 5 tenda dengan kapasitas masing-masing bisa sampai 6 orang, tentunya cukup untuk berwisata bersama kelaurga. Mungkin seperti ini hanya bisa kamu temukan di Mojosemi Forest Park.

Dengar-dengar dari temanku Mas Jatmiko (Ketua RTIK Magetan, juga partner pengembangan wisata di MFP). Kedepannya tenda penginapan di Mojosemi Forest Park akan ditambah menyesuaikan keadaan.

Ya, untuk sememntara ini kalau paralayang belum ada. Semoga nanti bisa ada untuk wahana paralayangnya.

Menurut Sofyan Zainudin, pengelola akan menambah fasilitas penginapan ini agar dapat menampung lebih banyak lagi. Bagi yang ingin berkemah beramai-ramai pun disediakan camping ground yang bisa menampung seribu orang. Dan semua fasilitas ini sudah disiapkan oleh pengelola Mojosemi Forest Park. (suarakumandang.com)

Camping Ground Mojosemi Forest Park

https://mojosemiforestpark.com/

3. Harga Tiket Masuk dan Wahana Wisata di Mojosemi Forest Park

Agar dapat menikmati wisata alam Mojosemi Forest Park ini kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp.10.000 /orang. Selain harga tiket tersebut, terdapat beberapa biaya lainnya kalau kamu mau menikmati berbagai wahana wisata lainnya. Berikut rinciannya :

  • Masuk ke kawasan Air Terjun Tirto Mojo Rp. 5000,-
  • Biaya untuk menikmati High Rope adventure Rp. 100.000,-
  • Berkeliling dengan Menunggangi Kuda Rp. 40.000,-
  • Sewa ATV Rp. 30.000
  • SoftGun Laras Pendek Rp. 75.000,-
  • SoftGun Laras Panjang Rp. 100.000
  • War Game Rp. 100.000
  • Wahan Join Operation Rp. 75.000
  • Camping Ground bagi yang mau ngecamp Rp. 15.000
ATV Mojosemi Forest Park

https://mojosemiforestpark.com/

Lokasi Mojosemi Forest Park Magetan

Lokasi wahana wisata Mojosemi Forest Park ini tidak jauh dari lokasi Telaga Sarangan, masih berada di desa Mojosemi, kecamatan Plaosan, kabupaten Magetan, daerah wisata ini berada lebih tinggi dan berjarak sekitar 2 KM sebelah barat dari Telaga Sarangan.

Terletak di lereng Gunung Lawu pada ketinggian 1389 mdpl. Dari daerah wisata ini, kamu pengunjung akan dapat melihat pemndangan luas kota Magetan dan juga indahnya Telaga Sarangan.

Jika dari arah Solo, Jawa Tengah, ambil jalur yang melalui jalan tembus yang menuju area wisata Tawangmangu, Karanganyar, kemudian lanjutkan perjalanan hingga nanti kamu akan menemui pos pendakian Gunung Lawu, Cemoro Sewu, kira-kira sekitar 4 KM dari Cemoro Sewu.

Mojosemi Forest Park Resmi dibuka untuk pengunjung  pada hari Sabtu (10/12/2016). Pengunjungnya terbilang langsung membeludak, tidak hanya warga Magetan saja, banyak para pengunjung luar daerah yang datang ke Magetan untuk menikmati wahana wisata baru di Magetan ini.

Bahkan dari Surabaya, Malang dan dari daerah Jogja banyak yang berkunjung ke tempat wisata alam yang berkonsep resevasi hutan alami yang Indah di Magetan ini. Saya sendiri sebagai warga Magetan merasakan macetnya jalanan dari alun-alun ke arah jalan tembus (menuju Telaga Sarangan dan MFP).

Akan hal ini ternyata pemerintah Magetan tidak tinggal diam, dari arah terminal Maospati menuju arah Magetan diadakan pelebaran jalan, hal ini tentunya sangat bagus untuk memudahkan akses para pengunjung Magetan yang ingin berwisata ke objek-objek wisata alam di Magetan.

Baca juga : Makanan Khas Magetan yang Enak dan Populer

Mojosemi Forest Park Menjadi Salah Satu Wisata Unggulan Di Jawa Timur

High Rope Mojosemi Forest Park

https://mojosemiforestpark.com/

Adanya wahana ekowisata baru di Magetan, Mojosemi Forest Park ini, disambut gembira oleh Anggota Dewan Penentu Kebijakan Badan Promosi Pariwisata Daerah Jawa Timur, Arief Rahman.

Beliau juga pria asli Magetan mengungkapkan rasa senang dan bangga, kabupaten Magetan dengan kehadiran MFP semakin membuktikkan keberadaanya sebagai destinasi wisata unggulan di Jawa Timur.

“Mudah-mudahan adanya Mojosemi Forest Park ini menjadi pemicu bagi pemerintah, swasta dan investor untuk terus mengembangkan kepariwisataan di Magetan. Saya optimis kedepan bisa menandingi Malang maupun kota Batu,” kata Arief Rahman yang terlihat sangat gembira melihat Magetan semakin maju di sektor pariwisata.

Pak Arief Rahman menyakini, kemunculan obyek wisata baru ini akan menambah popularitas Magetan sebagai kota wisata, bukan hanya di Jawa Timur tapi akan menasional.

“Biar para pelancong domestik maupun asing tahu, betapa indahnya Magetan. Mereka pasti akan mengamini, Magetan The Beauty of Java bukan sekedar slogan saja,” terang pria yang sejak lama menggeluti perencanaan dan manajemen strategis bidang pariwisata ini. (lensaindonesia.com)

Semoga informasi seputar Mojosemi Forest Park ini bermanfaat, salam dari Magetan.

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan GushaironFadli.com. Redaksi berhak menyunting atau menghapus kata-kata yang berbau narsisme, promosi, spam, pelecehan, intimidasi dan kebencian terhadap suatu golongan.

Loading Disqus Comments ...