14 Minuman Buka Puasa Yang Segar dan Sehat untuk Keluarga

Minuman buka puasa yang manis dan segar menjadi menu takjil favorit bagi masyarakat Indonesia. Di saat-saat menjelang buka puasa, pasti akan banyak kita temui banyak penjual minuman takjil buka puasa di pinggir-pinggir jalan.

Harganya pun terbilang mahal disaat bulan puasa (baca: ramadhan), namun tetap saja laris manis dan pembeli pun tidak merasa keberatan. Mungkin inilah salah satu keberkahan bulan Ramadhan.

Ini bisa menjadi peluang usaha musiman yang sangat menguntungkan lho. Kamu cukup mempersiapkan sop buahnya lalu menentukan lokasi yang pas untuk membuka lapak berjualan.

Disini saya akan berbagi beberapa daftar menu minuman buka puasa yang manis dan segar, spesial untuk bulan Ramadhan. Minuman-minuman ini tentunya bisa kamu buat sendiri dirumah dengan mudahnya. Berikut daftarnya :

 1. Minuman Buka Puasa Es Kolak Pisang

Minuman Buka Puasa Es Kolak Pisang

http://cumibunting.com/

Siapa yang tidak menegnal dengan minuman yang satu ini? Ya, kolak pisang adalah takjil favorit saat bulan puasa. Minuman kolak pisang sudah sangat merakyat bagi masyarakat Indonesia. Minuman ini begitu khas disaat bulan puasa tiba.

Rasanya sangat merayat memnjadikan minuman ini banyak dijual dipinggir jalan bahkan banyak pula orang-orang dermawan yang membagikan minuman es kolak pisang kepada pengendara-pengendara pinggir jalan saat buka puasa telah tiba.

Tentunya, kamu juga hampir tidak akan melewatkan minuman yang satu ini dirumahmu. Untuk membuatnya, gunakan pisang kepok dan ubi kuning untuk isi kolak yang akan dibuat. Sementara untuk membuat kuah kolak, kamu memerlukan air, santan, sedikit tepung maizena, serta gula merah.

Kolak pisang adalah minuman sederhana yang selalu menjadi menu buka puasa andalan bagi banyak keluarga di Indonesia. Minuman ini bisa diminum dalam keadaan hangat atau dingin sesuai selera.

2. Minuman Buka Puasa Es Cendol atau Es Dawet

Minuman Buka Puasa Es Cendol

http://www.satujam.com

Es Cendol atau yang juga dikenal dengan nama  Es Dawet juga merupakan minuman manis khas Indoensia, saat bulan puasa Es Condel ini begitu populer dan menjadi minuman favorit keluarga untuk dihidangkan. Bahan utama dari minuman es Cendol ini adalah dawet yang dibuat dari tepung beras dan hunkwe.

Dawet diolah dengan ditambahkan perwarna makanan yang menjadikan dawet ini begitu khas. Umunya berwarna hitam agak kecoklatan untuk yang berbentuk kotak, ada pula yang berwarna hijau.

Kuah untuk es manis ini berasal dari santan dan air rebusan yang sudah di campur dengan daun pandan. Rasa manis yang khas ada pada minuman ini diperoleh dari gula merah cair, kamu bisa mengatur kadar manisnya sesuai seleramu.

3. Minuman Buka Puasa Es Lidah Buaya

Minuman Buka Puasa Es Lidah Buaya

https://id.tastemade.com/

Boleh saya bilang, es lidah buaya adalah es segar yang paling nikmat menurut saya. Memang rasanya tidak seenak es buah lainnya namun es lidah buaya bisa memberikan kesan paling kuat dan selalu membuat ketagihan. Tekstur rasa dari irisan daunnya begitu mengesankan lidah dan tenggorokan.

Minuman segar ini mudah untuk dibuat dan menyehatkan, tentu tanaman lidah buaya akan banyak kita temui di daerah kita. Resep dan cara membuatnya juga cukup praktis dan tidak membutuhkan bahan-bahan lain yang sulit didapat.

Tentunya akan lebih praktis jika kamu punya tanaman lidah buaya (aloe vera) ini di pekarangan rumahmu. Kamu akan mendapatkan daun lidah buaya segar yang baru saja kamu petik.

Untuk membuat es lidah buaya kamu cukup mengambil dan mencuci daging lidah buaya. Lalu rebus air, gula, bersama pandan sampai mendidih. Setelah hampir matang, masukkan daging lidah buaya dan matikan api.

Lalu diamkan rebusan lidah buaya selama 1 jam, lalu sajikan dengan es batu. Agar lebih nikmat, saat di sajikan kamu bisa menambahkannya biji selasih untuk menambah sensasi menikmati es lidah buaya. Es ini sangat tepat ini dihidangkan saat berbuka puasa.

4. Minuman Buka Puasa Es Sop Buah

Minuman Buka Puasa Sop Buah

http://www.pengusahasukses.com

Sop buah adalah minuman segar yang menjadi menu takjil yang cukup favorit bagi masyarakat kita. Di saat-saat menjelang buka puasa, pasti akan banyak kita temui penjual sop buah di pinggir-pinggir jalan.

Cara membuat sop buah ini pun cukup mudah Kamu hanya perlu menyiapkan 3-4 jenis buah favoritmu, buah-buahan yang bisa kamu pakai bebas dan bisa kamu lebihkan, sebagai petunjung buah yang sangat rekomended seperti buah naga, jeruk, semangka, melon, kiwi, stroberi, pepaya, dan anggur.

Nah, untuk membuat kuah sop buah, cukup siapkan air matang, susu kental manis, dan sirup rasa stroberi. Namun, tidak masalah jika kamu tidak ingin menambahkan sirup. Campurkan buah-buahan ke dalam susu dan sajikan dengan es yang sudah di pecah / di serut.

5. Minuman Buka Puasa Es Selendang Mayang

Minuman Buka Puasa Es Selendang Mayang

http://sajiansedap.grid.id/

Jika kamu sedang berada diluar Jakarta, mungkin kamu akan sulit mendapatkan Es Selendang Mayang, ya karena minuman ini adalah minuman khas daerah Betawi. Es Selendang mayang ini adalah minuman manis yang sangat menyegarkan lho.

Tentu bisa kamu jadikan minuman buka puasa yang beda. Cara membuat es selendang mayang sediakan dahulu tepung hunkwe sebagai bahan utama. Kemudian tepung hunkwe dijadikan adonan dan dicampur dengan air dan sagu tani.

Setalah adonan sudah siap, adonan tersebut diberi tanmabhan pewarna makanan umunya dipilih merah dan hijau, jangan lupa buat juga adonan yang tidak diberi pewarna. Tumpuk adonan dengan susunan pink, putih, dan hijau.

Setelah jadi, kamu tinggal membuat kuahnya dengan air rebusan daun pandan, santan, dan gula merah, lalu tiriskan sebentar. Setelah dingin sajikan es selendang mayang ini dengan es batu, karena minuman ini lebih enak jika diminum dalam keadaan dingin.

6. Minuman Buka Puasa Es Kacang Hijau

Minuman Buka Puasa Es Kacang Ijo

https://rasamasa.com/

Ini adalah minuman spesial yang kaya akan manfaat, mungkin kamu sudah tahu semua akan manfaat dari kacang hijau yang kaya protein baik untuk kesehatan tubuh. Kacang dihijau juga bisa dijadikan minuman segar dan manis untuk takjil berbuka puasa.

Minuman es kacang hijau ini sangat mudah dibuat sendiri dirumah, selain itu saat puasa es kacang hijau juga banyak dijual di warung kaki lima. Proses pembuatan kacang hijau ini cukup mudah, kamu cuma perlu merendam kacang hijau mentah di dalam air hangat hingga mengembang.

Setelah itu kacang hijau rebus ulang agar diperoleh tekstur yang lebih empuk. Untuk kuahnya dibuat dari air rebusan daun pandan, susu kental manis, sedikit santan, dan gula merah cair. Minuman ini sangat nikmat disajikan dalam keadaan dingin maupun hangat.

Jika kamu ingin menyajikannya dalam bentuk es kacang hijau, tambahkan serutan es batu lalu ditambahn dengan sirup manis seperti sirup marjan yang berwarna merah atau hijau. Minuman buka puasa es kacang hijau ini sangat pas untuk disajikan menjelang buka puasa.

7. Minuman Buka Puasa Es Biji Selasih

Minuman Buka Puasa Es Biji Selasih

http://www.delicooljelly.com

Sudahkah kamu tahu apa itu biji selasih? Biji selasih diperoleh dari tanaman selasih yang banyak dimanfaatkan daun, bunga dan bijinya sebagai konsumsi rempah-rempah.

Biji selasih sendiri didalmnya banyak terkandung zat yang baik untuk tubuh manusia. Beberapa kandungan penting yang dimiliki biji selasih ini adalah eugenol, tymol, metal eugenol, berbagai macam vitamin kompleks, serat dan juga lemak.

Gurihnya biji selasih akan nikmat jika disandingkan dengan nata de coco yang kenyal dicampur dengan buah segar serta kuah dingin yang manis. Tentunya kamu bisa membanyangkan betapa segarnya minuman yang satu ini.

Untuk membuat minuman biji selasih, caranya adalah rendam terlebih dahulu biji selasih mentah ke dalam air hingga bijinya mengembang. Lalu buat kuah untuk minuman ini dengan cara mencampur air matang dengan sirup rasa melom / stoberi.

Masukkan potongan agar-agar, buah melon / stoberi, nata de coco, dan biji selasih yang sudah mengembang kedalam kuah sirup yang sudah dibuat. Setelah biji selasih, potongan buah dan kuah sudah bercampur, tambahkan serutan es batu agar rasanya semakin segar.

Es biji selasih sangat pas dihidangkan untuk minuman berbuka puasa, atau kamu ingin mencoba menjualnya sebagai peluang usaha musiman di bulan puasa. Minuman ini sangat favorit dan disukai banyak orang lho.

8. Minuman Buka Puasa Es Dalimun

Minuman Buka Puasa Es Cincau Segar

https://rasamasa.com/

Mungkin nama es dalimun masih terdengar asing di telingamu, lalu bagaimana dengan es cincau? Tentu kamu sudah cukup akrab dengan nama minuman cincau, bukan? Es dalimun adalah nama lain dari es cincau yang kita kenal selama ini.

Cincau dibuat dari daun tumbuhan cincau. Cincau ini banyak mengandung zat-zat yang pula baik untuk kesehatan, diantaranya adalah kandungan mineralnya cukup tinggi terutama kalsium dan fosfor. Saat ini cincau sangat baik dikonsumsi untuk program diet dikarenakan rendah kalori tetapi mengandung tinggi serat.

Selain itu tumbuhan ini memiliki kandungan nutrisi yang berguna bagi kesehatan tubuh diantaranya kandungan karbohidrat, air, lemak, alkaloid siklein, kardioplegikum, tentradine dan dimel tetradine, polifenol, saponoid dan flavonoida. Dengan kandungan gizi inilah Daun Cincau bisa memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh kita

Es dalimun ini dibuah dengan bahan utamanya adalah dari cincau hijau yang telah jadi. Cincau hijau yang sudah matang disajikan dengan kolang kaling, di campur dengan kuah santan dan hula merah cair. Es dalimun begitu nikmat disajikan saat dingin (tambahkan es batu serut) untuk dinikmati saat berbuka puasa.

Minuman segar ini terbuat dari cincau hijau. Cincau hijau yang sudah matang ini dicampur dengan kolang-kaling, kuah santan, dan gula merah cair. Kesegarannya akan lebih terasa saat disajikan dalam keadaan dingin, pilihan es yang paling pas adalah es batu serutan.

 9. Minuman Buka Puasa Es Kopyor

Minuman Es Kopyor

http://idfl.me

Setelah berpuasa sehari penuh, segelas minuman segar untuk buka puasa akan menjadi suatu hal yang sangat nikmat untuk membasahi tenggorokan yang terasa kering. Minuman segar es kopyor bisa kamu pilih untuk menjadi minuman segar saat berbuka puasa.

Es kopyor yang asli umunya dibuat dari serutan daging buah kelapa muda yang masih kenyal. Kuahnya tentunya adalah air kelapa itu sendiri, biasanya ditambah dengan gula merah cair agar terasa lebih manis.

Akan tetapi jika kamu tidak mendapati buah kelapa asli untuk diambil dagingnya. Kamu bisa membuat daging kelapa imitasi dengan agar-agar tanpa warna kemudian dicampur dengan santan.

Setelah agar-agar sudah berbentuk padat, agar-agar bisa dipotong-potong bebentuk dadu. Lalu siapkan air yang sudah dicampur dengan sirup cocopandan. Selanjutnya, masukkan agar-agar ke sirup cocopandan dan tambahkan es batu sebelum disajikan.

 10. Minuman Buka Puasa Es Pisang Ijo

Minuman Es Pisang Ijo

http://imgix.net/

Minuman es pisang ijo ini begitu nikmat dan segar, biasanya menjadi sangat dicari-cari saat bulan puasa, Rasanya nikmat, manis dan segar sangat cocok untuk menghilangkan rasa haus, atau untuk berbuka setelah seharian menjalani ibadah puasa.

Selain rasanya yang enak, es pisang ijo ini mempunyai tampilan yang menarik. Pisangnya dibalut dengan adonan yang berwarna hijau dan dihidangkan bersama kuah saus sirup. Kebayangkan segarnya? 😀

Minuman es pisang ijo ini berasalh dari daerah Makasar, untuk mendapatkannya kamu tidak perlu jauh-jauh pergi ke Makasar. Kamu bisa kok membuatnya sendiri dirumah. Bahan-bahanya diataranya pisang raja, siapkan adonan dari tepung terigu, tepung sagu, gula, santan, tambahkan sedikit garam serta rebusan air pandan.

Setelah adonan jadi, pisang raja digulung bersama adonan yang sudah jadi lalu dikukus sampai matang. Untuk kuah sausnya, cara membuatnya adalah dengan air, santan, gula pasir dan daun pandan. Aduk pelan-pelan hingga menyerupai bubur.

Setalah kukusan pisang jadi, iris-iris dan tuangkan saus bubur yang sudah dibuat, terakhir tambahkan sirup manis warna merah dan tambahkan juga serutan es baru. Minuman es pisang ijo siap dihidangkan.

11. Minuman Buka Puasa Es Blewah

Minuman Buka Puasa Es Blewah

https://prelo.co.id/

Es blewah juga minuman yang Indonesia sekali, sama halnya dengan kolak, es blewah sangat populer dan menjadi minuman favorit saat berbuka puasa. Rasanya yang manis dan dengan tambahan buah blewah yang diiris kecil kecil menjadi minuman ini terasa menyegarkan.

Minuman ini adalah minuman keluarga dan harganya cukup terjangkau. Cara membuatnya siapkan buah blewah kemudian daging dari buah blewah diserut, untuk kuahnya dibuah dari sirup cocopandan, akan lebih nikmat jika ditambahkan susu putih kental manis. Jangan lupa tambahkan es batu untuk menciptakan sensasi dinginnya.

12. Minuman Buka Puasa Es Rumput Laut

Minuman Buka Puasa Es Rumput Laut

http://www.tribunnews.com

Es rumput laut adalah salah satu sajian lezat yang biasa disajikan dalam bentuk minuman dingin. Menikmati es rumput laut memang sangat menyegarkan. Apalagi, bila dipadukan dengan bahan lain secara tepat. Hasilnya, pasti akan sangat nikmat dan menyegarkan.

Cara membuat es rumput laut ini cukup mudah, kamu tinggal membeli bahan utamanya yaitu rumput laut, kemudian cuci bersih. Setelah itu siapkan kuahnya.

Untuk kuahnya sendiri dibuat dengan air santan yang sudah direbus dan ditambahkan susu dan sedikit gula pasir, tentunya ditambahkan sirup manis (cocopandan) yang menjadikan minuman es rumput laut lebih menggugah selera.

Biasanya es rumput laut disajikan dengan buah-buahan seperti melon, storberi, apel dan buah alpukat di campur dengan jelly dan nata de coco dan serutan buah kelapa muda, biasanya juga ditambahkan dengan kolang kaling.

Setelah semuanya siap, jangan lupa untuk pendinginya yaitu serutan es batu. Es rumput laut siap disajikan untuk minuman takjil buka puasa.

13. Minuman Buka Puasa Es Tape Ketan Hitam

Minuman Buka Puasa Es Tape Ketan Hitam

https://www.tokopedia.com/

Minuman buka puasa es ketan hitam, adalah minuman unik yang bahan utamanya mengandalkan ketan hitam untuk dihidangkan. Bahan ketan hitam ini diperoleh dengan cara dikukus dan ditaburi ragi serta ditambahkan gula.

Jika kamu ingin membuat es ketan hitam yang cukup banyak, baiknya kamu membuatnya sendiri karena harganya akan lebih murah dibandingkan kamu harus membeli ketan hitam yang sudah jadi.

Ketan hitam yang sudah jadi dihidangkan dengan kuah santan ditambah dengan gula merah. Agar terasa lebih segar, es batu serut ditambahkan agar minuman tape ketan hitam ini menjadi dingin dan segar untuk dinikmati.

14. Minuman Hangat Buka Puasa Wedang Ronde

Buka Puasa dengan Wedang Ronde

http://www.loveindonesia.com/

Wedang ronde ini adalah minuman penghangat yang manis yang begitu khas bagi masyarakat Jogjakarta, dari usia anak kecil hingga orang tua begitu menggemari minuman wedang ronde ini. Minuman ini memiliki rasa jahe yang khas yang berfungsi untuk menghangatkan tumbuh.

Selain kuah wedang ronde jogja yang enak dan hangat, isian yang ada pada wedang ronde juga sangat enak dan nikmat . Didalamnya biasanya dilengkapi dengan kacang tanah goreng, ronde, kolang kaling, sagu mutiara, roti tawar dan rempah lainnya.

Rasa kuah yang hangat akan terasa nikmat sekali dengan isian yang pas dan lezat. Jika kamu ingin membuatnya, kamu pertama cukup membuat wedang jahe (jahe dibakar dan dimemarkan) yang direbus dengan gula pasir bersama dengan bahan-bahan seperti serai yang dimemarkan, daun pandan dan sedikit garam.

Untuk bahan utamanya yaitu ronde, dibuat dengan tepung ketan putih yang ditambahkan dengan sedikit garam, dijadikan adonan bola-bola ronde, kemudian rebus hingga mengapung dan tiriskan. Ronde yang sudah matang bisa disajikan dengan kuah jahenya.

Minuman wedang ronde sudah siap disantab saat berbuka puasa, ronde ini lebih tepatnya disajikan saat berbuka ketika cuaca sedang dingin atau dikala hujan.

Empat belas minuman segar untuk buka puasa ini sangat mudah untuk dibuat. Selain itu, minuman ini juga sangat cocok dengan lidah orang Indonesia. Kamu bisa membuat minuman ini sebagai takjil yang akan dinikmati sekeluarga atau dibagikan kepada orang lain.

Minuman – minuman diatas juga sangat baik bagi pereda stress saat pikiran terasa suntuk dan kurang semangat, karena rasanya yang nikmat dan menyegarkan.

Baca juga : Makanan Penghilang Stres yang Enak dan Menyehatkan

Tak perlu ribet ketika akan membuat minuman segar untuk berbuka puasa. Banyak sekali minuman-minuman segar yang bisa kita buah dengan mengandalkan bahan-bahan yang sudah ada disekitar kita. Dengan begitu, kamu bisa lebih berkreasi untuk membuat minuman minuman segar untuk berbuka puasa.

Catatan

Sedikit tambahan, bagi kamu yang menderita obesitas, diabetes atau gangguan lain yang tidak dianjurkan untuk minum minuman manis, dirasa minuman-minuman diatas kurang tepat untukmu.

Perlu diingat juga bahwa beberapa minuman diatas mungkin kurang cocok untuk menu diet terutama jika menggunakan gula yang berlebihan. Selamat berkreasi.