Manfaat Daun Kelor untuk Diabetes

Khasiat Daun Kelor

Manfaat Daun Kelor Untuk Diabetes Melitus – Daun kelor atau mungkin kita mengenalnya sebagai daun limaran adalah satu daun yang sangat terkenal dan fenomenal di Indonesia.

Ada pepatah mengatakan “dunia tak selebar daun kelor”, memang ukuran daun kelor ini kecil sehingga memiliki makna bahwa kita perlu membuka fikiran kita bahwa dunia ini luas.

Dalam satu tangkai, daun kelor berbentuk bulat kecil dan bersusun majemuk, untuk tinggi pohonya berkisat antara 7 hingga 11 meter. Daun kelor ini begitu kaya akan manfaatnya yang ampuh, dan yang banyak dibicarakan satunya adalah untuk mengobati diabetes. Benarkah seperti itu? Simak informasi berikut.

Kandungan Nutrisi Daun Kelor yang Baik untuk Diabetes

Mari kita menelaah lebih dalam mengenai apa saja kandungan yang ada dalam daun kelor ini. Seperti yang kita tahu bahwa penyakit diabetes adalah penyakit yang disebabkan karena kelebihan kadar gulan darah dalam tubuh.

Penyebab penyakit ini bermacam-macam, bisa disebabkan karena pola makan yang buruk, dan yang sangat berpotensi adalah karena keturunan atau DNA dimana terdapat kelainan hormon insulin atau organ pankreas sejak lahir.

Meskipun Anda bukan keturunan dari penderita diabetes, akan tetapi jika gaya hidup dan pola makan Anda sangat tidak sehat akan sangat mungkin bagi Anda akan terkena diabetes. Pola makan tidak sehat diantaranya terlalu banyak makan-makanan yang mengandung gula tinggi yang bisa menyebabkan insulin mengalami gagal fungsi.

Naiklah, apa saja zat yang terkandung dalam daun kelor dan kandungan zat apa saja yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh terutama dalam mengobati sakit diabetes. Berikut ini adalah kandungan / zat yang ada dalam daun kelor dan mengapa baik untuk mengatasi diabetes.

Serbuk Daun Kelor

1. Daun Kelor Kaya akan Betakaroten

Betakaroten ini merupakan senyawa yang terdapat didalam vitamin A, senyawa ini sangat baik untuk kesehatan tubuh. Pada daun kelor ini sangat kaya akan betakaroten bahkan lebih besar empat kali lipat dibandingkan betakaoten yang ada di dalam wortel.

Jika anda membutuhkan vitamin A / betakaroten yang lebih banyak anda bisa memilih makanan daun kelor karena terbukti lebih bagus dibanding wortel.

2. Daun Kelor Mengandung Kalsium Tinggi

Selain kaya akan betakaroten, daun kecil ini juga memiliki kandungan kalsium yang sangat tinggi. Pernah dilakukan penelitian untuk daun kelor ini bahwa kandungan kalsium yang ada di dalamnya 25 kali lebih tinggi dibanding dengan kalsium yang ada di dalam bayam.

3. Daun Kelor Merupakan Sumber Antioksidan

Pernah ada penelitian, dalam daun kelor memiliki setidaknya 50 jenis antioksidan yang sangat baik membantu menjaga tubuh dari serangan radikal bebas dan penyakit. Kandungan antioksidan yang ada di dalam daun kelor ini lebih banyak dibandingkan dengan yang ada di dalam daun.

4. Daun Kelor Mengandung Asam oleat

Asam oleat adalah asam yang tidak mengalami proses pencernaan untuk dapat diserap oleh tubuh sehingga zat ini lebih cepat diserap dan digunakan oleh tubuh. Fungsi dari Asam oleat ini baik untuk karena bisa dijadikan nutrisi utama yang sangat penting bagi penderita diabetes, terutama jika dikonsumsi secara teratur.

5. Daun Kelor Sangat Kaya Vitamin A

Daun kecil ini sangat kaya akan berbagai vitamin, vitamin yang sangat tinggi dan terkenal yang terkandung dalam daun kelor adalah vitamin A. Kandungan vitami A yang dimiliki daun kelor lebih besar empat kali lipat dibanding vitamin A yang dimiliki wortel.

Bagi Anda yang menderita penyakit diabetes renopati dimana biasanya mampu menyebabkan kebutaan bisa mengonsumsi daun kelor secara rutin. Selain itu manfaat vitamin A lainnya adalah untuk menguatkan kornea mata dan juga mengurangi inflamasi yang menyebabkan degerasi sel pada mata.

6. Daun Kelor Banyak Mengandung Vitamin C

Penyakit diabetes ini disebabkan karena ganguan hormon insulin, untuk mengembalikan fungsi hormon insulin bisa dibantu dengan asupan vitamin C yang cukup. Memang tidak bisa sepenuhnya bisa mengembalikan sepenuhnya fungsi hormon insulin, namun bisa membantu para penderita diabetes untuk tidak memburuk pada insulinnya.

Kandungan vitamin C pada daun kelor cukup tinggi atau setara dengan 7 kali lipat dari vitamin C yang ada di dalam buah jeruk. Ini tentunya sangat baik untuk organ pankreas yang memproduksi dan mengatur hormon insulin.

7. Daun Kelor Mengandung Asam askorbat

Asam askorbat dimiliki oleh daun kelor, fungsi utama dari Asam askorbat sangat baik untuk membantu proses sekresi hormone insulin yang ada di dalam darah sehingga menjadikan penderita diabetes lebih membaik.

8. Daun Kelor Juga Mengandung Vitamin E

Fungsi dari vitamin E ini juga berperan dalam menyehatkan organ pankreas dan mengoptimalkan produksi hormon inslunin. Tentunya bagi Anda yang tidak menderita penyakit diabetes juga harus melakukan pencegahan supaya tidak terkena penyakit diabetes.

Salah satu cara tindakan preventif yang dapat digunakan adalah dengan mengonsumsi vitamin E tinggi dan ini terkandung dalam daun kelor. Selain itu bagi para penderita diabetes, fungsi dari vitamin E ini juga sangat baik karena bisa membantu membawa hormone insulin menuju membrane sel.

Itulah kandungan gizi dan nutrisi yang ada di miliki oleh daun kelor yang mampu mengatasi penyakit diabetes. Ternyata meskipun daun ini kecil namun kandungan nutrisi di dalamnya sangat besar bahkan melebihi sumber-sumber nutrisi lainnya.

Bagaimana daun kelor mampu mengatasi diabetes?

Minuman Daun Kelor

Minuman Daun Kelor

Fenomena keunikan daun kelor ini menarik sejumlah para peneliti untuk mengetahui apa saja manfaat yang terkandung di dalamnya. Hasil dari berbagai penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa daun kelor mampu mengatasi berbagai gangguan kesehatan seperti masalah pencernaan, gangguan di lambung, usus dan lainnya.

Hal ini karena kandungan antioksidan dalam daun kelor sangat tinggi sehingga mampu melakukan regenerasi sel tubuh lebih cepat dan menjadikan tubuh lebih sehat. Daun kelor juga bisa meminimalisir kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh serta mampu mengatasi masalah tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Beralih ke pembahasan utama yaitu bagaimana cara daun kelor mampu mengatasi penyakit diabetes. Nutrisi-nutrisi dalam daun kelor yang sudah disebutkan diatas sangat bagus untuk mengurangi kadar gula dalam darah. Daun kelor ini adalah sumber produksi insulin alami untuk tubuh.

Daun kelor memiliki sifat anti diabetes, ada kandungan berupa zat seng atau sejenis mineral yang sangat diperlukan dalam produksi insulin. Para peneliti sudah mendapatkan hasil bahwa mereka para penderita diabetes yang mengkonsumsi daun kelor secara rutin akan memiliki kadar gula lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi daun kelor.

Selain itu daun kelor juga bisa dijadikan sebagai insulin alami bagi tubuh yang sangat baik untuk penderita diabetes, daun kelor ini juga sangat-sangat abus untuk pencegahan penyakit diabetes bagis Anda yang tidak menderita penyakit ini. Caranya adalah mengkonsumsi rutin daun kelor bisa dalam bentuk sayur-sayuran, teh atau olahan lainnya secara teratur.

Cara Membuat Ramuan Daun Kelor Segar untuk Mengobati Diabetes

Cara membuat ramuan dari daun kelor ini harus Anda ketahui karena saat ini masih jarang yang menjual ramuan dari daun kelor baik itu dalam bentuk jamu atau tablet. Cara pembuatannya ini mudah dan sederhana serta bisa Anda racik sendiri di rumah.

  • Siapkan 10 -15 gram daun kelor, kurang lebih satugenggaman tangan hasilnya
  • Cucilah daun kelor sampai bersih, perhatikan jangan di remas supaya daun kelor tetap segar
  • Rebuslah daun kelor, kalau bisa menggunakan alat yang terbuat dari gerabah
  • Masukkan bersama dengan 3 air gelas dan tunggu hingga mendidih dan sampai air menyusut tinggal 1 gelas saja.
  • Kemudian setelah itu masukan lagi 3 gelas air dan kemudian tunggu hingga air menyusut hingga 1 gelas air lagi.
  • Setelah matang kemudian angkat dan saring, tunggu sampai hangat dan setelah itu minumlah secara rutin 3 kali sehari masing-masing satu gelas.

Demikian informasi mengenai khasiat daun kelor untuk diabetes, semoga bisa membantu Anda yang saat ini sedang mencari obat herbal dan alami untuk diabetes.

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan GushaironFadli.com. Redaksi berhak menyunting atau menghapus kata-kata yang berbau narsisme, promosi, spam, pelecehan, intimidasi dan kebencian terhadap suatu golongan.

Loading Disqus Comments ...
Loading Facebook Comments ...