10 Makanan Khas Magetan yang Wajib Kamu Coba

Makanan Khas Magetan – Halo sahabat GushaironFadli.com, kali ini aku mau kasih informasi seputar Magetan. Karena Magetan adalah daerah kelahiranku, masak ndak aku promoto di webku hehehe 😀

Kabupaten Magetan adalah kota wilayah kecil yang masuk ekskaresiden Madiun, tepatnya di wilayah timur lereng Gunung Lawu. Di kota kecil ini begitu asri, sejuk indah, tentram dan bebas dari namansatya polusi udara (di wilayah taman kota).

Sayangnya rumahku di pinggiran kab. Magetan yang jauh dari pusat kota, akan tetapi bagiku Magetan tetaplah menyenagkan, tentram dan penuh kenanangan. 😀

Yap, bagi warga Magetan dan sekitarnya, bagi para wisatawan yang datang ke Magetan atau bagi kamu yang sedang perjalanan dan melewati Magetan. Ada informasi menarik seputar kuliner Magetan yang tidak boleh kamu lewatkan. Berikut ini daftar kuliner Magetan yang enak dan populer, beberapa bisa kamu jadikan oleh-oleh.

Daftar Makanan Khas Magetan yang Enak dan Populer

1. Kuliner Bakso Granat Barat, Magetan

Bakso Granat Barat, Magetan

sumber gambar: http://baksogranat2.blogspot.co.id

Bakso Granat adalah bakso yang tidak biasa, karena bakso ini memiliki ukuran yang super jumbo dan hamir memenuhi mangkuk saat disajikan. Mungkin sekarang ini sudah banyak bakso dengan ukuran jumbo.

Akan tetapi seingetku bakso granat adalah yang mengawalinya. Sejak aku masih SMP dulu, sekitar tahun 2008 bakso granat di Barat ini cukup berjaya. Hampir setiap hari lokasi penjualan bakso di kec. Barat, kab. Magetan selalu penuh sesak dan pengunjungnya pun dari berbagai daerah.

Sekarang bakso Granat sudah punya banyak cabang di wilayah Magetan, Madiun dan Sragen. Tentang rasanya pun, silahkan buktikan sendiri sensasinya lebih dahsyat mana bakso Granat dengan Granat asli. hehehe

2. Makanan Khas Magetan, Ayam Panggang Bu Setu Gandu

Ayam Panggang Gandu Magetan

sumber gambar: http://gatotwid.files.wordpress.com

Ayam panggang Bu Setu Gandu, sebutan ini cukup populer oleh masyarakat Magetan. Sebenarnya di Gandu tidak hanya Bu setu saja yang menjual ayam panggang. Banyak juga penjual-penjual lain yang sama seperti di tempat bu Setu, yaitu menyediakan tempat untuk lesehan di dalam rumahnya.

Di desa Gandu, kec. Karangrejo, Magetan ini adalah sentra ayam panggang yang sudah cukup ternama. Hampir setiap hari, lokasi ini selalu ramai dikunjungi. Apalagi waktu bulan puasa, jika tidak memesan tempat terlebih dahulu akan sulit untuk mendapatkan tempat untuk menikmati kuliner ayam panggang Gandu.

Ayam panggang yang disajikan ada ayam kampung asli dan ayam pedaging, disana ada bumbu spesial yang khas dengan cita rasa tersendiri. Nama ayam panggang gandu sangat populer, bahkan banyak para pejabat dan para menteri yang singgah di Magetan untuk menikmati ayam panggang Gandu bersama rombongan.

3. Makanan Khas Magetan, Nasi Pecel

Nasi Pecel Magetan

sumber gambar: https://gatotwid.files.wordpress.com

Ketika kita mendengar kata pecel, pasti yang terbayang pertama kali adalah Madiun. Yap, Madiun memang kota yang khas dengan sambel pecelnya hingga kota Madiun punya julukan kota pecel.

Namun di Magetan, pecel juga menjadi makanan yang sangat khas bagi masyarakat Magetan. Hampir disetiap sudut jalan di Magetan ada yang menjual nasi pecel.

Nasi pecel di Magetan tidak kalah enaknya lho dari Madiun, karena bisa dibilang Magetan dan Madiun memang satu rumpun dan satu wilayah.

Nasi pecel di Magetan ada yang disajikan dengan lauk kerupuk, peyek, tempe goreng, dengan telur dan ada juga yang disajikan dengan udang,  ikan lele atau ayam goreng.

Harga nasi pecel di Magetan masing sangat murah, untuk nasi pecel biasa dengan lauk tempe / kerupuk umumnya dijual seharga 3000 rupiah untuk satu porsinya.

4. Makanan Khas Magetan, Tepo Tahu

Tepo Tahu

sumber gambar: http://negerikuindonesia.com

Tepo adalah makanan tradisional yang ada di Magetan, makanan ini sangat khas dan berbeda dengan daerah lainnya. Tepo ini dibuat dari lontong dengan campuran sayur seperti taoge, sayur bayam, kangkung, kubis dan lainnya.

Tidak ketinggalan, setiap tepo di Magetan selalu ada irisan tahu dan irisan tempenya, oleh karena itu sering kali disebut sebagai tepo tahu. Tepo ada yang dibumbui dengan sayur sambal (jangan sambel dengan santan) ada juga yang dibumbui dengan sambel pecel.

Pelengkapnya adalah ditambah kecap untuk tepo sayur sambal, ditambah dengan kerupuk. Tepo yang ditambah bumbu pecel, sering kali dinamai tepo pecel. Kalau sayurnya di campur biasa disebut tepo campur. Beberapa tepo di Magetan ada juga dikombinasikan dengan kikil sapi.

5. Jajanan Magetan, Sempolan

Sempolan Magetan

sumber gambar: https://instagram.com

Sempolan adalah jajanan yang banyak ditemukan di Magetan, di daerah Gorang-gareng Magetan khususnya. Penjual sempolan akan banyak kamu temukan di warung-warung pinggir jalan di daerah Gorang-gareng, Magetan. Bahkan hampir disetiap desa di sekitar daerah Gorang-gareng ada yang menjual sempolan.

Sempolan ini dibuat dari tepung terigu dan tepung kanji yang dijadikan adonan ditambah dnegan bumbu-bumbu rempah seperti garam dan cabai, dalam adonan tepung bisa juga ditambahakan daging ayam giling.

Setelah digoreng setengah matang, sempolan dicelupkan kedalam kocokan telur kemudian digoreng kembali. Sempolan disajikan seperti sate karena ditusuk pada tusuk bambu. Rasanya kenyal dan enak, lebih nikmat ditambah kecap dan saus lalu dinikmati.

6. Makanan Khas Magetan, Sate Kelinci

Sate Kelinci Magetan

sumber gambar: https://kangbison.wordpress.com

 

Sate kelinci, adalah khas Magetan yang akan banyak kamu jumpai saat berlibur ke tempat wisata di Magetan, seperti di telaga sarangan, di daerah jalan tembus gunung lawu.

Banyak warung-warung dipinggir jalan yang menjual sate kelinci yang disajikan dengan lontong dan bumbu pecel. Rasanya sangat enak, bumbu pecel dikombinasikan dengan kecap.

Selain di tempat-tempat wisata, banyak juga di desa-desa di Magetan yang juga menjual sate kelinci, terkadang si penjual menjualnya dengan gerobak dan dijual berkeliling.

7. Makanan Khas Magetan, Ayam Tulang Lunak Pringgodani

Ayam Tulang Lunak Rumah Makan Pringgodani

sumber gambar: https://tripadvisor.com

Rumah makan pringgodani, rumah makan ini terkenal dengan menunya yang khas yaitu ayam tulang lunak. Ayam ini bisa dimakan bersama dengan tulangnya lho. Dengan racikan yang spesial dan bumbunya begitu nedang.

Rumah makannya sangat asri dan sejuk, berbetuk gazebo dan lesehan untuk menikmati ayam tulang lunak di rumah makan pringgodani. Selain ayam tulang lunak, ada juga menu lainnya seperti ayam penyet, iga bakar, bebek kremes dan berbagai minuman dingin dan panas.

Lokasinya ada di sebelah barat alun-alun Magetan, sekitar 200 meter dari jembatan gandong 2. tepatnya di jln. manggis no. 67 Magetan. Kamu bisa kesana bersama dengan rombongan keluarga.

8. Oleh oleh Khas Magetan, Getuk Lindri

Getuk Lindri Magetan

sumber gambar: http://resepterupdate.com

Di Magetan juga punya jajanan khas yang sangat enak, yaitu getuk. Salah satu produsen getuk yang sangat terkenal di Magetan adalah Getuk Diana.

Seringnya, getuk dijadikan makanan untuk acara-acara hajatan seperti pernikahan, ulang tahun, seminar dan lainnya.

Namun banyak juga, pembeli yang datang langsung di rumah makan produksi getuk Diana karena disana ada tempat untuk melayani pembeli seperti halnya rumah makan. Alamat rumah makan Getuk Diana ada di jl. timor, Magetan.

9. Oleh oleh Khas Magetan Roti Bolu

Roti Bolu Magetan

sumber gambar: https://imsanurdwi.wordpress.com

Roti bolu adalah roti dengan betuk bundar sedikit lonjong, teksturnya empuk dan sangat enak jika dinikmati bersama dengan teh atau kopi.

Roti bolu ini merupakan jajanan khas Magetan, kamu akan banyak menemukannya di tempat-tempat oleh-oleh di Magetan dan juga banyak dijual di warung-warung di kabupaten Magetan.

Saat kamu berkunjung ke Magetan, jangan lewatkan untuk membawa roti bolu ini sebagai oleh-oleh, atau kamu penduduk asli Magetan sepertiku, saat melancong ke luar Magetan, roti bolu sangat pas buat dijadikan bekal.

Selain enak, roti bolu juga mengenyangkan.

10. Jajanan Khas Magetan, Bubur Sumsum

Bubur Sumsum Magetan

sumber gambar: http://masteresep.com

Bubur sumsum warnanya putih lembut dibuat dengan bahan dasar tepung beras, penyajiannya bersama dengan kuah gula merah (aren).

Rasanya hambar jika tanpa gula merah, saat dinikmati bersama dengan gula merah / gula aren dicamur dengan minuman jahe akan lebih nikmat.

Biasanya jenang sumsum / bubur sumsum ini banyak ditemui saat ada hajatan yang dilakukan masyarakat Magetan, seperti pernikahan atau tasyukuran kelahiran bayi.

11. Kuliner Ayam Kukus dan Gurame Manis di Pawon Sewu Magetan

Gurame Manis Pawon Sewu Magetan

sumber gambar: https://id.foursquare.com/

Kuline khas Ayam Kukus dapat kamu nikmati di rumah makan Pawon Sewu yang beralamat di jl. raya sarangan no.25, Sidorejo, Kec. Plaosan, Kab. Magetan. Saat kamu hendak berwisata ke Telaga Sarangan atau ke Mojosemi Forest Park, jika kamu dari arah Maospati pasti akan melewati rumah makan Pawon Sewu.

Kuliner khas nya adalah Ayam kukus, terdapat kuliner ayam kukus bakar rujak, ayam kukus goreng manis / pedas, ayam kukus bakar. selain ayam kukus yang menjadi menu andalan. Kuliner seperti iga bakar, kuliner udang pedas / manis, nila dan gurame juga ada di sini. Minuman yang ditawarkan juga banyak pilihan, dari yang panas hingga yang dingin.

Kamu akan merasakan sensasi wisata kuliner yang berkesan saat berkunjung ke rumah makan Pawon Sewu. Lokasinya cukup luas dan rumah makan ini di bangun diantara ladang persawahan yang hijau dan sejuk. Restoran juga terbuat dari gazebo-gazebo serta rumah bambu.

beberapa bangunan masih asri dari batu bata tanpa di plester, akan tetapi terlihat rapi seperti ornamen dinding yang unik dan tradisional. Selain itu, dihalaman belakang tersedia meja makan yang outdor dengan taman-taman bunga yang indah, serta ditengahnya terdapat kolam ikan yang dimana kamu bisa menikmati nikmatnya ayam kukus serta suasana alami yang disajikan.

Saat kamu berlibur dengan keluarga ke Magetan, pawon sewu adalah destinasi wisata kuliner yang wajib kamu coba.

Resto Pawon Sewu Magetan

sumber gambar: https://nidiang.wordpress.com

Rumah Makan Pawon Sewu Magetan

sumber gambar: https://nidiang.wordpress.com

Tempat Wisata di Magetan yang Terkenal

1. Telaga Sarangan Magetan

2. Mojosemi Forest Park

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan GushaironFadli.com. Redaksi berhak menyunting atau menghapus kata-kata yang berbau narsisme, promosi, spam, pelecehan, intimidasi dan kebencian terhadap suatu golongan.

Loading Disqus Comments ...
  • Add Your Comment