Mengenal Facebook, Semoga Hidupku Lebih Bermanfaat

Facebook untuk hal-hal yang bermanfaat

Image via www.digitaltrends.com

Mengenal Facebook – Facebook mulai banyak digunakan di sekitar tahun 2009. Dengan kehadiran facebook, aku mulai memiliki dua kehidupan, kehidupan nyata dan kehidupan dunia maya. Ketika bersinggungan dengan internet facebook seperti menu wajib yang tidak terpisahkan.

Sampai sekarang ini aku masih menjadikan facebook sebagai sosial media utamaku, yang membedakan antara dulu dan sekarang adalah alay-nya sudah berkurang hehehe.

Aku dan Facebook, Jaman Dulu

Sewaktu SMA, banyak pengalaman menarik antara aku dan facebook. Saat itu facebook cuma aku gunakan untuk sebatas online dan chatting dengan teman-temanku, update status ga jelas dan kepoin akun orang-lain. Yang sedikit bermutu adalah untuk bertukar informasi, menanyakan tugas dan berbagi jawaban pekerjaan rumah hehehe 😀

menambah jaringan di facebook

Image via ahmedbarkhia.co

Aku punya teman sebangku namanya Fandi, dia dulu cukup produktif dalam bersosial media dengan facebook. Waktu itu Fandi sudah mulai menekuni jual beli online menggunakan facebook (Cross Line Shop). Ya sepertinya dulu laku keras, dan cukup menguntungkan. Sayangnya dulu facebooknya kena hack orang yang tidak bertanggung jawab.

Pemikiranku waktu itu belum sejauh Fandi, cari duit lewat facebook. Baru sadar waktu kuliah kalau facebook bisa kita optimalkan buat jualan online dan personal branding.

Kenal Game Facebook, Ninja Saga

Karena seringanya online dengan facebook, banyak perkembangan facebook yang aku temui. Salah satunya adalah fitur game flash. Game flash facebook yang sering aku mainkan adalah Ninja Saga. Misi dari NS cukup beragam, mulai dari misi misi dasar mengalahkan musuh, teka-teki mengingat gambar, dan tebakan-tebakan lainnya.

Yang menyebalkan dari game ini kekuatan kita ditentukan oleh jurus yang kita miliki, dan yang menyenangkan dari game ini adalah teknik pemilihan jurus untuk mengalahkan musuh.

Setiap kali ada event tertentu, selalu saja ada undian yang berhadiahkan item-item menarik seperti senjata, jurus, pakaian, dan pet. Efeknya aku jadi kecanduan karena terus berambisi untuk menjadi kuat. Ini adalah pengalaman yang tidak baik, tidak untuk di tiru.

hal yang tidak bermanfaat pada facebook

Image via www.geek.com

Aku rela di depan laptop berjam-jam untuk memainkan NS, bermalam di sekolah untuk mencari koneksi internet. Cuma gara-gara menyelesaikan misi dan pengen naik level. Selain NS, game flash lain yang aku mainkan adalah Perjuangan Semut. Insha Allah sekarang aku sudah tobat, males bersinggungan dengan game yang menurutku buang-buang waktu. hehehe

Aku dan Facebook Saat Ini

(2016) Saat ini facebook adalah sosial media yang paling popular didunia, serta paling banyak digunakan. Tentunya dengan pengguna sebanyak itu informasi dengan cepat akan tersebar dan di ketahui banyak orang.

Dari banyaknya pengguna facebook, banyak yang menggunakannya untuk menambah jaringan perkenalan, berbagi informasi yang bermanfaat, forum diskusi dan silaturahmi online, buat jualan online hingga untuk melakukan provokasi, menfitnah dan menebar kerusuhan.

Facebook bisa menjadi sesuatu yang sangat bermanfaat begitu pula sebaliknya.

Mulai Kritis Dengan Facebook

Menurut pengalaman pribadi sebagai pengguna facebook, aku banyak menemui informasi yang tidak sehat, tidak valid sumber berita sebenarnya. Ketika berita nampak menarik, banyak orang-orang yang asal share informasi tersebut tanpa mengetahui kejelasan informasinya lebih dulu.

manfaat facebook

Image via socioboard.org

Menurutku ini adalah aktivitas yang sangat merusak dan fatal, sebab itu kadang banyak sekali teman facebook yang tidak aku kenali aku unfollow / lebih kejamnya aku block. Karena kita harus menjaga fikiran kita tetap positif tidak terbawa informasi-informasi yang tidak sehat dan memancing keributan.

Informasi yang secepat ini harus menjadi perhatian yang amat serius untuk kita semua. Karena infromasi yang belum tentu akurat dan tidak baik akan berdampak luar biasa terhadap pemikiran kita, karakter kita dan yang paling penting adalah karakter generasi yang akan datang.

Dari beberapa hal yang negatif tentang facebook, Bahkan facebook juga ada yang menggunakannya untuk penipuan, penculikan, dan transaksi hal-hal yang bertentangan dengan hukum, norma serta agama.

Cakap Dengan Media Sosial Facebook

Sepertinya aku juga belum mengoptimalkan facebook dengan baik, terkadang juga masih khilaf. Aku mencoba untuk terus dan berusaha menggunakan facebook dengan sebaik-baiknya. Berberapa tips dari aku pribadi, antara lain :

  • Buka facebook seperlunya saja, jika tidak ada hal yang benar benar penting. Aktifkan kebiasan berinteraksi secara langsung tanpa melalui online.
  • Menjalin relasi yang baik dalam dan luar negeri, memperhatikan mencari tahu dan melihat reputasi orang dari dunia online
  • Mengunakan facebook untuk berbagi hal-hal yang bermanfaat seperti berdakwah dan berbagi motivasi yang menginspirasi
  • Hati-hati dengan malware, jika kita menemui malware (biasanya auto tag informasi ga sehat) langkah yang perlu kita ambil adalah melaporkan kepada facebook.
  • Ada akun yang suka spamming aku unfollow, yang sengaja nge-share konten porno dan tebar pesona aku block
  • Tidak asal share informasi yang bersebaran di facebook, kita wajib meneliti dulu apa isi dari informasi tersebut
  • Ketika aku share informasi, yang tujuannya untuk aku sendiri. Aku menyimpannya dalam group yang hanya akun yang aku kelola saja anggotanya
  • Untuk branding diri dengan berbagi hal-hal yang positif
  • Menambah visitor blog pribadi 😀
  • Untuk berjualan produk yang bermanfaat buat nambah uang saku 😀
manfaat facebook untuk jualan

Image via www.netimperative.com

Beberapa tips di atas aku sendiri yang menjalaninya, semoga juga bisa bermanfaat untuk kamu yang mempraktekkannya. Jika ada masukan, silahkan ditambahkan di komentar ya. Semoga kita bisa membawa kebaikan melalui facebook 🙂

 

  • Add Your Comment