Menjadi Instruktur ITC Untuk Seribu Lebih Calon Mahasiswa Baru

Stadium General. Dokumentasi ITC 2014

Stadium General. Dokumentasi ITC 2014

Menjadi instruktur adalah sesuatu yang tidak biasa dalam kehidupanku. Seperti yang aku alami, aku pernah menjadi seorang instruktur untuk 1000 lebih calon mahasiswa baru di kampus tempatku kuliah. Pengalaman ini adalah awal mula yang membuatku mengalami perubahan besar semasa di lingkungan kampus.

Semua bermula dari ITC

Setiap tahun usai pendaftran mahasiswa baru, ada kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh AMCC (Amikom Computer Club) salah satu UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang bekerja sama secara langsung dengan lembaga kampus di STMIK Amikom. Kegiatan itu bernama ITC (Introduction To Computer)

Sewaktu masih calon mahasiswa baru dulu, aku juga mengikuti kegiatan ITC sesuai tahun masukku yaitu ITC 2012, sebagai peserta. Kegiatan ini adalah workshop dasar keilmuan IT yang bertujuan untuk memberikan pandangan mengenai bidang keilmuan yang akan dijalani oleh calon mahasiswa-mahasiswi di STMIK Amikom.

Kegiatannya sangat menarik, bermanfaat dan menyenangkan. Sewaktu dulu, materi yang dikenalkan kepada peserta ITC dibagi menjadi 4 bidang diantaranya desain grafis, pemrograman, sistem operasi, dan hardware. Semua materi dasar ini disampaikan dalam satu hari penuh.

Yang menjadi pemateri adalah mahasiswa yang sudah senior. Aku terinspirasi senior yang menjadi instruktur, tampak ada yang gugup, ada yang sok cool, ada yang ngelawak. Bisa di mengerti mereka juga masih belajar 😀

Mendaftar Sebagai Intruktur ITC 2013

peserta itc amikom 2014

Dokumentasi ITC Amikom

Saat aku sudah resmi menjadi mahasiswa di Amikom dan melewati semester satu, menyusul semester dua dibuka pendaftaran untuk calon instruktur di ITC tahun 2013. Sebagai pencarian pengalaman, biar aku tidak cuma jadi mahasiswa yang biasa saja. hehehe Karena sejak awal kuliah sudah aku niatkan aku ingin aktif dikampus.

Yap, kembali lagi.. Sebelum mendaftar menjadi instruktur aku sudah mempunyai pandangan ingin masuk divisi mana yang akan kupilih. Sebelumnya sudah pernah mengikuti sebagai peserta, dan sudah punya gambaran tentang apa yang akan aku sampaikan jika aku menjadi pemateri.

Saat itu informasi pendaftaran ITC selalu aku pantau, pendaftaran ITC memang dibuka jauh-jauh hari dari acara resmi untuk workshop dimulai. Sekitar 6 bulan lebih awal sebelum tahun ajaran baru pendaftran mahasiswa baru. (waktu itu aku menuju semester 3 tahun ajaran (2013/2014)

Sekitar bulan maret tahun 2013, pendaftaran calon instruktur ITC 2013 resmi dibuka. Aku mendaftar memilih divisi sistem operasi, alasannya karena materi pada divisi ini sedikit ngerti karena sebelumnya aku memang suka melakukan instalasi sistem operasi.

Saat pendaftaran, aku bertemu lagi dengan seniorku dulu yang juga instruktur sistem operasi di ITC 2012, mas Singgih namanya, dia mendaftar lagi sebagai instruktur itc 2013. Kami banyak mengobrol dan Singgih memberiku semangat supaya bisa lolos dan nantinya mengajar bareng dia di ITC 2013.

Ada 4 divisi untuk ITC 2013, sistem operasi, hardware, pemrograman web dan desain grafis. Setiap tahunnya divisi yang ditentukan UKM AMCC berbeda-beda, tergantung persetujuan kampus.

Giliranku Yang Menjadi Instruktur

tim divisi sistem operasi itc amikom 2013

Singgih, Rizqon, Gushairon, Titis (Dokumentasi ITC 2013)

Setelah mendaftar ada 2 tahap seleksi untuk menjadi instruktur. Tahap pertama adalah tes tertulis materi seputar linux dan jaringan komputer, seleksi tahap kedua adalah interview.

Aku lihat ternyata yang mendaftar cukup banyak. Divisi sistem operasi ada 20 lebih pendaftar dan yang diterima hanya 4 orang dari tiap divisi. Ujian tulis aku jalani dan saat itu adalah hal yang menyenangkan sekali hehehe, dari sekitar 20 orang yang mendaftar hanya setengahnya saja yang datang.

Yang lolos tahap berikutnya ada 8 orang untuk seleksi interview, syukur aku termasuk 8 orang yang lolos seleksi tertulis (peringkat no 2 dari bawah). Tes interview tidak akan aku sia-siakan. Aku persiapan, dandan rapi dan menjalani tes interview. Sehari kemudian informasi pengumuman siapa yang diterima diumumkan, dag dig dug menantikan pengumuman kelulusan.
Kabar gembira aku dapat, aku mendapat giliran untuk jadi intruktur divisi sistem operasi di ITC 2013. Singgih seniorku juga diterima, akhirnya kami satu tim. Dua orang lainnya adalah mas Rizqon dan mas Titis. Ketiganya adalah seniorku karena sudah semester empat, aku baru semester dua.

Persiapan Menuju Workshop

Setelah diterima menjadi instruktur, banyak agenda yang harus kami para instruktur jalani. Mulai dari pengaturan jadwal, mempersiapkan materi, simulasi latihan mengajar, dan rapat setiap minggunya sampai datang hari H workshop dimulai.

Semua yang diterima menjadi instruktur tidak hanya jadi pemateri saat hari H saja, kami juga menjadi panitia untuk pendaftaran, sosialisasi, persiapan sebelum acara inti dimulai.

Hal Yang Menyebalkan, Tapi Kurindukan

ngopi menikmati suasana jogja

Image via pexels.com

Banyak pengalaman menarik yang aku alami, selama belajar, selama prosesi persiapan. Setiap tim harus mempunyai satu orang koordinator, karena aku paling junior ditunjuklah aku oleh teman-teman setimku untuk jadi koordinator.
Saat rapat, bukannya aku yang mengendalikan situasi malah aku selalu diajari. Semua ideku, intruksiku selalu menjadi bahan candaan. Tapi tidak apa, aku mencoba mengerti karena aku tahu sebenarnya teman-temanku adalah orang yang baik.

Aku paham maksud seniorku, mas Singgih dia itu keren sekali menurutku. Singgih banyak memberiku edukasi kepadaku meskipun kadang cara yang dia gunakan tidak aku sukai. Tujuan dari para seniorku adalah mendidiku, sekarang aku rasakan hasilnya.

Saat itu kami sering rapat dan ngopi bareng, yang seru adalah saat-saat seperti itu. Obrolan kami tidak hanya tentang materi ITC saja, seringnya malah berbincang ria membahas banyak hal yang seru dan menarik.

Belajar Mengajar dan Hal Yang Paling Menenggangkan

belajar mengajar dan microteaching

Image via www.logitrain.com.au

Materi dari divisi sistem operasi adalah pengenalan linux dasar, networking dasar, dan security dasar. Waktu itu kami menggunakan distribusi linux Amigos (Amikom Go Open Source), linux lokal yang dikembangakn oleh pegiat Open Source Amikom. Mas Kokon dan mas Singgih adalah salah satu pengembang linux tersebut.

Setiap minggunya kami ada dua pertemuan rutin. Pertemuan pertama adalah pertemuan semua panitia dan instruktur. Pertemuan kedua khusus untuk tim divisi masing-masing, biasanya kami gunakan untuk berlatih, saling koreksi dan melatih mental.

Setiap 3 minggu sekali, ada microteaching yang diadakan oleh panitia manajemen. Semua tim diuji langsung oleh dosen dan senior-senior alumni yang sudah bepengalaman.

Aku adalah pemula, tidak begitu menguasai materi dan jarang bebicara didepan. Pada saat diuji, gugup tidak bisa aku dihindari. Ya kritikan, ada yang kalem tapi nusuk, ada yang keras dan memberi semangat, tapi tidak apa-apa aku bisa memposisikan diri. Masukan tersebut tujuannya adalah untuk membangun.

Hari H, Mejalankan Tugas Sebagai Instruktur

rizqon sadida itc amikom 2013

Riqon Sadida. Dokumentasi ITC Amikom 2013

Permulaan bulan agustus, acara inti dimulai. Dari total pendaftar yang kami terima kurang lebih ada sekitar 1200 peserta, panitia membaginya menjadi 6 gelombang. Acara ITC dilaksanakan di lab praktikum kampus Amikom Yogyakarta dari pagi sampai sore hari secara bergilir.

Hari pertama untuk acara ITC cukup berkesan, hari dimana aku mulai menjadi instruktur bersama teman-temaku. Canggung ? itu sudah pasti. Hari-hari berikutnya canggungku masih juga sering kambuh lagi, tapi aku sebisa mungkin menyeseuaikan diri.

Pengalaman Saat Hari H dan Kesanku

Pengalaman kami, timku pernah keteteran dalam menjalankan workshop, setelah teori adalah materi praktik. Dari banyaknya peserta, banyak yang ketinggalan materi dan pada tanya satu persatu. Pada saat-saat seperti ini kerjasama tim sangat diperlukan.

Dari semua peserta, ada beberapa yang memang masih belum tahu apa-apa tentang komputer, ada yang standar dan ada juga yang sudah level advance tampak terlihat. Aku pribadi masih dalam level standar, banyak hal yang belum aku ketahui.

Aku harus bisa menyesuaikan diri terhadap yang masuk kategori advance, dan standar dan belum tahu sama sekali. Ketika ada sebuah kesulitan, yang sudah pintar aku mintai tolong buat membantu temannya yang belum bisa.

Untuk evaluasi sebelum masuk materi, kita harus menyiapkan semua materi, dan mengetahui kapasitas peserta yang akan kita ajak belajar bersama tentang materi yang akan dipelajari. Kita juga harus memperhatikan peralatan-peralatan penunjang belajar seperti komputer, internet dan proyektor, selain itu situsasi tempat belajar harus kita kuasai.

peserta itc amikom 2014 di lab 7

Dokumentasi ITC Amikom 2014 – Lab 7

Kesanku adalah mengajar itu ternyata menyenangkan sekali, dulunya waktu SMA aku tidak suka menjadi guru atau pengajar, dalam bayanganku ketika itu guru pasti pusing sekali mengahadapi anak-anak yang bandel, kurang lebih seperti aku.

Ternyata setelah aku melewati ITC, aku merasakan adanya panggilan dalam jiwaku, ternyata mengajar itu menyenangkan, kita bisa belajar juga, mengasah kemampuan untuk keilmuan yang bersangkutan, sebagai pengembangan diri, dan berbagi hal yang manfaat. Dan kita bisa belajar banyak hal dari mengajar, seperti kesabaran dan memahami orang lain.

Dan yang paling penting dalam menjadi seorang pengajar, kita juga berperan sebagai pendidik. Selain ilmu dari pelajaran yang bisa kita sampaikan, kita bisa memberikan pelajaran mengenai attitude, dan pola pikir yang baik.

foto itc 2014

Dokumentasi ITC Amikom 2014

Benefit..

Sudah pasti benefit yang aku dapat adalah pengalaman yang sangat berharga, kenalan baru, kemudian ada reward berupa sertifikat sebagai instruktur, uang saku, dan jaket. Alhamdulillah 😀

Penutup.

Cerita diatas berdasarkan pengalamanku pribadi saat menjadi instruktur ITC 2013. Untuk ITC di tahun 2014, aku mendaftar lagi karena masih ada kesempatan untuk menjadi instruktur kembali, batas maksimal calon intruktur adalah semester 5.

Alhamdulillah keterima lagi di divisi yang sama, kali ini nama divisnya berubah menjadi divisi software, materi lebih ringan yaitu dual boot linux dan windows.

Tim kami masih sama ada 4 orang, aku menjadi senior bersama teman seangkatanku bernama Upik, dua adik kelasku Zayyanar Ridho, dan Tirta Aditya. Alhamdulillah kami menjadi tim yang solid dan menyenangkan. Rasanya perbedaanku saat ITC 2014 jauh lebih baik dari pada saat ITC 2013.

Sekian dulu ya, semoga pengalamanku ini ada hikmah yang bisa dipetik khusunya buat aku pribadi dan kamu yang sudah membaca tulisanku. Arigatou 🙂

 

Dokumentasi Foto-foto Pribadi

Stadium General. Dokumentasi ITC 2014

Stadium General. Dokumentasi ITC 2014

 

tim divisi sistem operasi itc amikom 2013

Singgih, Rizqon, Gushairon, Titis (Dokumentasi ITC 2013)

handsome people

Aku di ITC 2013

handsome people

Aku di ITC 2014

fadli @itc amikom 2014

Dokumentasi ITC 2014

Yana dan Upik, ITC 2014

Yana dan Upik, ITC 2014

suasana di kelas itc amikom 2014

Suasana Kelas Lab 7 Amikom. Dokumentasi ITC 2014

materi itc amikom 2014

Laptopku. Dokumentasi ITC 2014

super tim divisi software itc amikom 2014

Tim Super Baru ITC 2014 (Tirta, Upik, Gushairon, Zayyana)

super tim itc amikom 2014

All Family ITC 2014

  • Add Your Comment