Fadli Seorang blogger, muslim dan pengusaha muda.

WordPress Self Hosting, Platform Terbaik untuk Bisnis Online

3 min read

Cara Membuat Web dengan Wordpress
Cara Membuat Web dengan WordPress
https://www.seosatu.com/

WordPress – Bersyukurlah jika kamu lahir dan hidup pada masa sekarang ini, dimana teknologi sedang berkembang sangat pesat sekali. Perkembangan teknologi ini sangat sangat memudahkan pekerjaan manusia, termasuk dalam hal bisnis. Yap… bisnis online.

Jumlah pebisnis yang merambah dunia online, atau pebisnis yang sedari awal memuali bisnis dari dunia online hampir tidak bisa dihitung jari. Jumlahnya luar biasa, tersebar di seluruh wilayah, bahkan sampai ke daerah pelosok. Fleksibilitas, efisiensi, dan simpel menjadi alasan utama mengapa bisnis online semakin populer.

Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS) mengatakan bahwa dalam sepuluh tahun terakhir, industri e-commerce indonesia tumbuh sebanyak tujuh belas persen dengan total usaha sebanyak 26,2 juta unit.

Sedangkan menurut riset global dari Bloomberg, pada 2020 diperkirakan lebih dari separuh penduduk Indonesia akan terlibat dalam aktivitas e-commerce. Hal ini ditunjukan dengan munculnya berbagai macam layanan marketplace di indonesia.

Tapi…., perlu diketahui dan dipahami bersama bahwa menjalankan bisnis online bukanlah hal yang mudah. Perlu ada persiapan dan kesiapan. Tools misalnya.

Sesuai dengan namanya, bisnis online tentu memerlukan berbagai macam perangkat agar kita dapat mengakses dunia Online, sebut saja Internet, internet adalah bahan bakar pokok yang wajib kita miliki agar kita dapat melakukan surfing atau berselancar dan berhubungan dengan orang lain di dunia maya tersebut.

Bahan bakar kedua, setelah internet adalah media untuk memajang barang (display product) dan jasa (portfolio) yang kita tawarkan. Sebut saja Website.

Sejak muncul pertama kali muncul, website telah dilabeli sebagai media informasi, promosi yang murah dan dapat diakses kapan saja. Sehingga sekarang banyak orang yang menggunakan website sebagai salah satu media berbisnis, dan menurut saya itu adalah langkah yang tepat.

Ya murah dan Awet dibandingkan media promosi konvensional.

Lalu Apa hubungannya dengan WordPress?

WordPress adalah salah Content Management System (CMS) untuk membuat website yang saaaaaangat powerfuull. Bagaimana tidak. Dengan CMS ini kita bisa membuat Blog, Web Company, Web Katalog, Toko Online, dan Forum.

Secara Umum jenis web yang digunakan saat bisnis Online adalah toko online dan web katalog. Saya rasa untuk gambaran toko online sudah sangatlah jelas, kurang lebih seperti tokopedia, lazada, zalora dll.

Lalu contoh web katalog, kurang lebih seperti: souvenirmagetan.com.

Yap. web katalog hanya bertujuan untuk menunjukan gambar produk, contoh dan tak jarang ada harga namun untuk masalah jual beli tidak direkam dalam website.

Kenapa WordPress ?

WordPress bisa menjadi powerfull karena didukung oleh ribuan developer di dunia (Indonesia pun iku andil di dalamnya) dan berbagai macam plugin untuk menambah fitur dan performa WordPress itu sendiri.

Berikut jenis plugin yang wajib terinstall di website kita :

1. Plugin Keamanan

Sebagai pengguna website kita pasti dekat dengan berbagai acaman seperti halnya Hacking, maka penggunaan plugin kemanan sangatlah penting. Nah salah satu plugin kemanan yang cukup terkenal adalah Sucuri Security yang bisa kalian unduh dan install secara gratis melalui Menu Plugins wordpress.

2. Plugin Analytics

sebagai seorang pebisnis, kebutuhan data tentang siapa, kapan, darimana, melalui apa website kita diakses tidak bisa dipungkiri. Sebab dengan data-data tersebut kita bisa lebih leluasa mengarahkan bisnis yang sedang kita jalankan.
Plugin Analytic yang popular adalah Google Analytics Dashboard untuk WP, Jetpack.

3. plugin SEO

keinginan untuk ditemukkannya website kita di laman google adalah hal wajar bagi setiap pebisnis online. Oleh karenanya plugin SEO sangat dibutuhkan untuk membantu Optimasi situs terhadap Search Engine seperti Google.
Plugin yang terkenal adalah Yoast dan All in One SEO.

4. Plugin Toko Online

nah bagi yang ingin membangun toko online dengan wordpress kalian bisa menggunakan plugin toko online. Tinggal sedikit setting situs wordpress bisa langsung jadi toko online.
Plugin yang terkenal adalah Woocommerce.

5. Plugin Page Builder

Terkadang untuk meningkatkan penjualan kita harus membuat halaman khusus untuk menawarkan promo-promo atau tawaran khusus lainnya. Dengan Plugin Page Builder ini kita dibebaskan untuk membuat halaman khusus cukup dengan Drag & Drop, dan nyari zero koding.

  • Plugin yang terkenal Visual Composer & Elementor.

Selain plugin, WordPress juga menyediakan theme (sebutan template di wordpress) yang banyak dan graatis untuk kita gunakan.

Tak hanya itu. WordPress pun menyediakan dokumentasi atau catatan codex.wordpress.com untuk kamu yang pingin menjadi developer wordpress.

Kesulitan dalam belajar menjadi developer wordpress karena berbahasa Inggris? Jangan khawatir kunjungi situs yang dikembangkan oleh sahabat saya mas Wakhid Wicaksono di Onphpid.com, penyajian kontennya disampaikan secara runtut dan apik sehingga mudah dipahami, tentunya dengan bahasa Indonesia

Onphpid.com itu mengulas bagaimana mempelajari struktur website wordpress mulai dari core hingga pembutaan templatenya sederhananya, saya juga banyak beljaar tentang wordpress di website tersebut. Jadi buat kamu yang ingin belajar WordPress kamu bisa baca artikel pada menu cara membuat theme wordpress di web tersebut.

Cara Membuat Online Shop dengan WordPress

Kita sudah mengenal tentang Apa itu WordPress dan disini kita menjadikan WordPress sebagai website online shop melalui tahap-tahap berikut :

Persiapan Meng-online-kan Web WordPress

Tidak seperti blog wordpress.com, CMS wordpress (wordpress.org) memerlukan hosting dan domain mandiri agar dapat diakses melalui internet. Jadi kita perlu mempersiapkan bahan-bahan berikut :
+ Membeli Domain dan Hosting
+ ‎Install WordPress di Hosting

Membeli domain dan Hosting

Untuk mendapatkan domain dan hosting kalian bisa search di google dengan kata kunci “jasa domain hosting murah”. Kemudian ikuti petunjuk disana, kalau bingung bisa kontak mbak CS nya.. insyalloh fast respond hehehe.

Jika kamu pertama kali membeli domain dan hosting, saya sarankan untuk membeli disatu provider demi kemudahan praktek mengonlinekan wordpress

Install WordPress di Hosting dengan Softaculous.

Setelah mendapatkan domain, langkah berikutnya adalah meng install wordpress di hosting. Di bagian ini kita akan meng install WordPress dengan Softaculous, Softaculous adalah aplikasi installator yang memudahkan kita untuk menginstall berbagai CMS dalam kasus ini adalah WordPress.

Login ke Cpanel

Setelah kalian membeli domain dan hosting, kalian pasti diberikan alamat login, username dan password dari Sang Provider. Gunakan itu untuk mengakses Cpanel.

Secara Umum untuk mengakses cpanel bisa dilakukan dengan membuka namadomainmu.com/cpanel

Kemudian masukan username dan password mu.

Cari Aplikasi Softaculous. Buka dan ikuti step berikut :

Dan yaay… wordpress sudah terinstall

Untuk Login ke situs kamu bisa akses namadomain.com/wp-admin

Kemudian masukan user dan password yang kamu masukan pada saat di softaculous.

Sampai disini kamu bisa menginstall Plugin-plugin wordpress di atas dan mengoptimalisasi wordpress kamu untuk bisnis online.

Pertama install Plugin Woocommerce

Ikuti step berikut :

Setelah plugin woocommerce

Download dan Install Theme StoreFront dari woothemes

Yay.. them Store Front selesai di install..

Dan akhirnya, website toko online dengan platform wordpress mudah sudah jadi. Selain untuk toko online platform wordpress juga banyak digunakan untuk web prefesional seperti company profile, juga banyak di pakai para bloger sebagai personal blog, website informasi umum dan literasi.

Contoh web literasi dan referensi pekerjaan dengan platform wordpress selfhost contohnya seperti web teman saya bunehaba.com, dan bataswaktu.com

Baik. Semoga bermanfaat jika ada pertanyaan terkait wordpress, silahkan kirim ke email saya [email protected].

Sekian dan Terima kasih.

1
Fadli Seorang blogger, muslim dan pengusaha muda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *