Inilah Proses Pembuatan Tepung Daun Kelor yang Kita Tahu Kaya akan Manfaat

Serbuk Daun Kelor

Ketika kamu akan membuat makanan, makan yang pertama yang perlu kamu siapkan adalah bahan baku pembuatan makanan tersebut. Seperti misalnya, kamu ingin membuat bubur, yang perlu kamu siapkan adalah beras untuk dimasak menjadi bubur.

Bila kamu ingin membuat kue, donat, kuker dan lainnya, maka kamu memerlukan tepung untuk bahan bakunya, seperti tepung terigu.

Sebenarnya untuk tepung ini banyak sekali macamnya, ada tepung beras, tepung, singkong, jangung hingga tepung nabati dari daun-daunan seperti daun kelor.

Tepung memang olahan dari bahan baku nabati yang telah dihaluskan seperti bubuk, dan tepung ini dapat diolah menjadi berbagai olahan makanan serta minuman.

Setiap jenis tepung memiliki keugunaan tersendiri sesuai bahan baku aslinya, ada pula tepung yang diolah menjadi pakan ternak seperti tepung sisa limbah pembuatan tahu maupun tulang ikan laut.

Disini akan dibahas lebih jauh tentang tepung daun kelor, tepung daun kelor ini adalah tepung yang sehat dan bisa diolah menjadi berbagai olahan makanan seperti kue, kuker, donat yang tentunya menyehatkan.

Bukan hanya untuk industri rumahan saja, kini telah banyak pabrik dan insutri besar yang mengolah tepung daun kelor untuk diproduksi partai besar, juga diolah sendiri dari pabrik itu menjadi makanan yang bergizi semisal roti.

Selain itu, kamu juga akan mengetahui proses pembuatan tepung daun kelor yang yang baik dan benar. Bagi kamu yang ingin membuatnya sendiri dirumah cara ini bisa kamu lakukan.

Pertama kamu harus menyiapkan dulu bahan baku utamanya, yakni daun kelor kering yang siap untuk digiling menjadi tepung.

Pembuatan Tepung Daun Kelor

Tepung Daun Kelor

Tepung / serbuk daun kelor yang baik dan sehat tentunya tidak melalui proses yang mudah hingga menjadi serbuk yang berkualitas dan higenis. Tentunya sejak awal pemanenan daun kelor haruslah dipilih dari daun-daun pilihan yang sehat.

Dalam proses pengeringannya pun juga tidak boleh sembarangan, perlu metode dan tempat khsusus untuk pengeringan daunnya karena jika semerta-merta dikeringkan akan merusak daunnya itu sendiri dan menghilangkan kandungan nutrisi didalamnya.

Proses tersebut berawal dari budidaya tanaman Kelor, perlakuan panen dan pengolahan daun, sampai pada pengemasan produk yang higienis. Baiklah, beginilah proses panjang pengolahan tepung daun kelor dari awal yang baik dan benar.

Mulai dari Pembudidayaan Tanaman Kelor Secara Organik

Bibit Pohon Kelor

Serbuk daun kelor berkualitas berasal dari daun tanaman kelor yang dibudidayakan tanpa menggunakan bahan-bahan kimia, baik itu pupuk maupun obat-obatan pembasmi hama penyakit.

Budidaya organik ini menjamin residu kimia yang berada jauh dibawah ambang batas dalam hasil panen daunnya. Daun Kelor segar dipanen dalam masa yang tepat, yakni disaat kandungan di dalam daunnya berada dalam kondisi optimum. Daun segar dipanen dengan tangkai daun untuk kebaikan dalam proses pengolahan nantinya.

Pemanenan dan Pengolahan Daun Kelor

Pertama, pemanenan daun bisa dilakukan pada tanaman kelor yang sudah berusia minimal 3 tahun dan dipilih daun yang sehat berwarna hijau tua tanpa cacat. Waktu pemanenan dipilih pada waktu pagi hari, diwaktu pagi nutrisi yang terkandung di dalam daun kelor masih sangat sempurna.

Dalam pengolahannya, ada banyak metode pengolahan daun kelor untuk dibuat serbuk daun kelor. Metode pengolahan yang berbeda akan menghasilkan kandungan nutrisi produk akhir yang berbeda pula. Bahkan, pengolahan yang salah dapat menghilangkan seluruh nilai nutrisi penting yang dikandung daun kelor.

Disadari bahwa tujuan utama masyarakat mau mengkonsumsi serbuk dun kelor adalah berharap mendapat manfaat dari asupan nilai nutrisi luar biasa yang dikandungnya. Oleh karena itu, dalam proses awal pengolahan dan pembuatan serbuk daun kelor tahap akhir harus benar-benar diperhatikan agar kandungan nutrisi daun kelor tetap terjaga.

Cara mengolah daun kelor yang benar mulai dari panen yang baik dan benar dalah sebagai berikut ini :

A. Pengolahan Daun Segar menjadi Daun Kering

  1. Pemanenan Daun Segar

Proses pemanenan dilakukan pagi hari, dipilih daun segar berwarna hijau tua tanpa cacat dari tanaman yang berumur lebih dari 3 tahun.

  1. Transportasi Daun Segar

Segera setelah dipetik, daun Kelor dikirim ke penampungan dengan netbag dan tidak dibiarkan menumpuk untuk menghindari kerusakan karena panas. Daun Kelor bila dibiarkan menumpuk tinggi dan lama, akan menimbulkan panas yang dapat merusak fisik daun dan kandungan nutrisinya.

  1. Pencucian dan Penampungan

Daun segar yang sampai di unit pengolahan, masuk ke dalam bak pencucian untuk menghilangkan kotoran, debu dan bagian tanaman lainnya. Daun Kelor yang sudah bersih kemudian disimpan dalam rak penampungan.

  1. Sortasi Daun Kelor

Daun Kelor segar dan bersih, dipisahkan dari ranting dan tangkainya, serta diseleksi, daun yang kuning, berbintik putih, masih muda atau rusak dipisahkan dan dibuang.

  1. Penirisan Daun Kelor

Daun Kelor segar hasil sortasi ditiriskan di rak penirisan agar air yang masih menempel pada daun dapat benar-benar hilang, sehingga ketika masuk ruang pengeringan tidak ada air yang turut terbawa.

  1. Pengeringan Daun Kelor

Pengeringan dilakukan di dalam ruang pengeringan tertutup dengan suhu dipertahankan stabil antara 30 – 35 0C selama 2 hari sampai benar-benar kering atau kadar air 5 %. Daun Kelor dihamparkan dalam rak-rak khusus dengan ketebalan tidak lebih dari 2 cm.

Selama proses pengeringan, daun Kelor dibolak-balik agar dapat kering merata. Pada proses ini pun dilakukan sortasi untuk memisahkan tangkai daun yang masih terbawa. Proses pengeringan ini merupakan proses yang sangat vital dalam seluruh rangkaian proses pengolahan daun Kelor.

Bila salah dalam memproses, maka daun Kelor akan menjadi kuning kecoklatan dan bahkan tumbuh jamur, sebagai akibat dari pengeringan yang terlalu lama, kelembaban yang tinggi karena aliran udara yang buruk atau suhu ruangan rendah.

  1. Penyimpanan Daun Kelor Kering

Daun Kelor kering yang baik berwarna hijau, benar-benar kering (bila diremas akan hancur atau kadar air 5 %) dan tanpa tangkai daun.

Daun kelor kering yang masuk dalam kategori tersebut, kemudian disimpan dalam kontainer palstik foodgrade yang tertutup rapat dan terjaga dari udara masuk. Stok daun Kelor kering ini disimpan untuk digunakan dalam proses selanjutnya, yaitu proses pengemasan Teh Hijau Daun Kelor dan Penepungan.

B. Pengolahan Daun Kering menjadi Tepung Daun

Daun Kelor Kering Organik

  1. Pengamatan Stok Daun Kelor Kering

Daun Kelor kering dalam stock diamati apa terdapat perubahan pada warna daun, tingkat kekeringan dan bentuk penurunan kualitas lainnya.

  1. Penepungan Daun Kelor Kering

Daun Kelor kering dihaluskan dengan menggunakan mesin penepung stainless steel. Penepungan dilakukan sebanyak 3 kali untuk menjamin hasil serbuk daun yang halus dan memudahkan dalam pengayakan.

  1. Pengayakan dan Pengemasan

Serbuk Daun Kelor Premium disaring dengan ayakan stainless steel untuk menghasilkan serbuk daun dengan tingkat kehalusan diatas 80 mesh dan memisahkan butiran yang masih kasar.

Serbuk yang lolos saringan, kemudian dikemas dalam kemasan alumunium foil laminasi ketebalan 125 mikron untuk didistribusikan atau disimpan sebagai stock. Saat ini kemasan penjulan yang umum berisi 250 gram, 500 gram, 1.000 gram, 2,5 kg dan 5 kg.

C. Pengolahan Daun Kering menjadi Teh Hijau Daun Kelor

  1. Pengamatan Stok Daun Kelor Kering

Daun Kelor kering dalam stok diamati apa terdapat perubahan pada warna daun, tingkat kekeringan dan bentuk penurunan kualitas lainnya.

  1. Sortasi dan Pengemasan Teh Daun Kelor

Daun Kelor kering dipilih untuk keseragaman ukuran dan kualitas penampakan fisik Teh Daun Kelor. Kemudian dikemas dalam kemasan alumunium foil laminasi dengan ketebalan 80 mikron. Berat kemasan sesuai pesanan.

D. Proses Pembuatan Produk Lainnya

Teh Daun Kelor Kering Organik

Produk lainnya berbahan dari sebuk daun kelor ialah seperti kapsul daun kelor yang kini menjadi alternatif konsumsi serbuk daun kelor, dengan begitu dosis nutrsi daun kelor bis dengan mudah disesuaikan.

Bisanya kapsul daun kelor sudah diproduksi oleh perusahaan herbal yang bekerjasama dengan para petani daun kelor. Kapsul srbuk daun kelor di produksi oleh perusahaan yang memiliki alat dan peralatan produksi yang lebih baik dan efesien

Pada proses kerjasama produksi ini, dengan mengirimkan bahan baku berupa serbuk daun kelor dan daun kelor kering pilihan untuk bahan baku seperti teh.

Proses pengolahan daun kelor yang dilakukan, menjamin mutu produk tetap segar dengan daya simpan lebih yang lama dan mempertahankan nilai nutrisi berupa kandungan protein, vitamin, mineral, antioksidan, anti-inflamasi dan asam amino lengkap yang terkandung didalamnya.

Jika ingin membeli Serbuk Daun Kelor Organik : Cek Jual Serbuk Daun Kelor

Hal tersebut harus benar-benar diperhatikan. Langkah yang biasa dilakukan adalah setiap akhir produksi, diperlukan sampel produk untuk dianalisa kandungan nutrisinya oleh lembaga yang kredibel dan memiliki sertifikasi pengujian bahan makanan dan obat.

Semoga informasinya bermanfaat!

  • Add Your Comment