Cara Membersihkan Sepatu Kulit Yang Benar Agar Terlihat Seperti Baru

 jual sepatu kulit oxford

Sepatu kulit, Image via pexels.com

Cara Membersihkan Sepatu Kulit – Sepatu kulit merupakan salah satu kebutuhan utama dalam hal penampilan, khususnya untuk pria dewasa. Selain untuk melindungi kaki kita dari debu dan kotoran, sepatu adalah salah satu aspek penting untuk menyempurnakan penampilan seseorang. Sepatu kulit yang kita pakai juga melambangkan karakter dan jati diri seseorang.

Sesuai dengan fungsinya, sepatu kulit untuk melindungi kaki kita dan sebagai alas kaki untuk berjalan, tentunya akan banyak melalui berbagai medan serta terkena noda jalanan seperti debu, pasir dan tanah yang menempel pada sepatu. Untuk itu kita perlu melakukan pembersihan rutin agar sepatu kita tetap awet dan terlihat bagus.

Nah, kalau sepatu kulit milikmu selalu tampak bagus, kamu juga selalu tampil keren bukan? Namun untuk membersihkan sepatu kulit itu tidak tidak boleh sembarangan. Ada tips khusus serta alat khusus yang digunakan untuk membersihkan sepatu kulit agar tetap awet dan tidak merusaknnya.

Berikut ini informasi dan teknik-teknik untuk cara membersihkan sepatu kulit kamu agar tetap bersih dan awet.

1. Mengenali Jenis Kulit Pada Sepatu Kulit

bahan baku kulit jenis suede

Suede leather. Image via www.pielesycurtidos.com

Sebelum kamu membersihkan sepatu kulit, kamu perlu mengenali dulu jenis bahan dasar kulit yang ada pada sepatu kulit milikmu. Setiap jenis kulit memiliki perlakuan yang berbeda-beda untuk pembersihannya. Jenis kulit yang berkualitas premium yang berasal dari proses pengolahan dan penyamakan yang cukup lama dan teliti akan menjadikan bahan baku kulit berkualitas baik.

Sepatu kulit premium lebih mudah dalam perawatannya, bahan baku kulit yang berkualitas baik tentu lebih awet dari pada kulit dengan kualitas mediun bahkan biasa. Kenali juga sifat kulit sepatu yang ada pada sepatu kamu, apakah dia elastis atau tidak. Kenali juga tingkat kelembaban untuk sepatu kulit yang kamu miliki, karena kamu akan lebih bisa menyesuaikan untuk perlakuan dan penggunaannya.

Jenis bahan kulit yang akan aku bahas disini adalah kulit jenis jadi atau full-grain dan kulit suede. Full-grain berasal dari kulit sapi bagian luar yang sudah disamak dan diolah sedemikian rupa hingga menjadi kulit berkualitas bagus dan siap dibuat sepatu. Ciri-ciri kulit full-grain adalah motifnya natural, tipis,  kuat dan sedikit kaku. Biasanya digunakan untuk sepatu kulit formal seperti sepatu pantofel.

Jenis kulit suede adalah bahan baku kulit yang diolah dari kulit sapi bagian dalam yang sudah melewati proses pengolahan yang cukup lama dan rumit sehingga menghasilkan kulit yang berpenampilan menarik serta ekslusif. Ciri-ciri bahan baku kulit suede lebih tebal dari kulit full-grain, kulit jenis suede mengutamakan kenyaman dan ketahanan tepat digunakan dimusim hujan maupun musim panas dan bahkan musim salju, namun sepatu kulit jenis suede sangat mudah kotor.

2. Peralatan Untuk Mebersihkan Sepatu Kulit

 peralatan membersihkan sepatu kulit

Image via www.dhgate.com

Cara mencuci serta peralatan yang digunakan untuk membersihkan sepatu kulit sangat berpengaruh terhadap keawetan sepatu. Peralatan yang baik untuk membersihkan sepatu kulit antara lain :

  • Sikat yang lembut
  • Kain lap lembut
  • Air yang bersih
  • Semir berbahan krim
  • Sabun khusus untuk kulit (saddle soap)
  • Minyak cerpelai (mink oil)
  • Sikat khusus (untuk kulit suede)
  • Penghapus karet
  • Bedak talk / bedak bayi
  • Produk pelapis sepatu dari silikon
  • Sumpal sepatu

3. Cara Membersihkan Sepatu Kulit Yang Benar

Cara mencuci memiliki pengaruh besar dalam perawatan sepatu kulit kamu. Perlakuan terhadap sepatu kulit seperti cara menyikat harus hati-hati karena bisa membuat kulit lecet dan merusaknya. Jika pencucian menggunakan air harus hati-hati karena bahan baku kulit secara umum tidak awet terdahap kelembaban.

Proses pengeringan juga ada tekniknya, sepatu kulit tidak boleh dijemur saat matahari bersinar terang dan terik panasnya sangat menyengat, hal ini akan membuat sepatu kulit semakin kaku, terlalu kering dan akhirnya mudah pecah. Jika sepatu sedang lembab dan akan kamu jemur, lapisi permukaan kulit dengan koran akar tidak terkena langsung paparan sinar matahari.

Dibawah ini adalah langkah-langkah untuk membersihkan sepatu kulit, yang aku bahas adalah sepatu kulit asli jenis jadi / full-grain dan sepatu kulit suede. Teknik yang ada untuk sepatu kulit jenis full-grain ini juga sama untuk diterapkan pada sepatu kulit berbahan kulit sintesis.

  • Sepatu Kulit Jenis Full-Grain

sepatu kulit bahan full-grain

Image via pexels.com

Mencuci sepatu kulit jenis full-grain tidak serumit yang dibayangkan kok. Kamu bisa membersihkannya cukup menggunakan sikat lembut pada bagian kulit sepatu yang kotor, lalu mengelapnya dengan kain yang bersih. Tidak perlu mengguankan air, namun jika ada kotoran yang membandel pada bagian tertentu bersihkan dengan air. Langkahnya seperti berikut :

  1. Hilangkan lapisan debu dan kotoran dengan sikat lembut, gosok dengan sikat permukaan sepatu kulit secara berlawanan dengan arah permukaan kulit sepatu, jangan lupa pada bagian-bagian yang sulit dijangkau untuk dibersihkan. Penyikatan ini gunanya untuk mengendurkan kotoran yang menempel pada kulit sepatu
  2. Setelah disikat, usap sepatu kulit dengan kain lembut kering agar kotoran yang masih tersisa bisa diusap bersih menggunakan kain usap yang kita gunakan. Lakukan pengusapan sampai kamu merasa cukup yakin bahwa sepatu kamu sudah bersih dari kotoran yang menempel pada kulit sepatu.
  3. Kemudian beri kain lap yang bersih dengan sedikit air, cukup air saja tanpa kamu campur dengan sabun / deterjen karena akan merusak kulit sepatu kamu. Lakukan pengelapan pada bagian kulit yang berserat. Untuk kulit sintetis bisa menggunakan sabun khusus kulit yang bisa dibeli pada toko sepatu kulit.
  4. Biarkan kulit kering seluruhnya, simpan sepatu kulit punyamu di tempat yang sejuk supaya terkena angin segar dan sepatu tidak lembab.
  • Sepatu Kulit Jenis Suede

sepatu kulit bahan suede

Sepatu kulit suede. Image via pinterest.com

Sepatu kulit dari jenis suede memang memerlukan perlakuan spesial, bercak kotoran yang menempel pada sepatu kulit suede tidak bisa dibersihkan dibagian itu saja, apalagi jika menggunakan air. Bercak yang dibersihkan akan menyebar dan sedikit demi sedikit menghilang.

Ada cara khusus untuk mengelap kulit suede, jika tidak berhati hati air bisa menimbulkan noda tersendiri dan menjadikan becak kotoran semakin parah dan bisa meruba warna dari kulit sepatu.

Untuk itu, kamu perlu mengetahui cara membersihkan sepatu suede dengan cairan pembersih yang sesuai. Selain cairan suede, sikat yang digunakan untuk kulit jenis ini juga khusus untuk kulit jenis suede. Kamu bisa membeli sikat suede dan cairan pembersih sepatu untuk kulit bahan suede di toko sepatu kulit.

Berikut ini cara membersihkan sepatu kulit suede tanpa merusak bahannya:

  1. Beli sikat khusus untuk bahan suede di toko sepatu, sikat khusus ini memiliki kawat kecil dan serat halus untuk membantu menjaga bulu-bulu halus pada bahan kulit jenis suede
  2. Untuk menghilangkan lecet pada kulit suede, gunakan sebatang penghapus pensil berbahan karet dan gosokkan secara pelan-pelan pada bagian lecet kulit suede
  3. Untuk pembersihan kotoran dan debu, gunukan sikat khusus untuk kulit suede, cara menyikatnya dengan satu arah saja agar permukaan kulit tidak rusak dan tidak mudah mengelupas
  4. Menghilangkan noda basah yang ada pada kulit suede. Jika noda itu basah keringkan lebih dulu dengan tisu, tunggu sampai kering alami baru sikat dengan sikat suede pada bagian yang kotor tadi.
  5. Jika kulit suede sepatu kamu terkena noda berupa minyak, taburkan bedak pada noda lalu diamkan hingga kering. Setelah itu sikat pada bagian yang kotor dengan sikat suede.
  6. Gunakan semprotan berbahan silikon untuk menjaga kualitas kulit dan keselarasan warna pada sepatu bahan suede.
  7. Simpan sepatu kulit suede di tempat terbuka, pada saat kamu simpan kamu menggunakan sumpal berupa kertas ke dalam sepatu untuk menjaga bentuk sepatu kamu. Jangan menggunakan koran bekas karena tintanya dapat luntur mengenai sepatu kamu.
  8. Sebelum kamu menggunakan kembali sepatu kulit suede milikmu, lepas dulu sumpal kertas tadi dan biarkan sekitar sejam agar sepatu merasakan udara terbuka sebelum digunakan kembali.

4. Tips Merawat Sepatu Kulit

sepatu kulit derby

Image via pexels.com

Sepatu kulit asli dibersihkan dengan kain bersih dengan campuran sedikit air. Caranya dengan mengusap sepatu sampai bersih dengan kain basah yang lembut, lalu keringkan dan simpan kembali.

Untuk membuat sepatu kulit kamu berkilau kembali. Semir sepatu kulit menggunakan bahan dari silikon, lakukan penyemiran secara lembut, secukupnya dan jangan terlalu sering. Simpan ditempat terbuka, dengan menaruh sumpal di dalam sepatu untuk menjaga bentuk sepatu tetap ideal.

Itulah cara cara pembersihan dan perawatan sepatu kulit yang semoga bisa bermanfaat buat teman-teman semua. Sekedar info, jika kamu ingin memesan sepatu kulit asli berkualitas, bisa kustom sesuai keinginanmu. Aku punya referensi buat kamu tempat pengrajinnya. Cek di website grosir sepatu kulit.

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan GushaironFadli.com. Redaksi berhak menyunting atau menghapus kata-kata yang berbau narsisme, promosi, spam, pelecehan, intimidasi dan kebencian terhadap suatu golongan.

Loading Disqus Comments ...
  • Add Your Comment