Mengenal Buah Tin / Buah Ara dan Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh

Jual Buah Tin Segar

Buah tin atau ara berasal dari Arab dan sudah ada sejak 4000 tahun sebelum masehi. Orang Eropa menyebut buah tin dengan nama buah Fig. Sekilas buah ini memiliki aroma dan rasa yang mirip seperti jambu biji.

Teksturnya empuk, aromanya harum, rasanya keset, manisnya sedang, mengandung sedikit air dan banyak biji, dan bijinya enak dimakan.

Buah tin memiliki ukuran 3-5 cm dan berwarna hijau. Beberapa jenis buah tin lain berwarna merah keunguan jika sudah masak. Teksturnya empuk, aromanya harum, rasanya manis, mengandung sedikit air dan banyak biji, dan bijinya enak dimakan.

Nutrisi dan Kandungan Gizi Buah Tin

Manfaat Buah Tin Segar

Nutrisi yang dimiliki buah tin cukup lengkap, baik nutrisi yang berbentuk mineral maupun vitamin. Dengan alasan inilah, akhirnya buah tin diposisikan sebagai buah super nutrition oleh para ahli.

Kandungan nutrisi buah tin di antaranya ada omega 3, omega 6, dan kalium yang fungsiya adalah untuk menjaga kesehatan agar terhindar dari serangan penyakit jantung koroner dan tekanan darah tinggi.

Buah tin juga mengandung coumarin yang berfungsi sebagai penangkal serangan penyakit kanker prostat. Selain itu, buah tin kaya akan kalsium yang dapat meningkatkan kepadatan tulang dan menjaga agar tulang tetap sehat dan tidak keropos atau osteoporosis.

Kandungan trytophan juga terdapat di dalam buah tin yang manfaatnya adalah sebagai penurun kadar kolesterol dalam darah. Buah tin juga kaya akan serat, dan hal ini tentu sangat baik bagi yang sedang dalam program diet untuk menurunkan berat badan.

Dilansir dari California Fig-s Advisory, Nutritional value per 100 g (3.5 oz), berikut ini nutrisi yang terkandung dalam buah tin:

  • Energi 250 kcal 1040 kJ
  • Karbohidrat 63.87 g
  • Gula 47.92 g
  • Dietary fiber (serat) 9.8 g
  • Lemak 0.93 g
  • Protein 3.30 g
  • Thiamine (Vit. B1) 0.085 mg 7%
  • Niacin (Vit. B3) 0.619 mg 4%
  • Riboflavin (Vit. B2) 0.082 mg 5%
  • Pantothenic acid (B5) 0.434 mg 9%
  • Vitamin B6 0.106 mg 8%
  • Magnesium 68 mg 18%
  • Folat (Vit. B9) 9 μg 2%
  • Vitamin C 1.2 mg 2%
  • Zinc 0.55 mg 6%
  • Kalsium 162 mg 16%
  • Iron 2.03 mg 16%
  • Fosfor 67 mg 10%
  • Potassium 680 mg 14%

Meskipun buah tin memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi, masih jarang sekali masyarakat Indonesia yang secara rutin mengkonsumsi buah tin. Buah tin ini biasanya diperoleh saat ibadah umroh atau haji sebagai oleh-oleh.

Khasiat Buah Tin dalam Al-Quran dan Hadits

Buah tin memiliki khasiat yang sangat fenomenal. Buah tin juga disebutkan oleh Allah SWT di dalam kitab suci Al-Quran, tepatnya di surat At-Tin ayat 1-2.

”Demi buah tin dan buah zaitun, demi gunung thursina,” (at-Tin: 1-2)

Begitupun di dalam Hadits Rasuluah SAW yang menyebutkan beberapa khasiat dari buah tin. Berikut ini khasiat buah tin dalam Hadits Rasulullah Saw :

Abu Darda radhiallahu’anhu juga meriwayatkan sabda Nabi Muhammad Saw bahwa:

“Sekiranya kukatakan ada buah-buahan yang turun dari surga maka itulah buah tin. Karena, buah-buahan surga itu tanpa biji. Makanlah ia, karena ia dapat menghentikan wasir dan bermanfaat menyembuhkan encok.“ (Dituturkan oleh Ibnu Qayyim dalam Zaadul Ma’aad)”

Manfaat Buah Tin untuk Kesehatan

Manfaat Buah Tin untuk Kesehatan

Setelah kita ketahui kandungan gizi dan nutrisi dalam buah tin, baiknya kita ketahui juga kita ketahui manfaat / khasiat dari buah tin agar melengkapi pengetahuan kita.

Catatan : sebagai catatan, informasi manfaat buat tin ini hanya sebatas referensi, tidka bisa menggantikan anjuran ataupun resep dokter dalam pengobatan.

Beberapa manfaat buah tin untuk kesehatan diantaranya :

1. Bagus untuk Penderita Hipertensi

Pada tabel nutrisi terlihat kandungan mineral seperti kalium, fenol, dan magnesium terkandung di dalam buah ara (sebutannya di negara barat).

Nutrisi dari mineral tersebut dapat membantu menurunkan tekanan darah penderita hipertensi apabila dikonsumsi dengan porsi wajar. Selain itu, buah ara juga efektif dalam menjaga jantung dari penyakit.

2. Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Darah

Kolesterol jahat (LDL) yang menumpuk dalam darah dapat memicu penyumbatan dalam jaringan sirkulasi darah di jantung. Apabila kolesterol jahat tersebut dikeluarkan, risiko terkena penyakit jantung koroner akan berkurang.

Kadar LDL harus diseimbangkan dengan kolesterol baik (HDL) agar plak-plak bisa disingkirkan dan jantung tidak perlu bekerja ekstra untuk mengedarkan darah ke seluruh tubuh.

Untuk menurunkan jumlah kolesterol jahat diperlukan beberapa tindakan seperti pemenuhan nutrisi berupa serat pektin.

Di dalam buah tin terdapat serat larut bernama pektin yang berguna untuk menyapu tumpukan kolesterol jahat di usus untuk dibawa keluar.

3. Dapat Mengontrol Tekanan Darah

Kanungan mineral seperti kalium dibutuhkan tubuh untuk mengontrol tekanan darah, terutama bagi penderita hipertensi yang riskan mengalami serangan jantung yang bisa fatal akibatnya.

Buah tin merupakan penyuplai banyak kalium dan beberapa mineral lain yang diyakini berkhasiat untuk menurunkan dan mengontrol darah tinggi.

4. Tidak Mengakibatkan Diabetes

Penyakit diabetes atau kencing manis terjadi karena kadar gula dalam darah di atas normal. Mengkonsumsi buah tin secara teratur tidak akan mempengaruhi jumlah gula dalam darah karena gabungan serat dan karbohidrat di dalamnya merupakan fruktosa yang dapat mengontrol jumlah gula darah.

Kesimpulan di poin ini :

  • Meski buah tin mempunyai cita rasa manis, jika sudah diserap tubuh tidak akan memicu diabetes ataupun membahayakan penderitanya. Alasannya, serat di dalam buah tin akan bekerja memperlambat proses penyerapan glukosa pada usus kecil.

5. Dapat Mengoptimalkan Kinerja Insulin

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya. Diabetes berkaitan dengan insulin, yakni hormon yang tugasnya mengendalikan glukosa dan merubahnya menjadi energi.

Selain buahnya, daun dari pohon buah tin dapat direbus dan dikonsumsi oleh penderita diabetes guna membantu peningkatan insulin. Bila terjadi kekurangan insulin, maka gula darah tidak bisa dikontrol.

Satu-satunya cara praktis adalah melakukan suntik insulin ke dalam darah agar segera tersebar ke seluruh tubuh dan secara langsung bekerja mengontrol gula darah adalah mengkonsumsi buah tin.

6. Mencegah Kanker Usus Besar, Saluran Pencernaan, dan p a y v d a r a

Buah tin bisa terkenal karena mengandung salah satu anti oksidan kuat bernama polifenol. Senyawa anti oksidan tersebut dapat mengurangi dan mencegah efek radikal bebas yang dialami tubuh seperti kanker.

Selain itu, serat di dalam buah tin bekerja mengikat zat karsinogen, zat ini berbahaya karena mendorong laju pertumbuhan sel kanker pada saluran pencernaan, tepatnya usus besar.

7. Sebagai Obat Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan tidak bisa diremehkan begitu saja karena keinginan makan akan berkurang, sehingga berefek pada penurunan sistem imun yang memudahkan bakteri penyakit menyerang tubuh.

Cukup konsumsi jus buah tin secara rutin maka sakit tenggorokan akan sembuh dengan sendirinya. Di dalam buah tin terdapat banyak cairan atau lendir yang bekerja efektif mengobati sakit tenggorokan.

8. Buat Tin Bermanfaat untuk Menurunkan Berat Badan

Ada juga manfaat buah tin untuk diet sehat. Anda pasti kesal memiliki perut gendut karena tidak percaya diri untuk pergi ke luar rumah.

Tenang saja, buah tin siap membantu mengembalikan kepercayaan diri Anda. Makanlah buah tin dalam porsi sesuai anjuran pakar diet, jangan lupa imbangi dengan olahraga.

9. Buah Tin Bagus untuk Perawatan Kulit

Terdapat kandungan bernama “coumarins” dalam buah tin yang berfungsi untuk merawat dan menjaga kulit tetap sehat, serta mengurangi risiko terhadap kanker prostat.

Selain itu, kandungan anti oksidan yang tinggi pada buah tin dapat merawat kesehatan kulit dengan sangat baik.

Buah ini membantu tubuh untuk bisa menangkal radikal bebas yang dapat merusak kondisi kulit, sehingga kulit tidak akan mudah mengalami masalah penyakit yang dapat memperburuk kondisinya.

10. Buah Tin Bisa untuk Mengatasi Jerawat

Jerawat menjadi masalah umum orang Asia, mereka telah menemukan khasiat buah tin untuk merawat wajah. Jika Anda memiliki beberapa butir jerawat di wajah, ada bisa membersihkannya dengan buah tin.

Hilangkan jerawat dengan cara mengoleskan buah tin secara rutin ke wajah. Kemudian diamkan selama 10 menit, dan bersihkan wajah apabila sudah kering.

Manfaat buah tin untuk menghilangkan jerawat tersebut dikarenakan didalmnya terkandung mineral alkali yang berfungsi untuk mengatur pH pada tubuh dan serta berguna untuk merawat kesehatan kulit Anda.

11. Buah Tin Baik dikonsumsi Ibu Hamil dan Pasca Melahirkan

Setelah hamil ibu juga butuh nutrisi yang cukup, seperti zat besi alami yang banyak hilang saat proses persalinan. Tentu disaat pasca melahirkan ibu hamil nutrisi lebih seperti zat besi untuk pemulihan.

Memilih konsumsi suplemen adalah hal buruk, lebih baik Anda memberi asupan zat besi dengan konsumsi buah tin. Sebab jika suplemen yang Anda pilih, biasanya menimbulkan konstipasi (sembelit).

12. Berguna untuk Pengganti Gula Alami

Buah tin berguna untuk pengganti gula alami. pada kebiasaan orang Eropa adalah mengganti gula dengan buah tin. Rasanya yang manis memberi sensasi berbeda daripada gula.

Buah tin ini bagus dikonsumsi untuk semua orang, mulai dari dewasa hingga anak-anak boleh mengonsumsi buah ini, sebab tidak menimbulkan efek samping. Serat yang tinggi di dalamnya juga menyehatkan sistem pencernaan yang terganggu.

Buah tin sangat tepat jika Anda jadikan makanan alternatif penunjang kesehatan sehari-hari.

Mengenal Lebih Dekat dengan Tanaman Buah Tin

Khasiat Buah Tin

Tin merupakan tumbuhah penghasil buah dengan warna keunguan yang dapat dikonsumsi secara langsung. Tumbuh di daerah Asia Barat, bermula dari pantai Balkan hingga Afganistan.

Buah tin memiliki ukuran 3-5 cm dan berwarna hijau. Beberapa jenis buah tin lain berwarna merah keunguan jika sudah masak. Berhati-hati lah jika hendak mengambil buah tin karena getah nya bisa membuat kulit menjadi iritasi.

Buah tin memiliki rasa dan aroma harum yang mirip dengan buah jambu. Buah tin bertekstur kasat, empuk dan manis. Buah tin memiliki kandungan air yang tidak terlalu banyak dan memiliki banyak biji didalamnya.

Setelah banyak yang tahu mengenai khasiat dari buah tin, banyak negara yang membudidayakan buah primitif ini. Selama ini mungkin Anda hanya menikmati rasanya saja tanpa ambil pusing memikirkan khasiatnya.

Namun bagi mereka yang punya beberapa penyakit seperti jantung koroner dan darah tinggi sangat memerlukan informasi lebih lengkap mengenai manfaat buah tin bagi kesehatan, khususnya untuk mengobati penyakit hipertensi dan jantung koroner.

Di Indonesia sendiri sudah banyak sekali yang mengembangkan buah tin ini mengingatmanfaat buah tin sangatlah beragam yang berguna bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Daun Tin

Selain buahnya, daun dari tanaman Tin ini juga sangat bagus untuk kesehatan, biasanya diolah menjadi teh herbal untuk kesehatan. Beberapa manfaat daun Tin diantaranya:

  • Mengatasi ganguan diabetes

Daun buah tin yang direbus sangat berguna untuk meningkatkan insulin dalam tubuh, seperti yang kita ketahui, insulin adalah hormon yang tugasnya mengendalikan glukosa dan merubahnya menjadi energi.

  • Membuat badan terasa lebih segar

Pada bagian daun tin, terdapat kemampuan menurunkan trigliserida, yaitu suatu lemak yang mengalir dalam darah. Konsumsi teh daun tin bisa menyegarkan tubuh selama beberapa saat.

  • Daun Tin bermanfaat sebagai peluruh batu ginjal

Masih seputar manfaat daun tin yang dijadikan air rebusan. Secara tradisional dapat difungsikan untuk menghancurkan batu ginjal dikarenakan mengandungs aponin dan alkaloid, yang bermanfaat sebagai diuretik atau peluruh urin.

Budidaya Pohon Buah Tin Sendiri

Bibit Buah Tin

Pada poin ini, saya tidak akan membahsa detail tentang cara budidaya buah tin. Sebagai wawasan, poin-poin pnting yang perlu Anda siapkan sebelum anda mencoba untuk membudidayakan tanaman tin pekarangan Anda.

Berikut poin-poinnya

1. Persiapkan bibit buah tin

Pembibitan pohon buah tin bisa diperoleh dengan cara pembenihan dari biji, dengan cara mencangkok pohon tin yang sudah dewasa, atau dengan melakukan stek batang pohon tin yang sudah berumur.

Rekomendasinya, untuk mendapatkan tanaman yang bagus dan cepat berbuah, pilihlah bibit buah tin dari pencangkokan atau dari stek. Pohon tin akan lebih cepat tumbuh dan berbuah karena mewarisi sifat tanaman induknya.

Untuk memperoleh bibit buah tin juga dapat anda beli secara online, saat ini banyak para pembudidaya tanaman tin yang menjualnya juga secara online. Ketika saya kata kunci ” jual bibit buah tin “, tinggal anda pilih penjual yang bagus.

2. Persiapkan Lahan dan Lakukan Penanaman

Lahan untuk penanaman bisa di pot yang berukuran besar seperti drum bekas, juga bisa di tanah pekarangan langsung. Isi tempat media tanan dengan tanah humus yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

Tanah humus atau tanah yang sudah mengandung pupuk kompos / kandang sebelumnya, kurang lebih telah disiapkan 3 minggu sebelumnya, sebelum ditanami pohon tin.

Bibit buah tin juga baiknya, dibiarkan dalam polybag ditemat yang sejuk dan sedikit sinar matahari setelah dibeli. Biarkan sampai tumbuh tunas dan daun baru, kurang lebih 4 hari sebelum ditanam di media tanam.

3. Lakukan Perawatan dengan Menyiram dan Memupuk

Setelah pohon tin ditanam, lakukan perawatan dengan menyiramnya secara rutin pagi dan sore hari, saat menyiram pastikan air secukupnya saja. Karena jika terlalu banyak tanaman malah akan mati.

Perawatan pemupukan bisa sebulan sekali dengan bubuk buah ataupun kompos. Untuk menghindari hama tanaman, setiap sore rajinlah menyeprot batang dan daun tanaman dengan air biasa menggunakan hand sprayer.

4. Pemanenan Buah Tin

Panen buah tin biasa dilakukan ketika pohon tin memasuki usia tanam 4 – 5 bulan setelah tanam. Dan jika iklim memasuki musim panas maka buah akan semakin cepat berbuah banyak, cepat masak dan siap untuk di panen.

Bila kamu belum menanamnya sendiri dirumah, boleh kamu coba nikmati buah tin tersebut dahulu dengan membelinya secara online.

Jual Buah Tin Segar dan Kering

Buah tin segar tidak selalu ready karena buah dipetik langsung dari kebun dan masih fresh, untuk pemesanan buah tin segar harus pre-order dulu.

Harga Buah Tin Segar

Rp. 445.000 / Kg

Ket : Preorder dulu.

***

Jual Buah Tin Kering

  • Kemasan 400 gr : Rp. 155.000
  • Kemasan 250 gr : Rp. 95.000
  • Kemasan 100 gr : Rp. 45.000

PEMESANAN : CLOSED ORDER 

 

Dalam 100 gr buah tin terkandung 241 mg kalsium, dua kali lebih banyak dari kalsium yang terkandung dalam susu (118 mg per 100 gr), membantu dalam mengurangi kolesterol darah, dan masih banyak lagi.

Penjelasan kandungan gizi dan manfaat buah tin dan di poin bawah,

Cara Makan Buah Tin / Buah Ara

 

Dikutip dari Wikihow, cara makan buah tin berdasarkan kondisinya terbagi menjadi 2, yaitu buah tin segar dan buah tin kering. Berikut ini cara-cara makan buah tin yang disarankan:

Cara Makan Buah Tin Segar

  • Dimakan secara utuh.
  • Disajikan bersama keju yang kuat rasanya.
  • Bisa dengan merebusnya terlebih dahulu.
  • Dapat diawetkan terlebih dahulu.
  • Ditambahkan ke dalam roti atau kue.

Cara Makan Buah Tin Kering

  • Dimakan secara langsung.
  • Direndam di dalam air.
  • Ditambahkan ke dalam roti atau kue.
  • Ditambahkan ke dalam oatmeal atau bubur.
  • Dimasukkan ke dalam keju cottage atau yogurt.

Itulah informasi seputar buah tin, manfaatnya untuk kesehatan dan pohon buah tin untuk dibudidayakan. Semoga bermanfaat.

  • Add Your Comment