Nasi Beras Hitam Untuk Menjaga Kesehatanku Sebagai Anak Kos

nasi hitam sehat dari beras hitam

Image via modernfarmer.com

Khasiat beras hitam – kita pasti sudah tahu kalau nasi adalah makanan pokok orang Indonesia, pada umumnya yang sangat populer nasi itu berwarna putih, ada lagi yang masih kalah populer adalah nasi merah yang berasal dari beras merah. Ternyata masih ada lagi nasi yang berwarna hitam, nasi yang dimasak dari beras hitam.

Waktu masih di Jogja dulu, banyak teman-temanku yang tidak mengetahui keberadaan beras hitam. Ketika di pesantren Sintesa, aku melakukan survei mengambil 10 orang perwakilan untuk aku tanya tentang pengetahuan mereka soal beras hitam.

Hasilnya, hanya ada 1 orang saja yang tahu keberadaan beras hitam. Sebagian besar mereka menjawab tahunya beras putih, kalau hitam itu biasanya ketan hitam, setengahnya menambahkan lagi adanya beras merah. Hal ini dapat aku simpulkan kalau beras hitam masih asing terdengar untuk sebagian besar orang.

Perkenalanku Dengan Nasi Hitam

Pada awalnya aku juga tidak tahu soal nasi yang berasal dari beras hitam. Aku tahunya cuma ketan hitam. Setelah diberi informasi oleh teman kerjaku dulu sewaktu di Jogja, aku cukup tertarik mengetahui lebih dalam lagi tentang nasi hitam, yaitu beras hitam dimasak menjadi nasi hitam.

Mas Iwan teman kerjaku dulu di web developer jogja selalu membawa bekal makan dari kos untuk dimakan di kantor. Awalnya aku tidak begitu memperhatikan, tapi akhirnya aku sadar ada hal yang janggal dari bekal makanan yang dibawa mas Iwan.

Yang menjadi perhatianku adalah warna nasinya berwarna hitam. Awalnya aku mengira itu adalah ketan hitam, tapi menjadi aneh ketika ketan dimakan dengan lauk pauk dan juga sayuran. Akhirnya aku kepoin bekal makannya mas Iwan. Ternyata warna hitam itu bukan ketan, itu adalah nasi hitam.

khasiat beras hitam untuk kesehatan

Image via www.robynwebb.com

Mas Iwan telah banyak berkecimpung didunia pertanian, dia punya cukup banyak pengetahuan tentang pertanian, tertutama tentang padi dan budidayanya, macam-macam beras dan keunggulannya. Aku banyak bertanya kepadanya soal kelebihan-kelebihan dari nasi hitam ini.

Dari informasi yang aku dapat dari mas Iwan, nasi hitam punya cukup banyak gizi yang terkandung didalamnya. Nasi hitam punya antioksidan yang tinggi yang berfungsi untuk membantu tubuh membuang limbah yang menyebabkan berbagai macam penyakit, yang menajdi penanda kasar tingginya zat antioksidan pada beras hitam adalah pada warnanya yang berwarna hitam pekat keunguan.

Nasi hitam sangat berbanding terbaik dengan nasi putih, nasi putih akan menyebabkan banyak penyakit jika kita tidak mengkonsumsi dengan benar dan diimbangi dengan tambahan gizi yang lainnya, seperti lauk pauk dan sayur-sayuran.

Nasi putih mengandung karbohidrat sederhana yang terlalu tinggi dan tidak mengandung serat yang baik, jika terlalu lama mengkonsumsi nasi putih tanpa diimbangin makanan lain yang mengandung serat akan berbahaya untuk kesehatan dalam jangka waktu yang lama.

Pernah ada survei di Asia, salah satu penyebab diabetes terbesar utama  di Asia selain dari faktor keturuan adalah faktor pola makan yang tidak sehat. Makanan yang penyebab diabetes itu adalah yang mengandung karbohidrat tinggi yaitu nasi putih.

Berbeda dengan nasi hitam, nasi hitam adalah karbohidrat komplek yang kaya akan serat yang baik, sehingga apabila kita hanya memakan beras hitam saja tanpa di tambah lauk dan sayur-sayuran dalam jangka waktu yang lama tidak akan berdampak buruk.

Mengenal Beras Hitam Lebih Dekat

tanaman padi beras hitam

Image via www.chaiudom.net

Nasi hitam berasal dari beras hitam yang belum mengalami pengelupasan kulit padi dari proses penggilingan secara sempurna. Ada dua lapisan pada padi, yaitu kulit padi bagian terluar biasa kita kenal gabah / sekam padi, kulit lapisan dalam yang tipis lagi ada yang menyelimuti beras, kalau digiling hasilnya adalah bekatul.

Lapisan kulit dalam (antosianin) yang tipis yang masih menutupi biji beras hitam mengandung serat dan nutrisi yang penting bagi tubuh. Sebenarnya jika beras hitam dilakukan penggilingan dua kali, beras hitam akan menjadi beras putih juga.

Kulit tipis padi inilah yang mengandung banyak protein, serat dan gizi yang tinggi. Pada beras hitam, mengandung aleuron dan endospermia yang memproduksi antosianin dengan intensitas tinggi sehingga berwarna ungu pekat mendekati hitam.

Jika di bandingkan dengan beras merah, kangdungan gen antosianin beras merah lebih rendah dibanding beras hitam. Untuk beras putih terlihat putih agak transparan karena hanya memiliki sedikit aleuron sehingga menghasilkan antosianin intensitas sangat rendah, beras putih aslinya berwarna coklat (golden rice) jika tidak digiling bersih.

Sedangkan beras putih sudah dikuliti hingga hanya tersisa bijinya sehingga tidak lagi memiliki serat dan bisa meningkatkan kadar gula dalam tubuh. Itulah sebabnya, mengonsumsi beras hitam lebih sehat ketimbang beras putih.

Informasi Lengkap, Kandungan Gizi dan Khasiat Beras Hitam

beras hitam untuk diabetes

Images via mizchef.com

Nasi hitam mempunyai khasiat yang luar biasa untuk kesehatan karena kandungan serat yang tinggi serta memiliki karbohidrat kompleks yang lebih sehat. Serat pada nasi hitam bisa melancarkan pencernaan dan mencegah dari berbagai penyakit. Fungsi serat bagi tubuh bisa membantu mengendalikan gula darah serta memperlambat penyerapan glukosa pada usus halus.

Serat pada nasi hitam juga bisa mengendalikan kadar lemak dalam tubuh sehingga sangat cocok digunakan untuk program diet. lainnya juga bisa memperbaiki kadar kolestrol pada tubuh.

Tabel informasi nilai gizi beras hitam

Tabel referensi dari wedangberashitam.wordpress.com

Tabel diatas menunjukan bahwa kandungan serat pada beras hitam sangat tinggi sekali jika dibandingkan dengan beras lain terutama beras putih yang umum dikonsumsi masyarakat.

Misalkan serat beras pada beras hitam 20,1 g ( sekitar 20 % adalah serat ), beras putih hanya 0,2 gram. Perbedaannya sampai 100 kali lipat atau 10.000 %. Kandungan serat pada beras hitam sangat luar biasa banyak. Mengkonsumsi nasi dari beras hitam yang baik bagi kesehatan terutama untuk penderita diabetes.

Rekomendasiku, Nasi Hitam Makanan Yang Tepat Untuk Anak Kos

Mengkonsumsi nasi hitam menjadikan kita cepat kenyang, dan awet rasa kenyangnya, selain itu tentu saja bergizi. Penjelasannya karena beras hitam mengandung karbohidrat kompleks yaitu jenis karbohidrat yang lama dicerna dalam tubuh.

Hasil studi dari British Journal of Nutrition mengungkapkan bahwa mengonsumsi karbohidrat kompleks seperti kentang, oatmeal, beras merah dan beras hitam bisa membuat kita merasa kenyang hingga berjam-jam. Karena karbohidrat kompleks mengandung banyak gizi yang mampu mencukupi kebutuhan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

Makan nasi hitam juga pas untuk program diet, selain sehat sebenarnya juga bisa lebih ngirit karena kita mengurangi pemborosan belanja seperti junk food dan makanan cepat saji lainnya.

Tips Murah, Tetap Sehat Untuk Anak Kos

mencampur beras hitam dan beras putih

Image via www.healthydietbase.com

Harga nasi hitam memang cukup mahal, perkilonya sekitar 20 ribu – 30 ribu rupiah. Harga tergantung kualitas dari beras yang dijual, jika beras hitam murni oragnis harga bisa sampai 50 ribu perkilo. Beras organik biasanya untuk dikonsumsi orang untuk penyembuhan penyakit.

Aku membeli beras hitam biasanya di swalayan sepeti ind*grosir, dan grosir-grosir lainnya. Karana beras hitam cukup jarang aku temukan di toko-toko pada biasanya.

Nah karena harganya mahal kita bisa mengakalinya dengan mencampurnya dengan beras putih waktu menanak nasi. Hasilnya nanti beras juga akan berwarna hitam, rasanya juga tetap nikmat serta berbau harum. Komposisi takaran yang biasa aku gunakan ketika menanak nasi 50% beras hitam 50% beras putih.

Jika ingin lebih ngirit lagi komposisi takarannya beras hitam bisa 20% dan beras putih 80%, ternyata intensitas dari beras hitam tetap mendominasi.

Beras hitam harganya memang sedikit lebih mahal, tapi untuk investasi kesehatan harganya akan sangat murah dari pada uang digunakan untuk biaya ke rumah sakit.

Pengalamanku Mengkonsumsi Nasi Hitam

Pengalaman pribadiku sebagai anak kos sewaktu masih tinggal di Jogja, aku pernah rutin mengkonsumsi nasi hitam. Kurang lebih selama 6 bulan terakhir sebelum meninggalkan Jogja dan pulang ke Magetan. Sejak awal kuliah aku memang terbiasa menanak nasi sendiri, dan beli lauk diluar.

Dulu, hanya mengkonsumsi nasi putih biasa. Setelah ketemu mas Iwan aku praktekin deh sarannya. Ternyata setelah aku rutin mengkonsumsi beras hitam aku merasakan ada perbedaan semangat dan kebugaran tubuh, bisa jadi karena sugesti juga.

pengalaman sehat konsumsi nasi hitam

Image via recipeler.com

Untuk itu, aku ingin mengajak semuanya untuk hidup sehat dengan membiasakan mengkonsumsi nasi hitam. Selain pola makan dan makanan yang bergizi, kita imbangi dengan olah raga teratur.

Insha Allah akan aku budayakan juga hidup sehat, makan-makanan sehat seperti membudayakan makan nasi hitam untuk diriku seterusnya dan keluargaku (jika sudah punya istri dan anak) nantinya. Yuk, mumpung masih muda kita jaga kesehatan agar tua nanti kita sehat bahagia bareng keluarga.

 

  • Add Your Comment