Suka Duka Menjadi Asisten Praktikum Saat Kuliah

asisten praktikum amikom

Image via saridezra.blog.amikom.me

Asisten Parktikum yang tugasnya membantu dosen atau guru saat mengajar sebenarnya tidak hanya aku temui saat kuliah, saat masih SMA guruku terkadang juga dibantu asisten dari siswa ketika praktikum. Aku akan berbagi cerita tentang sedikit pengalamanku yang pernah jadi asisten praktikum semasa kuliah di STMIK Amikom Yogyakarta.

Suasana Baru di Lingkungan Kampus

Suasana baru lingkungan kampus amikom

Image via farizagati.blog.amikom.me

Masuk dunia kampus banyak suasana yang berbeda, mulai dari pakaian, jam belajar dan sistem belajar mengajar. Di kampus tempatku belajar cukup disiplin, pakaian wajib rapi menggunakan hem dilengkapi dasi, celana dan rok panjang untuk perempuan dan memakai sepatu.

Aku setuju dengan budaya seperti ini, hal ini melatih kita berpernampilan menarik, profesional dan nyaman di pandang. Dari segi psikologis juga berpengaruh besar, sikap kita akan berpengaruh dari penampilan kita.

Terinspirasi Menjadi Asisten Praktikum

dosen mengajar

Image via mitsloan.mit.edu

Saat mengikuti mata kuliah praktikum para dosen selalu didampingi oleh beberapa asisten, asisten di kampusku adalah senior yang sudah menempuh mata kuliah yang bersangkutan.

Selain itu, ada asisten spesial yang merupakan rekomendasi langsung dari dosen. Tentunya karena skill dan kemampuannnya yang mumpuni.

Untuk menjadi asisten banyak kriteria dan seleksi yang harus ditempuh. Tentu para asisten adalah orang-orang pilihan sesuai kriteria kampus.

Menurut pandangan pribadiku, menjadi seorang asisten praktikum adalah salah satu peluang, juga wadah untuk mengembangkan potensi diri. Banyak hal bermanfaat yang bisa aku dapat nantinya jika aku menjadi seorang asisten praktikum.

Mendaftar Asisten Praktikum

Lab Cisco STMIK Amikom Yogyakarta

Image via howto.blog.amikom.ac.id

Pendaftaran asisten praktikum di Amikom dikelola oleh Forum Asisten (FA). FA membuka pendaftaran asisten baru disetiap semesternya. Banyak kriteria untuk menjadi asisten praktikum di kampus. Diantaranya adalah mahasiswa aktif STMIK Amikom, pernah menempuh mata kuliah yang dipilih dengan nilai minimal B.

Aku pertama kali mendaftar asisten saat masuk semester 3, mengambil mata kuliah semester ganjil algoritma dan pemrograman dan waktu itu aku tidak lolos tes tulis. Semester 4, aku mendaftar lagi dan memilih 2 mata kuliah semester genap. Mata kuliah yang aku pilih adalah sistem operasi dan komunikasi data, alhamdulillah keterima semua.

Perasaan Pertama Jadi Asisten Praktikum

Pertama kali menjadi asisten praktikum adalah waktu semester genap tahun ajaran 2013/2014. Sebelumnya aku sudah punya bekal mengajar melalui ITC 2013, waktu jadi asisten aku masih mempunyai perasan canggung dan teman-temannya, sedikit lebih baik dari pada sebelumnya waktu ITC. Okeh semangat, ini adalah tempatku belajar

Berjuang Untuk Menjadi Lebih Baik

Evaluasi asisten pertama kali, saat closing asisten semester genal 2013/2014 aku mendapat sertifikat dan nilaiku selama menjadi asisten adalah C “Cukup Baik”. Menurutku, aku perlu banyak belajar lagi.

lab apple multimedia stmik amikom

Image via howto.blog.amikom.ac.id

Semester ganjil tahun ajaran 2014/2015 aku mendaftarkan diri lagi sebagai asisten dan megambil mata kuliah hardware software 2, alhamdulillah aku diterima lagi.

Sengaja aku tidak mengambil mata kuliah yang berat-berat seperti pemrograman, algoritma, dan perhitungan lainnya. Niatku yang paling utama adalah melatih komunikasi verbalku didepan orang banyak.

Di semester kedua aku menjadi asisten praktikum aku mendapatkan predikat lebih baik, yaitu B ” Baik”. Aku juga mulai lebih kenal dekat dengan dosen-dosen di kampus.

Semester berikutnya, yaitu semester genap tahun ajaran 2014/2015 aku belum puas, aku mendaftarkan diri lagi menjadi asisten praktikum. Aku mengambil dua mata kuliah lagi yaitu sistem operasi (yang pernah aku ambil dulu) dan pemrograman web.

Sengaja aku memikih sistem operasi karena memang kemampuan dan minatku dipelajari disitu. Kali ketiga setelah menjalankan tugas sebagai asisten praktikum aku mendapat reward asisten terbaik dari kedua mata kuliah tersebut.
Reward asisten terbaik diberikan oleh dosen pengajar dari matkul praktikum yang aku temani.

Yang lainnya, adalah aku mendapat nilai A “Sangat Baik” untuk keduanya dari evaluasi asisten (evaluasi asisten berdasar penilaian semua mahasiswa yang ditemani kakak asisten).

kelas internasioal stmik amikom

Image via saridezra.blog.amikom.me

Suka Duka Menjadi Asisten Praktikum

Sukanya buatku terbiasa bangun pagi karena harus berangkat pagi, menjadikanku lebih disiplin karena asisten praktikum diwajibkan mematuhi peraturan yang berlaku. Selain itu, aku punya banyak kenalan teman-teman baru dan relasi baru.

Aku mulai terbiasa menjaga sikap baik, kakak asisten pasti akan dikenali oleh adik-adik kelasnya. Meskipun kadang lupa namanya, wajah biasanya selalu teringat. Menebar senyuman dan memberikan contoh perilaku yang baik adalah pelajaran moral yang harus aku biasakan. Sapaan dari teman-teman mahasiswa lingkungan kampus banyak aku dapatkan.

Ada yang aku kenal, ada yang cuma mengenal tanpa tahu namanya, dan ada yang memang tidak hafal sama sekali.
Aku selain sebagai asisten, juga menjadi mahasiswa dibimbing oleh kakak asisten seniorku. Jadi aku bisa menyikapi diri sebagai junior dan ternyata kita sadari atau tidak, sedikit banyak seorang kakak senior akan menjadi perhatian, seperti perilaku dan sikapnya kepada juniornya.

mahasiswa baru stmik amikom

Image via nicolausbayu.blog.amikom.me

Lainnya, kakak asisten sering kali di mintai adik kelas untuk dimintai bantuan tentang mata kuliah yang bersangkutan, kadang juga tidak relevan. Karena banyak juga adik kelas yang menganggap kaka asisten itu pinter. Ya, intinya harus bisa memberikan solusi untuk membantu adik kelas yang membutuhkan bantuan.

Selain dengan adik kelas, siap dapat tugas dari dosen. Yang umum aku alumni dan merupakan kewajiban semua asisten praktikum adalah membawa pulang semua laporan mahasiswa disetiap pertemuan.

Lalu kita koreksi dan beri nilai sesuai kriteria dari dosen. Asisten praktikum juga harus siap mendapat tugas dadakan dari dosen, seperti menyiapkan materi, mem-backup peran dosen dikelas dan kadang membantu proyek pribadi dosen.

Kesan..

Menyenangkan, bisa berbagi ilmu walaupun belum seberapa, yang paling seneng adalah bisa berbagi spirit 😀

Banyak teman adik kelas, dan tetap akrab meskipun sudah tidak bersama lagi di kelas.

Membuat stress, harus bagun pagi, pulang lebih sore. Memaksaku untuk lebih bisa membagi waktu antara tugas asisten dan tugas pribadi.

Amazing, menambah pengalaman menarik serta menambah wawasan dari apa yang sudah aku pelajari. Mempunyai banyak teman dan lebih kenal dekat dengan dosen, sebagai penghargaan aku dapat sertifikat dan uang buat jajan. 😀

  • Add Your Comment