15 Tempat Paling Romantis di Jogja yang Harus Kamu Kunjungi Bersama Pasanganmu

Tempat wisata paling romantis di Jogja – Mengajak pasangan untuk jalan-jalan di tempat-tempat romantis adalah sesuatu yang menyenangkan. Salah satu tempat yang begitu romantis adalah Yogyakarta. Pepatah juga mengatakan bahwa setiap sudut kota Jogja itu romantis.

Mulai dari nuansa budaya, kuliner jogja, hingga tempat wisata selalu menyimpan kesan dan makna tersendiri. Saat kamu bepergian ke Jogja, kamu akan merasakannya. Nah, agar suasana itu lebih mendalam kamu rasakan.

Pergilah bersama kekasih hatimu pasagan hidupmu untuk berwisata dan berkencan di kota yang romantis ini. Berikut ini daftar tempat wisata jogja yang begitu romantis yang tidak boleh kamu lewatkan saat kamu berkunjung ke Jogja bareng pasangan hidupmu.

1. Puluhan Lampion cantik di Taman Pelangi

Wisata Romantis di Taman Pelangi Jogja

sumber gambar: http://maioloo.com

Di pelataran Monumen Jogja Kembali, setelah matahari tenggelam, inilah tempat yang cocok untuk dikunjungi bersama orang-orang terkasih.

Suasana indah dengan lampu-lampu lampion akan begitu terasa saat malam hari. Kamu bisa duduk manis di pinggir kolam bersama dengan kekasihmu, menikmati indahnya lampu-lampu lampion yang bercahaya warna-warni.

Di tempat ini juga terdapat hiburan musik live dengan panggung kecil yang berada di sudut belakang kolam, berdampingan dengan kedai minuman yang dengannya kamu bisa membeli camilan ringan disana.

Kamu dan kekasihmu bisa memesan secangkir cokelat panas kemudian bercengkerama dengan kekasihmu. Kalau kamu mau memberi kejutan lebih kepada kekasihmu, kamu bisa menyewa panggung kecil itu untuk menyanyikan sebuah lagu untuk kekasihmu.

Sayangnya kamu tidak bisa menghabiskan malam di tempat ini, karena Taman Pelangi hanya buka sampai pukul 10 malam.

2. Dinner Romantis di Kolam Susu

Makan Malam Romantis di Kolam Susu Jogja

sumber gambar: http://phinemo.com

Kolam Susu adalah tempat kuliner yang menyajikan berbagai macam minuman susu. Terletak di daerah Seturan, lokasi tempat ini menjadi tempat yang diburu oleh mereka yang ingin seseruan bersama keluarga ataupun kekasih.

Di kolam susu ini juga banyak gazebo dan banyak pula tempat-tempat makan didalamnya. Bisa dibilang, kolam susu seperti kampungnya tempat makan.

Jika kamu ingin tahu, di tempat ini disediakan fasilitas tempat yang nyaman dengan lampu-lampu yang elegan serta dekorasi taman-taman yang indah.

Di tempat ini selain taman dan lampu-lampunya yang indah, juga ada kolam air yang ada sepeda airnya lho, siapa tahu kamu dan kekasih mau mencoba menaiki sepeda air di kolam.

Di sini banyak berdiri tempat makan yang bisa dipilih untuk di datangi. Namun ada satu tempat dengan ikon unik yang selalu ramai, yaitu dengan keberadaannya jembatan cinta.

Dua kursi yang saling berhadapan dengan meja kecil berhiaskan lilin, akan membuat makan malammu bersama orang terkasih akan semakin romantis.

3. Berasa di atas Angin di Kebun Buah Mangunan

Wisata Romantis di Kebun Buah Mangunan

sumber gambar: http://yogyakarta.panduanwisata.id

Kebun Buah Mangunan merupakan sebuah tempat perkebunan buah yang berada di daerah Imogiri Bantul. Lokasinya berada di dataran tinggi yang jika kamu berada disana akan terasa berada diatas awan.

Tempat ini begitu indah dan romantis, suasana alam yang menajubkan dan segarnya angin dataran tinggi akan indah jika kamu nikmati bersama dengan kekasihmu.

Dari atas tebing, kamu bisa melihat hamparan awan di langit dan yanh menarik, di antara tebing di tempat ini dibawahnya terdapat sungai yang begitu lebar dan melengkung, seperti sungai Amazon.

Di atas tebing di Kebun Buah Mangunan, kamu bisa berteriak kencang bersama kekasih untuk melepaskan penat atau kamu bisa menirukan gaya Rose and Jack dalam film Titanic, kemudian meminta seseorang untuk memotretnya dari belakang.

Dari ketinggian tebing di Kebun Buah Mangunan, kamu bisa mendapati pemandangan sunrise yang begitu indah, sebaiknya kamu bisa sampai di lokasi ini setelah subuh. Jadi untuk mendapatkan pemandangan sunrise yang indah, kamu perlu datang sepagi mungkin, mulai pukul 05.00 tempat ini sudah dibuka.

4. Berayunan Ria dan Naik Rumah Pohon di Hutan Pinus Imogiri

Pasangan Romantis Ala Jepang di Hutan Pinus Imogiri

sumber gambar: http://instajogja.com

Masih di dekat Kebun Buah Mangunan ada tempat wisata yang begitu romantis. Tempat tersebut adalah hutan pinus yang masih berada di daerah Imogiri.

Lokasinya dari Kebun Buah Mangunan, kamu harus kembali turun kebawah hingga kamu menemui pertigaan dengan tanda jalan menuju Hutan Pinus, Puncak Becici.

Di daerah Hutan Pinus Imogiri ini sangat romantis sekali, terdapat mainan berupa ayunan yang bisa kamu gunakan bersama kekasih kamu. Ada juga rumah pohon yang dibangun diatas pohon-pohon yang ada di tempat ini.

Rumah pohonya ada yang dibangun di pinggir tebing. Selain pohonnya yang tinggi, keberadaan rumah tebing yang berada di pingir tebing patut untuk kamu coba, saat diterpa hembusan angin rasanya jantung benar-benar berdebar. Apa kamu dengan kekasihmu berani untuk mencobanya?

5. Melihat Indahnya Pemandangan Jogja dari Puncak Becici

Tempat Menikmati Pemandangan Jogja Indah di Puncak Becici

sumber gambar: http://disbudpar.bantulkab.go.id

Puncak Becici terletak di Dusun Gunung Cilik, Desa Gunung Mutuk, Kecamatan Dlingo, Bantul, Yogyakarta dan wilayahnya masuk dalam RPH (Resort Pengelolaan Hutan) Mangunan, wilayah kerja Dishutbun Provinsi Yogyakarta.

Puncak Becici lokasinya searah dengan Hutan Pinus Mangunan, terdapat petunjuk-pentuk kecil yang bisa menuntun kamu untuk sampai di Puncak Becici Dlingo, jika kamu kebingungan, kamu bisa menanyakannya kepada warga sekitar lokasi tempat wisata Puncak Becici.

Tempat wisata Puncak Becici ini juga banyak tumbuh pohon cemara, disana kamu akan menemui bangku-bangku untuk duduk menimati pemandangan alam. Disediakan juga rumah pohon kecil agar kamu lebih bisa leluasa menikmati pemandangan.

Puncak becici merupakan tempat yang bagus untuk mengabadikan momen matahari tenggelam atau sunset. Karena puncak becici sendiri berada di tembing yang agak menjorok dan menghadap ke barat, sehingga pemandangan kota Yogyakarta sampai gunung merapi terlihat dengan jelas dari puncak becici ini.

6. Hamparan Titik Cahaya dari Bukit Bintang

Menikmati Pernak-pernik Lampu dari Bukit Bintang

sumber gambar: http://www.outingjogja.com/

Selepas dari Puncak Becici, kamu bisa langsung menuju Bukit Bintang. Yaitu saat kamu pulang dari Puncak Becici kamu kembali ke Jogja melalui jalur Gunung Kidul, nanti kamu akan melewati daerah yang bernama Bukit Bintang.

Bukit Bintang ini merupakan spot pemberhentian di pinggir-pinggir jalan menuju arah Gunung Kidul dari arah Jogja. Bukit Bintang yang terletak di Wonosari, dari atas sini pemandangan Jogja akan terlihat mengagumkan saat malam hari.

Bukit Bintang menjadi spot favorit terutama pasangan muda karena dai sini, kamu akan bisa menikmati pemangan indah yang mungkin tidak biasa kamu jumpai. Yaitu pemandangan seluruh kota Jogja dengan pernik warna-warni cahaya lampu yang mengaggumkan.

Lampu-lampu yang terlihat seperti berkedip atau atau berjalan akan didapat. Sambil menyesap secangkir wedang jahe di tempat makan yang terletak di atas tebing, membuat malam semakin indah.

Di tempat ini juga tersedia tempat-tempat makan yang menyajikan kecil untuk camilan seperti jagung bakar, bakso, mie dan ada juga makanan berat dengan minuman hangat maupun dingin.

7. Menjadi Ratu Sunset di Istana Ratu Boko

Menikmati Sunset Di Candi Ratu Boko

sumber gambar: https://i.ytimg.com

Candi Ratu Boko lokasinya tidak jauh dari Candi Prambanan, lokasinya berada diatas bukit di Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Candi ini mempunyai pemandangan yang begitu Indah karena lokasinya yang berada di atas bukit. Meskipun berada diatas bukit, candi ini berdiri di pelataran yang cukup luas, sejauh mata memandang kamu akan melihat candi seperti gerbang masuk sebuah Istana.

Candi Ratu Boko juga merupakan spot sunset terbaik, pemandangan sunset ditempat ini begitu indah dan sudah sangat terkenal, tempat ini juga pernah dijadikan tempat kencan Cinta dan Rangga pada film “Ada Apa dengan Cinta 2”.

Gerbang istana yang tinggal sisanya pun jadi frame sempurna. Jangan kaget jika melihat banyak orang sibuk membidik dengan kamera di dekat gerbang itu. Karena pemandangannya memang indah.

Saat mentari perlahan tenggelam, penampakannya pun makin terlihat luar biasa. Bangunan yang seperti pintu dan jendela tanpa daun pintu, di sinilah sunset dengan sinar cantiknya akan kamu dapat. Kamu bisa mengambil foto siluet bersama kekasihmu.

Tiket masuk ke komplek situs ini kurang lebih Rp 25.000 per orang. Usahakan segera turun setelah mentari tenggelam, karena area komplek ditutup untuk umum. Di dekat pintu masuk, ada restoran cantik yang menghadap ke kota. Pemandangan yang tersaji dari resto itu pun tidak kalah memukau.

8. Sendratari Ramayana di Prambanan

Wisata Budaya Romantis Menikmati Pertunjukan Sendratari Ramayana Prambanan

sumber gambar: http://wisata.adadimana.com

Tenggelam Wisata romantis di Jogja selanjutnya adalah menikmati budaya, yaitu pentunjukan Sendratari Ramayana di Candi Prambanan. Pertunjukan ini ada setiap hari selasa kamis dan sabtu dan dimulai pukul 19.30 WIB.

Pagelaran seni tari ini dilakukan dipanggung terbuka saat bulan Mei sampai Oktober, akan sangat memkau saat kamu menimati pagelar terbuka karena dengan latar belakang Candi Prambanan ditambah dengah hiasan lampu.

Namun jika kamu dan kekasihmu ingin datang dibulan november sampai april, Kalian tidak perlu khawatir, pertunjunkan Sendratari Ramayan tetap masih bisa kalian nikmati, hanya saja pertunjukannya digelar di Gedung Trimurti yang lokasinya tidak jauh dari panggung terbuka.

9. Mengayuh Odong-odong di Wisata Malam Alkid

Wisata Malam Naik Odong-odong Di Alun-alun Kidul

sumber gambar: http://eksotisjogja.com

Kegiatan di Alun-Alun Kidul ini menawarkan banyak sekali hiburan yang bisa di nikmati oleh wisatawan lokal maupun asing. Pada saat pagi hari, Alun-alun ini di fungsikan sebagai tempat olahraga, disini juga menyediakan alat olah raga yang sudah di pasang di tepi jalan sekitar Alun-Alun.

Selain itu kita juga bisa bersepeda santai, olah raga lari, atau sekedar jalan santai. pada saat minggu pagi, alun-alun ini terkadang juga diadakan acara senam sehat, sedangkan minggu siangnya sering dadakan lomba kontes burung dll.

Menjelang sore, Alkid mulai ramai dikunjungi oleh rombongan keluarga dan para Muda mudi yang ingin menghabiskan waktunya disini untuk berjalan-jalan sore atau sekedar duduk-duduk santai di warung lesehan yang menyediakan makanan dan minuman di sepanjang jalan.

Suasana malam hari di Alun-alun Kidul ini akan lebih seru lagi, karena para pengunjung akan di manjakan dengan Odong-odong (kendaraan lampu hias) bertebaran di sana-sini. Kendaraan atau becak kayuh yang dihiasi lampu-lampu itu menambah gemerlapnya malam di Alkid.

Kegiatan bermain sepeda yang dihiasi lampu dan musik ini yang sekarang membuat Alkid semakin tambah ramai di kunjungi para wisatawan lokal dan asing.bentuknya yang menyerupai binatang atau tokoh kartun, dan juga sediakan live musik dengan video dan musik yang dipasang di becak kayuh ini semakin meramaikan suasa di Alkid di malam hari.

Untuk para pengunjung yang ingin menyewa becak kayuh ini bisa menyewa dengan tarif sekitar Rp 15.000 – Rp 30.000  untuk 2 kali putaran. Becak ini bisa digunakan untuk 2 sampai 6 orang, tergantung pilihan model becak kayuh yang kalian pilih.

10. Taman Sari Keraton Yogyakarta

Tempat Romantis Jogja - Tamansari Yogyakarta

sumber gambar: http://wonderfulisland.id/

Dahulunya, Taman Sari merupakan tempat pemandian raja mataram dan juga istri-istrinya. Seiring berkembangknya jaman, Taman Sari sekarang menjadi salah satu ikon wisata budaya di Jogja.

Tanpa meninggalkan kearifan kulturnya, Taman Sari mampu menjelma jadi tempat wisata paling romantis di Yogyakarta. Ini adalah tempat dimana kamu dan pasangan bisa melewatkan hari spesial bersama, dengan atmosfer romantika budaya yang artistik

Sisi romantis dari tempat bersejarah ini tergali dari histori masa lalunya, serta arsitektur bangunannya yang bercitarasa seni elok. Eksotisme yang terpancar dari arsitektur bangunan yang ada di dalamnya, membuat suasana semakin romantis.

Dilihat dari umurnya, Taman Sari jelas merupakan bangunan tua peninggal jaman dahulu. Namun justru itulah yang membuatnya istimewa. Nilai sejarah yang dikandungnya, membuat Taman Sari menjadi spot favorit para wisatawan untuk berfoto ria.

Bahkan, Taman Sari merupakan salah satu tempat wisata yang banyak dimanfaatkan untuk langganan lokasi foto pre-wedding. Tidak sedikit pasangan yang memanfaatkan sisi romantisme bangunan yang diselingi kolam-kolam artistik ini untuk mengekspresikan kisah kasih asmara mereka.

Apalagi sekarang aktivitas keraton Jogjakarta sebagai sebuah kerajaan sudah tidak ada, sehingga Taman Sari telah menjadi sebuah objek wisata. Orang bisa bebas masuk dan memanfaatkan keindahan yang dimilikinya sebagai latar belakang berbagai foto sesuai keinginan.

Apalagi sekarang aktivitas keraton Jogjakarta sebagai sebuah kerajaan sudah tidak ada, sehingga Taman Sari telah menjadi sebuah objek wisata.

Orang bisa bebas masuk dan memanfaatkan keindahan yang dimilikinya sebagai latar belakang berbagai foto sesuai keinginan. Taman sari  adalah pilihan yang tepat untuk berwisata penuh cinta bersama pasangan terkasih kamu.

11. Pernak-pernik Titik 0 KM dan Bangunan lama Benteng Vredeburg

Wisata Romantis di Benteng Vredeburg

sumber gambar: https://auliafotovideo.blogspot.co.id

Benteng tidak hanya sebatas peninggalan jaman peperangan dulu yang identik dengan senapan, peluru, baju-baju perang, atau bahkan meriam yang sudah tidak terpakai. Di sini kamu bisa merasakan seperti apa perjuangan bangsa Indonesia.

Benteng Vredeburg menjadi salah satu bangunan bersejarah yang terletak dikawasan Malioboro dan titik nol kilometer. Jadi, jangan lupa untuk mengunjungi Benteng Vredeburg saat kamu jalan-jalan ke Malioboro. Benteng ini dahulu kala dikenal dengan sebutan Rusternburg atau tempat peristirahatan.

Dihari-heri tertentu, saat malam tiba tempat ini masih dibuka untuk umum. Banyak hal menarik yang bernilai edukasi yang bisa kamu jumpai saat kamu mengunjungi tempat ini.

Bagian halaman yang luas dengan panorama klasik tempo dulu bisa kamu habiskan dengan menaiki sepeda untuk dinaiki dua orang, kamu dengan kekasihmu. Pada bagian belakang, kamu bisa menaiki tangga dan berjalan mengitari bangunan benteng yang telah berusia ratusan tahun tersebut.

12. Dinner Romantis di Secret Garden Coffee & Chocolate

Dinner Romantis di Secret Garden Coffee & Chocolate

sumber gambar: http://foto.pituruh.com

Seperti dari namanya “Secret” yang dalam Bahasa Indonesia berarti rahasia, sangat sesuai dengan lokasi dari resto ini. Memang, obyek wisata kuliner malam ini berlokasi di daerah Wirobrajan, tempatnya agak tersembunyi karena sedikit masuk ke dalam gang. Namun, jika kamu sudah sampai lokasinya, kamu akan melihat luasnya dan memukaunya resto ini.

Secret Garden Coffee & Chocolate, sebuah destinasi wisata kuliner malam di Jogja yang menghadirkan suasana romantis dan elegan. Saat kamu berkunjung ke resto ini, kamu akan disuguhi dengan seni gaya bangunan yang menajubkan, gaya bangunan kombinasi Modern-Jawa Klasik dan berada di ruang terbuka menambah kesan yang begitu eksotis dan memukau.

Keasrian dan keindahan taman di resto ini benar-benar memberikan kesejukan dan kenyamanan alami hingga mampu menjadikan keadaan tersebut menarik para pengunjung untuk datang ke lokasi ini.

Mengingat suasana resto ini yang begitu romantis dan istimewa, sehingga tempat ini sangat direkomendasikan bagi kamu yang ingin dinner bersama pasangan hidupmu. Selain itu, tempat ini juga sangat cocok untuk berkumpul bersama keluarga dan sahabat.

Selain tempatnya yang romantis, restaurant ini juga menyajikan berbagai macam menu andalan. Menu-menu tersebut yaitu Secret Coffee, Secret Purple, Chocolate Secret Original, Secret Nutella Roll dan masih banyak lagi.

Selain itu, menu yang cukup difavoritkan yaitu Nasi Goreng keju yang memiliki rasa khas dan menggugah selera. Nasi Goreng keju tersebut, untuk 1 porsinya dipatok dengan harga Rp 22.000,-.

Untuk masalah harga, jangan khawatir. Di resto Secret Garden Coffee and Chocolate ini, harga yang ditawarkan cukup terjangkau untuk berbagai kalangan, khususnya bagi kamu yang masih mahasiswa. Jadi kamu bisa menikmati sajian kuliner yang lezat sambil menikmati suasana eksotis tanpa perlu khawatir memikirkan harga yang mahal.

13. Pantai Goa Cemara Bantul, Romantisme Diantara Rimbunan Pohon Cemara

Indahnya Pantai Goa Cemara Jogja

sumber gambar: http://traveling.maslatip.com

Seperti namanya, Pantai Goa Cemara. Pantai ini memang memiliki lahan luas yang ditumbuhi ribuan pohon cemara. Pemandangan inilah yang menjadi daya tarik tersendiri. Satu pohon dengan pohon lain akan membentuk semacam lorong yang sangat panjang dan seolah-olah tanpa batas.

Walaupun tergolong pantai yang masih baru, Pantai Goa Cemara ini sudah ramai pengunjung saat musim liburan. Bukan hanya wisatawan dari dalam Jogja saja tetapi sudah terkenal sampai di wilayah luar Jogja.

Hal yang menarik lainya dari Pantai Goa Cemara adalah adanya sebuah mercusuar setinggi kurang lebih 40 meter. Mercusuar ini boleh dinaiki oleh pengunjung, hanya saja dibatasi 2 pengunung sekali naik. Tiket untuk naik relatif murah, cukup membayar 5.000 rupiah kamu dan pasanganmu bisa menaiki menara ini.

Dari atas mercusuar, kamu akan bisa menikmati keindahan pantai di sekitar pantai goa cemara, pemandangan tambak udang yang ada disana, serta hamparan hutan pohon cemara yang menyebar di sepanjang pantai.

14. Kalibiru Kulon Progo Yogyakarta

Gardu Pandang Wisata Romantis Kalibiru Jogja

sumber gambar: http://www.pondokshafalla.com/

Kawasan wisata Kalibiru ini berada di sebuah desa wisata yang dikelola oleh warga masyarakat sekitar Hargowilis melalui Komunitas Lingkar. Komunitas ini juga sekaligus sebagai pengelola hutan kemasyarakatan yang terdapat di kawasan Kalibiru.

Tujuan pengelolaan wisata ini adalah untuk meningkatkan perekonomian warga masyarakat di sekitar hutan. Kawasan ini memiliki pemandangan yang sangat indah. Karena letaknya yang berada di ketiggian, pengunjung akan bisa melihat Waduk Sermo Kulon Progo dari atas.

Suasana pedesaan yang hangat menjadikan kawasan wisata ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Lokasi hutan wisata Kalibiru juga sangat cocok digunakan sebagai tempat makrab, outbound, wisata keluarga, dan lainnya.

Soal penginapan tidka perlu khawatir, di kawasan ini cukup banyak yang menyediakan homestay sebagai tempat menginap kamu bersama rombongan. Bahkan di tempat ini juga menyediakan suatu tempat yang di khsusukan untuk keperluan pre wedding bernuansa alam, sehingga menimbulkan kesan tersendiri bagi yang akan melangsungkan pernikahan.

Lokasi pre-wedding di Kalibiru yang sering digunakan adalah di rumah pohon karena dari sini dapat terlihat pemandangan Waduk Sermo dari atas dan terlihat sangat romantis.

15. Sindu Kusuma Edupark

Sindu Kusuma Edupark Jogja

sumber gambar: http://phinemo.com

Sebuah Ferris Wheel dengan lampu berwarna-warni di Sindu Kusuma Edupark semakin menambah semarak Jogja di malam hari. Sindu Kusuma Edupark atau SKE adalah taman rekreasi yang terbilang baru di Yogyakarta.

Susana ini makin lengkap dengan adanya tempat-tempat makan yang hadir di sekeliling Edupark, dengan begitu kamu bisa menikmati dan menghabiskan makan bersama dengan kekasih hidupmu.

Tempat wisata ini sangat cocok buat kamu dan pasanganmu untuk beromantis ria ala taman bermain. Kamu bisa ajak ia untuk menaiki Ferris Wheel atau Cakra Manggilingan, Saat berada diketinggian, kamu dan kekasihmu akan bisa menikmati suasana lampu kota Jogja yang indah dan warna-warni.

Jika kamu dan pasanganmu ingin menikmati hiburan lain yang menyenangkan, masih ada wahana lain yang juga seru, seperti bumper car, flying bycycle, maupun trampolin.

Jam operasional tempat ini adalah pukul 15.00 – 22.00 WIB. Harga tiket masuknya adalah Rp 20.000,- Sindu Kusuma Edupark berlokasi di Jalan Jambon, Sinduadi, Mlati, Kec. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan GushaironFadli.com. Redaksi berhak menyunting atau menghapus kata-kata yang berbau narsisme, promosi, spam, pelecehan, intimidasi dan kebencian terhadap suatu golongan.

Loading Disqus Comments ...
  • Add Your Comment