10 Faktor Penyebab Stres dan Solusi Efektif yang Perlu Kamu Ketahui

faktor penyebab stres

Image via www.goodcall.com

Faktor Penyebab Stres – Kita seringkali menemui pada realitas kehidupan manusia hampir di setiap hari manusia mengalami yang namanya stres. Sebagai bagian dari pengalaman hidup, stres merupakan hal yang rumit dan kompleks. Oleh karena itu stres dapat dilihat dari sudut pandang yang berbeda. Stres adalah setiap perubahan yang memerlukan penyesuaian.

Pada artikel ini akan dibahas mengenai stres, penyebabnya dan solusi efektif untuk mengatasi stres. Sebenarnya stres akan lebih mudah kita atasi jika kita memahami faktor-faktor penyebabnya. Untuk itu kenali terlebih dahulu apa itu stres.

Pengertian Stres

Secara umum mengenai stres adalah suatu kondisi atau keadaan dimana seseorang mengalami beban pikiran dan juga mental yang dapat mempengaruhi kondisi tubuhnya. Minimnya pengendalian terhadap gangguan stres jika terlalu berlebih bisa mengakibatkan lemahnya kondisi tubuh hingga menyebabkan penyakit psikosomatis.

Menurut pendapat ahli psikologi, pengertian stres seperti berikut :

Menurut pendapat Hardjana (1994), bahwa dalam peristiwa stres sekurang-kurangnya ada tiga hal yang saling mengkait; yaitu hal, peristiwa, orang, keadaan yang menjadi sumber stres (stressor) orang yang mengalami stres (the stressed) dan hubungan antara orang yang mengalami stres dengan hal yang menjadi penyebab stres (transaction) beserta segala yang tersangkut olehnya.

Faktor Penyebab Stres Paling Umum

Faktor yang menyebabkan munculnya stres pada seseorang dikenal dengan istilah stressor (sumber stress), biasanya stressor dapat muncul dari berbagai situasi dan kondisi tertentu. Banyak orang yang bahkan tidak menyadari apakah kegiatan yang dia lakukan merupakan salah satu bentuk stressor atau bukan.

Berikut ini ada beberapa hal dan situasi yang umum dialamai kebanyakan orang dan menjadi penyebab stressor pada seseorang :

1. Stres akademik

stres akademik

Image via www.uloop.com

Stres akademik adalah salah satu penyebab stres yang berasal dari bidang akademik. Stres di bidang akademik sering kali dialami oleh orang-orang yang ada didalamnya, bisa mahasiswa ataupun dosen. Banyak hal yang bisa menimbulkan stres akademik ini, biasanya muncul ketika seseorang gagal dalam menentaskan mata kuliah atau tugas tertentu, sehingga diharuskan mengulang pada kesempatan berikutnya.

Selain itu perolehan nilai dan juga prestasi yang rendah juga dapat menyebabkan seseorang akan mengalami stres.

2. Beban kerja & tanggung jawab yang berlebih

stres kerja banyak tugas kantor

Image via laruno.com

Stressor juga cukup sering timbul dari dunia pekerjaan. Dalam dunia pekerjaan, sudah pasti seseorang wajib menjalankan segala tugas dan tanggung jawabnya dengan sebaik-baiknya, agar tujuan dari perusahaan tersebut dapat tercapai.

Namun terkadang ada kalanya dimana beban kerja dan tanggung jawab yang dilimpahkan kepada seseorang terlampau berat, sehingga sulit untuk dilaksanakan dengan baik. Hal ini pastinya dapat menjadi salah satu penyebab stres kerja, terutama bagi mereka yang memiliki status sebagai karyawan dari sebuah perusahaan.

3. Perceraian

Hubungan tidak harmonis rentan perceraian

Image via www.femina.co.id

Perceraian sering kali terjadi karena sebuah permasalahan keharmonisan rumah tangga, pemicu perceraian ini beragam bisa karena permasalahan internal maupun eksternal yang berdampak terhadap internal pasangan yang sudah terjalin. Hal yang ini sering sekali diperdebatkan dalam masyarakat kita.

Percerian adalah sesuatu hal yang tidak sepele, dengan adanya proses perceraian akan berdamak terhadap hal lainnya yang berkepanjangan, dan salah satunya adalah stres. Seseorang yang mengalami perceraian dapat juga mengalami stres dan bukan tidak mungkin pada akhirnya malahan akan mengalami trauma berkepanjangan untuk menjalani pernikahan kembali.

Perceraian sudah jelas bukan perkara yang baik, sebisa mungkin perkara perceraian harus di jahui. Jadi bangunlah keluarga yang harmonis sedini mungkin dan jangan sampai salah pilih pasangan ya.

4. Hubungan yang tidak baik dengan orang lain

stres dari keluarga

Image via www.deherba.com

Hubungan yang tidak harmonis juga biasa terjadi di masyarakat kita, secara umum hubungan tidak baik itu muncul terhadap sesuatu yang sudah kita kenal, bisa teman, kekasih, bahkan kedua orang tua. Masalah ini bisa berarti individu maupun kelompok.

Pemicu retaknya hubungan dengan orang lain bisa disebabkan oleh banyak hal, bisa karena perselisihan, karena di tipu dan lainnya.

Hubungan yang tidak baik ini dapat menjadi stressor atau penyebab stres yang berkepanjangan hingga sampai adanya perdamaian dan saling memaafkan satu sama lainnya. Hal ini akan menyebabkan seseorang akan mengalami beban pikiran yang hebat setelah mengalami pertengkaran, dan akan menyebabkan munculnya stres.

5. Sakit keras

stres karena sakit

Image via www.all4women.co.za

Penyakit adalah sesuatu hal yang bersifat menggaggu seseorang, mungkin tidak ada yang tahu kapan penyakit akan menyerang. Ketika seseorang mengidap suatu penyakit, terutama penyakit-penyakit yang sifatnya kronis dan parah berkemungkinan dapat menyebabkan seseorang mengalami stres akan penyakit yang sedang dideritanya.

Kadang seseorang yang baru mengalami saja sudah bisa stres dan khawatir akan gelaja penyakit yang berpotensi seseorang derita, namun setiap orang punya tingkatan yang berbeda dalam menyikapi stres dan keadaan dirinya. sebenarnya stres akan sebuah penyakit akan berefek memperparah kondisi penyakit yang dideritanya.

6. Ditinggal oleh anggota keluarga dan orang tersayang

stres karena ditinggal orang tersayang

Image via wallpapersxl.com

Anugrah indah yang diberikan oleh Tuhan untuk seseorang adalah keluarga dan orang-orang tersayang yang peduli. Namun ketika seseorang tidak sadar akan anugrah itu sendiri, ketika seseorang harus kehilangan orang yang tersayang sepertinya akan cukup memberatkan.

Hal ini dapat menimbulkan kondisi stres pada mereka yang ditinggalkan, terlebih lagi apabila mereka yang ditinggalkan sudah tidak memiliki pegangan hidup lagi. Kondisi ini juga bisa terjadi karena penyebab kematian mendadak pada orang tersayang, seperti kecelakaan.

7. Kerugian usaha dan kebangkrutan

stres bisnis bangkrut

Image via www.merdeka.com

Memiliki bisnis sendiri merupakan sesuatu yang menjanjikan secara finansial. Namun tidak semua bisnis bisa berjalan mulus sesuai harapan, ada kalanya seseorang harus mengahadapi kerugian, bahkan kebangkrutan usaha.

Cobaan seperti ini seseorang berbeda-beda dalam menyikapinya, ada yang dapat menyikapinya dengan baik sebagai eustress, namun juga ada yang menyikapinya sebagai distress.

Bagi mereka yang menyikapinya sebagai distress, hal ini akan menyebabkan kondisi mental dan pikiran dapat terganggu dikarenakan terlalu memikirkan stres yang muncul. Jika dibiarkan stres berkepanjangan akan berakibat pada depresi dan bahkan mengarah kepada gangguan mental.

8. Beban hidup dan tanggungan hidup

stres pengangguran

Image via www.tempo.co

Kesejahteraan masyarakat, salah satu faktor penyebab stres yang umum terjadi. Seseorang yang tidak memiliki pekerjaan dan penghasilan akan mengalami kekurangan finansial.

Selain dalam pekerjaan, beban juga muncul pada kehidupan sehari-hari. Kondisi kebutuhan hidup yang semakin mahal dan tinggi, membuat banyak orang merasa tidak sejahtera dan menyebabkan stres karena semakin beratnya beban dan tanggungan hidup yang harus dipenuhi.

9. Beban hutang

Stres Banyak Hutang

Image via www.klimg.com

Hutang adalah salah satu faktor terbesar pemicu stres, beban hutang yang memiliki bunga tertentu bisa membuat seseorang memiliki beban dan mengharuskan seseorang bekerja keras untuk melunasi hutangnya. Namun demikian, terkadang usaha yang dilakukan tidak sebanding dengan hasil yang didapat.

Keadaan seperti ini bisa menyebabkan seseorang mengalami stres hingga dapat berujung pada kondisi depresi dan tertekan.

Perkara hutang seperti ini adalah jelas hal yang tidak baik. Jika memang dalam keadaan terdesak kita harus berhutang, carilah pinjaman yang tidak berbunga dan pinjamlah kepada kerabat dekat terlebih dahulu yang diutamakan.

10. Tekanan dari lingkungan sekitar

stres disuruh cepet nikah

Image via hellosehat.com

Lingkungan sekitar juga memiliki andil yang cukup besar dalam memunculkan stres pada diri seseorang. Salah satu tekanan dari lingkungan sekitar yang dapat menyebabkan stres misalnya tekanan dari pihak keluarga untuk bersegera menikah, yang apabila tidak disikapi dengan baik malah akan menyebabkan stres.

Beberapa faktor penyebab stres yang umum terjadi diatas, faktor tersebut dapat dapat memepengaruhi pikiran kita dan cara pandang kita dalam menyikapi situasi dan keadaan yang kita alami.

Solusi Efektif Mengatasi Stres pada Diri Sendiri

Stres yang seseorang alami dikarenakan tidak mampunya seseorang menyikapi keadaan pemicu stres yang di alaminya. Stres tersebut tercipta karena rasa adanya kerelaan yang ada didalam diri seseorang, terkadang juga menimbulkan rasa kekecewaan yang berlebih.

Bagaimana mencegah dan mengobati stres ?

Cara menghilangkan stres untuk semua orang secara umum sama, karena sebenarnya stimulus itu sebenarnya netral, selanjutnya jangan ijinkan ia menjadi stressor dalam hidupmu.

Stimulus itu adalah suatu keadaan atau situsasi yang mempengaruhi pikiran di dalam hidup seseorang, jika seseorang menghadapi stimulus yang negatif, ciptakan sebuah stimulus positif yang bisa menetralkan kembali bahkan menjadikan suasana hati dan pikiran menjadi positif.

Jadi, sulit atau tidaknya menghilangkan stres tergantung masing-masing individu, jawaban yang pasti adalah berusahalah! dan sikapi hidupmu dengan kerelaan, keikhlaan dan berserah diri kepada Yang Maha mengatur kehidupan. Jangan lupa berdoa dan bertindak!

Nah, cara-cara efektif yang bisa dilakukan dana mencegah dan mengobati stres antara lain :

  1. Hindari minuman yang menangadung kafein, alkohol dan nikotin dan tidak mengkonsumsi obat-obatan terlarang
  2. Makanlah makan-makanan yang bergizi yang bisa menimbulkan hormon penghilang stres
  3. Relaksasi olah nafas, latihan menarik nafas yang dalam, tarik nafas secara perlahan-lahan selama beberapa detik lalu hembuskan juga dengan cara perlahan
  4. Relaksasi otot sepaya bisa mengurangi ketegangan, dimulai dari kepala serta leher kemudian sampai ke jari-jari kaki, regangkan otot-otot yang kaku setelah itu rileks
  5. Pijat kepada ahli pijat terapi
  6. Rileks bisa dengan cara berendam di air hangat
  7. Rileks dengan mendengarkan musik relaksasi
  8. Memposisikan diri duduk dengan tenang lalu memberi afirmasi diri misalnya damai, dan mengulangi kata-kata tersebut.
  9. Melakukan sesuatu yang menjadi hobi dan menjalin sosialisasi
  10. Berbagi cerita dengan orang lain terdekat seperti keluarga dan sahabat dekat agar kamu lebih merasa tenang
  11. Penghilang stres yang efektif bisa dengan berbelanja, jalan-jalan melakukan refresing
  12. Mengatur waktu anda sebaik mungkin, beristirahat dan tidur teratur
  13. Meluangkan waktu untuk lebih fokus pada kehidupan spiritual (ibadah)

Stres akibat tugas banyak, berikut ada tips yang bisa kamu terapkan:

  1. Membuat urutan prioritas dari kegiatan yang paling penting, hingga prioritas sedang hingga tidak penting, semuanya perlu kami tulis di daftar list kamu. Kamu jangan berfokus terhadap hal-hal yang tidak penting,
  2. Selesaikan dulu pekerjaan yang sedang kamu kerjakan sebelum melanjutkan ke tugas yang lainnya, kerjakan satu persatu.
  3. Sebaiknya agar perkerjaan dapat diselesaikan tepat waktu jangan di tunda-tunda. Jika memungkinkan dan kamu ada waktu longgar, kamu bisa mencicil tugas-tugas kamu jauh-jauh hari. Sehingga kamu bisa belajar yang lainnya tentang hal yang menyenangkan dan kamu sukai.

Cara mengatasi stres akibat sebuah keputusan :

  1. Pikirkan hal penting apa saja yang bisa mempengaruhi dan juga bia mengganggu keputusanmu.
  2. Pertimbangkan dengan seksama tentang kelebihan dan juga kekurangan dari setiap faktor dalam keputusan yang kamu pilih
  3. Pikirkan secara logis mengenai kenyataan, sebaiknya jangan terlalu larut dengan perasaan
  4. Berfikirlah dengan tenang
  5. Sebaiknya jangan takut untuk bertanya dan melakukan konsultasi
  6. Belajarlah dari pengelaman yang sudah pernah ada dan pernah kamu alami.

Jika keputusan perlu untuk di diskusikan, diskusikan dengan pihak yang berkaitan dengan keputusan yang diambil.

Jika keputusan ini untuk bersama / kelompok, tujuannya adalah agar semua pihak bisa mengerti dan mempunyai rasa tanggung jawab bersama serta punya rasa memiliki.

Penutup

Sejatinya semua pemicu stres adalah cobaan untuk diri seseorang agar lebih terangkat derajat kita lebih tinggi lagi, di sisi Tuhan dan dengan hubungan antar manusia sendiri. Jika seseorang bisa melewati sesuatu yang sulit di dalam kehidupan-kehidupannya, ia akan lebih bisa hidup lebih baik dalam menjalani kehidupan. Tentunya banyak pelajaran berharga yang bisa didapatkan jika seseorang senantiasa bersabar.

Itulah beberapa penyebab dari stres yang umum kita temui di masyarakat, dan beberapa tips untuk mencegah dan mengobati stres. Jangan lupa bagikan artikel ini ya, semoga bermanfaat.

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan GushaironFadli.com. Redaksi berhak menyunting atau menghapus kata-kata yang berbau narsisme, promosi, spam, pelecehan, intimidasi dan kebencian terhadap suatu golongan.

Loading Disqus Comments ...
  • Add Your Comment