Keajaiban Pelukan Seorang Ibu Bagi Si Kecil

Pelukan ibu meningkatkan sistem imun si kecil

sumber gambar: https://media.viva.co.id

Saat berbicara tentang ibu memang tidak ada habisnya, Ia adalah malaikan tanpa sayap yang ada didunia, menjalani tugas yang begitu mulia dari Sang Pencipta. Ibu adalah sosok yang begitu istimewa di hati anak-anaknya.

Kasih sayang yang ia berikan begitu berarti, bagi seorang anak kasih sayangnya  tidak akan pernah terganti. Mana mungkin anak akan bisa ada di dunia ini tanpa kehadiran seorang ibu. Itulah sungguh pengorbanan ibu sungguh sangat berarti.

Semoga kita para anak-anak bisa senantiasa mencintai dan menyayangi ibu, ialah matahari yang selalu menerangi dan menghangatkan. Terimakasih kita semogga takkan pernah terhenti, karena sampai mati tidak akan mampu membalasan kasih cinta dan pengorbanan seorang ibu.

Sudah tahukah kamu? Tetang pelukan seorang ibu, bahwa hal itu begitu luar biasa memberikan manfaat bagi buah hati. Buka hanya saat anak masih kecil, namun sungguh seorang anak membutuhkan pelukan ibu hingga tumbuh dewasa.

Kasih sayang yang seorang ibu berikan, akan mampu membuat nyaman anak-anaknya. Naluri keibuan yang ia miliki dapat merubah segalanya bagi seorang anak. Meskipun terlihat sederhana, pelukan seorang ibu jauh lebih efektif jika dibandingkan dengan pujian atau hadiah.

Pelukan seorang ibu akan memberika rasa nyaman, aman, ketenangan dan tumbuh rasa empati yang tinggi dalam diri seorang anak. Inilah hal-hal positif keajaiban dari pelukan seorang ibu untuk anak.

Menyehatkan Jiwa Raga

Saat seorang ibu memelukan anaknya, akan ada rasa nyaman, aman dan hangat bagi anak sehingga dapat memberikan ketenangan, menurunkan tekanan darah dan menghilangkan stres.

Tidak hanya itu pelukan seorang ibu juga dapat meningkatkan rasa percaya diri dan penghargaan diri anak, anak akan memiliki fikiran dan mental yang lebih baik sehingga terdorong untuk menjadi lebih baik.

Kebahagiaan yang dirasakan di dalam hati sang anak juga akan membuat jiwa serta raganya lebih sehat. Anak akan senantiasa merasakan kedamaian hati.

Menguatkan Sistem Imun

Ibu adalah malaikat di dunia yang ditugaskan untuk mencintai, menjaga, melindungi dan mendidik seorang anak. Ibu mampu memberikan ketenagan dan kekuatan bagi seorang anak.

Saat seorang anak sedang sakit, ibu yang menemani sang anak dan memeluknya, memberikan kasih sayang dan menghiburnya akan berdampak lua biasa bagi kesehatan si anak.

Keajaban kasih sayang ibu juga bisa di buktikan secara ilmiah, bawasannya sentuhan seorng ibu mampu merangsang kelenjar tymus yang bisa merangsang sel darang putih bagi anaknya, sel darah putih ini berperan dalam pertahanan tubuh manusia.

Mengurangi Ketegangan Syaraf

Saat anak sedang rewel mungin keadaan emosi dari si anak sedang kurang stabi, di saar ibu memeluk dan menggending si anak akan perlahan diam dan tenang.

Di dalam pelukan ibu akan membuat rasa nyaman yang dirasakan oleh si anak. Para ahli menemukan bahwa saat ibu memeluk si anak, produktivitas gormon endomorfin akan meningkat, hormon ini bisa memberikan rasa nyaman di dalam diri manusia.

Sebab, peningkatan hormon tersebut dapat memberi efek kepada syarat-syaraf yang tegang menjadi berkurang, selain itu juga mengatur normalnya tekanan darah.

Mempercepat Pertumbuhan dan Perkembangan Anak

Di dalam tumbuh kembang seorang anak, kasih sayag ibu juga sangat mempengaruhinya. Seorang bayi yang sering dipeluk oleh ibunya akan berkembang lebih cepat dibanding bayi yang jarang mendapatkan pelukan dari ibunya.

Melly Puspita Sari, Psi., seorang Psikolog yang juga pengarang buku “The Miracle of Hug” mengungkapkan bahwa pelukan kepada anak sebaiknya diberikan minimal delapan kali dalam sehari dari kedua orang tuanya.

Karena menurutnya, hal tersebut bisa memberikan energi baru bagi anak, anak akan lebih bersemangat dalam menjalani aktivitas sehingga potensi yang ada di dalam diri seorang anak dapat berkembang optimal.

Meningkatkan Kecerdasan

Ibu sangat utama perannya dalam tumbuh kembang kecerdasan anak. Didalam tumbuh kembangnya, anak membutuhkan seorang ibu disisinya untuk selalu menemani, membimbing, mengajari dan mengajaknya bermain.

Kasih sayang ibu kepada anak akan memacu interaksi yang baik antara ibu dengan anak, interaksi yang baik dan efektif bisa dengan belaian dan pelukan dari seorang ibu.

Penelitian pernah membuktikan bahwa pelukan lembut penuh kasih sayang dari seorang ibu, dapat merangsang aliran darah menuju otak lebih lancar, hal ini dapat meningkatkan keceradan seorang anak.

Saat aliran darah mengalir dengan lancar dan normal, kecerdasaan berfikir anak akan lebih baik sehingga si anak akan lebih mudah dan cepat dalam memahami sesuatu.

Meningkatkan Kepekaan dan Rasa Empati pada Anak

Mengajarkan kasih sayang dan rasa empati kepada seorang anak akan lebih sempurna saat masih bayi. Saat si anak masih bayi, kulit masih sangat lembut, halus dan enak disentuh. Siapun pasti senang membelai si kecil yang manis itu.

Sering-sering mengusap, membelai dan memeluk si kecil sedini mungkin adalah salah satu cara terbaik yang bisa orang tua lakukan untuk perkembangan si anak. Sangat sederhana namun luar biasa.

Semakin dini usia si kecil fungsi indera-indera didalam dirinya masih sangat tajam. Sentuhan bisa menstimulasi segala sesuatu. Si kecil saat masih bayi, sentuhan dan memacu si kecil untuk bernafas lebih baik, mengembangkan sistem kekebalan tubuh sampai mempengaruhi kondisi mental dan emosional yang baik.

Sentuhan dengan cinta adalah cara efektif untuk berkomunikasi dengan si kecil, apakah kamu ingin menunjukkan bahwa ia aman, dicintai, misalnya saat kamu ingin bilang: “Ini waktunya bobo, sayang.”

Seiring si kecil tumbuh dewasa, rasa kasih sayang yang dirasakan oleh si kecil akan tumbuh di dalam dirinya. Ia akan hidup penuh dnegan cinta dan kasih sayang kepada sesama.

Itulah beberapa manfaat dari keajaiban pelukan seorang ibu, ternyata memberikan efek yang luar biasa bagi anak. Apakah bunda sudah memeluk si buah hati hari ini?

Sumber:
– http://www.parenting.co.id/bayi/arti+pelukan+bagi+kesehatan+bayi
– http://www.tandapagar.com/keajaiban-pelukan-seorang-ibu/

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan GushaironFadli.com. Redaksi berhak menyunting atau menghapus kata-kata yang berbau narsisme, promosi, spam, pelecehan, intimidasi dan kebencian terhadap suatu golongan.

Loading Disqus Comments ...
  • Add Your Comment