20 Daftar Makanan Penghilang Stres yang Enak dan Menyehatkan

Makanan Penghilang Stres – Sebenarnya stres bisa di atasi secara cepat dengan mengunakan obat pereda stres, meskipun ada yang herbal ada juga yang berbahan kimia. Hal itu dirasa bukan cara yang baik untuk menghilangkan stres, sebaiknya meminimalisir penggunaan obat-obatan.

Cara mengatasi stres terbaik adalah dengan cara pengobatan dari dalam diri sendiri secara alami, yaitu cara yang dapat kita latih dan biasakan setiap harinya. Jika seseorang sudah terbiasa melakukan hal-hal tersebut, pikiran tidak akan mudah terkena stres serta tubuh akan menjadi sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Salah satu cara yang sederhana, menyenangkan dan mudah dilakukan adalah dengan cara mengkonsumsi makan-makanan penghilang stres yang bergizi, di imbangi olahraga teratur untuk membiasakan hidup sehat.

Ada jenis makanan tertentu yang dapat mengurangi stres pikiran yang menganggu kesehatan dan mental kamu. Berikut ini daftar makanan penghilang stres yang bisa kamu jadikan pilihan untuk meredakan stres pikiranmu. Makanan ini selain menyehatkan juga enak untuk dikonsumsi.

1. Susu

Susu Untuk Mengatasi Stres

Image via pexels.com

Susu merupakan minuman yang mengandung lemak yang rentan menjadikan tubuhmu jadi gemuk, kandungan protein dan kalsiumnya bisa memberi rasa rileks dan mengurangi rasa stres pikiran. Coba kamu minum susu segar saat hangat sambil duduk dan merasakan indahnya pagi.

Rasakan suasana nikmatnya susu hangat dan suasana bagi yang menyegarkan, hal ini salah satu cara sederhana yang ampuh untuk mengurangi rasa stres. Minum segelas susu hangat di waktu pagi ini berdasarkan penelitian yang di lakukan oleh Mary Dallman, PhD, seorang profesor fisiologi di University of California, San Fransisco.

Beliau menyimpulkan bahwa kandungan kalsium dalam susu sangat baik untuk menenangkan hati dan menambah mood seseorang, kalsium dapat mengurangi ketegangan otot dan menenangkan saraf.

Jadi jika kamu merasa stress atau depresi, cobalah ambil waktu sejenak untuk meminum segelas susu kemudian istirahatkan dirimu dengan cara relaksasi. Juga perhatikan bahwakamu memilih susu yang rendah lemak (low-fat) jika kamu takut gemuk.

2. Kacang Almond

Kacang almond untuk mengobati stres

Image via alphacoders.com

Kacang almond merpakan camilan yang enak dan gurih, teksturnya yang keras dan lembut akan sangat renyah saat dimakan, kriuk kriuk gitu deh. Kacang almon yang renyah ini ternyata bisa menenangkan otak dan mampu menangkal radikal bebas pemicu stres.

Kandungan vitamin yang kaya seperti vitamin B2, vitamin E, magnesium dan zat seng, Kacang almond cukup layak sebagai camilan untuk solusi menghilangkan stres. Vitamin B dan magnesium-nya juga membantu menenangkan dan mengendalikan mood.

Zat seng-nya yang terkandung di dalamnya ampuh melawan stres. Vitamin E-nya kaya akan antioksidan yang bisa menghancurkan radikal bebas penyebab stress sekaligus meminimalisir sakit jantung. Selain vitami E yang menjadi andalannya, kacang almond juga banyak mengandung vitamin C yang baik untuk tubuh.

Cara mengonsumsinya cukup dengan takaran satu genggaman tangan saja untuk setiap harinya karena jika kelebihan, kandungan lemaknya bisa menjadikan kamu cepat gemuk.

3. Cokelat Hitam

Coklat Hitam untuk Obat Stres

Image via media.npr.org

Camilan ini sudah tidak diragukan lagi bisa mengurangi stres, walaupun ujung-ujungnya bisa bikin kamu gemuk. Tapi gak masalah yang penting rasa stres kamu bisa menghilang. Coklat yang manis bisa membantu menenangkan pikiranmu dan membuat tubuh kamu lebih rileks.

Berdasarkan data dari Times of India, rahasia khasiat coklat hitam (dark chocolate) mampu menghilangkan stres adalah pada kandungan theobromine dan phenylethyamine, zat yang bisa meningkatkan mood seseorang.

Perlu di perhatikan bahwa tidak dianjurkan mengkonsumsi coklat hitam secara berlebihan saat kamu mengalami depresi ataupun stres. Konsumsilah secukupnya dan juga pastikan yang kamu makan adalah dark chocolate minimal 50 persen yang sedikit mengandung gula. Dark chocolate memiliki kadar gula yang terlalu tinggi.

Untuk mengonsumsinya, bisa dengan melelehkan dark chocolate dan mencelupkannya buah stroberi atau buah-buahan lainnya yang kamu sukai. Penambahan stroberi akan cukup membantu mestabilkan kadar gula darah serta mengurangi kecemasan kita.

Selain coklat sebagai bahan makanan, alternatif yang nikmat untuk kamu konsumsi adalah minuman coklat. Pilihlah minuman coklat yang panas-panas hangat.

Suhu tubuh yang menjadi hangat merupakan suatu pertanda bahwa pikiran kita merasa nyaman. Minum secangkir cokelat panas dapat meningkatkan suhu badan, kemudia otak akan memberi respon bahwa kita sedang nyaman, stres pun bisa berkurang.

4. Keju

keju untuk obat stres

Image via weknowyourdreams.com

Keju mempunyai tekstur lembut dan cita rasa yang sedikit manis, kandungan protein hewani di dalamnya bisa membantu memproduksi serotonin. Protein di dalamnya juga tinggi akan asam amino tryptophan yang efeknya bisa menimbulkan rasa bahagia sama seperti serotonin.

Khasiat asam amino di dalamnya akan lebih efektif jika dikonsumsi bersama dengan makanan berkarbohidrat. Hal ini bisa membuat otak merasa lebih tenang sehingga dapat menjadi pertahanan diri dari stes dan depresi. Rasanya yang enak gurih lembut dimulut. Membantu mencerdaskan otak dan kamu siap beraktifitas lagi.

5. Buah Blueberry

buah blueberry ampuh mengatasi stres

Image via pixabay.com

Terlihat pada warnanya yang gelap, buah bluberi (blueberry) kaya akan antioksidan yang sangat bermanfaat untuk kekebalan tubuh. Selain itu, buah ini juga rendah kalori dan kaya akan serat, vitamin C cukup tinggi terkandung di dalamnya bisa menjadikan pikiranmu lebih rileks saat menghadapi tekanan.

Buah ini punya rasa yang asam dan manis, rendah kalori dan kaya akan serat + vitamin C. Kombinasi nutrisi tersebut sangat baik untuk tubuh, tubuh akan merasa segar dan pikiran menjadi rileks dan tenang. Berbagai masalah apapun akan lebih cepat dengan mengkonsumsi buah ini.

Secara ilmiah menurut penelitian Nurses’ Health Study, buah bluberi banyak mengandung zat antioksidan dan flavonoid yang dapat mencegah penuaan otak yang disebabkan oleh stres berat. Buah banyak tumbuh di Amerika Serikat, jika kesulitan mencari buah ini alternatifnya dapat diganti dengan buah stroberi dan keluarga buah berry lainnya.

6. Buah Pisang

buah pisang untuk obat stres

Image via pixabay.com

Buah yang enak dan nikmat ini sangat bagus untuk menghilangkan stres untuk yang memakannya. Hal ini karena pisang kaya akan vitamin A, B, dan C.  Kandungan vitamin B yang tinggi sangat ampuh membantu menenangkan sistem saraf dan mengurangi stres dengan kandungan potasium-nya.

Pisang juga mengandung tryptophan, sejenis protein yang di ubah menjadi serotonin  didalam tubuh untuk memberi rasa rileks, memperbaiki mood dan membuat bahagia.

Nutrisi di dalamnya cukup baik untuk meningkatkan konsentrasi, mengkonsumsi pisang saat baik untuk sarapan pagi, hal ini bisa menjadikan kemampuan belajar siswa akan terpacu karena kandungan kalsium tinggi yang ada di dalamnya. Kalsium adalah zat yang berfungsi membantu meningkatkan konsentrasi dan kewaspadaan.

Sedangkan mineral yang terkandung dalam buah ini sangat bermanfaat baik untuk tubuh, terutama di saat stres, pisang juga terkenal bisa menormalkan detak jantung.

7. Buah Jeruk

buah jeruk obat stres

Image via pixabay.com

Kandungan vitamin C yang ada pada buah jeruk juga baik untuk mengurangi stres. Jeruk juga bisa mengembalikan kortisol dan tekanan darah ke tingkat normal tanpa tekanan.

Lainya buah jeruk cukup banyak mengandung serat, vitamin dan nutrisi lainnya. dengan begitu akan baik untuk mengurangi rasa penat, stres dan rasa kesalmu.

Buah ini juga memiliki kandungan gula alami yang bisa mengurangi rasa depresi pada tubuh. kamu bisa mencobanya untuk mengkonsumsi buah jeruk saat kamu sedang depresi dan stres, setelahnya kamu akan meras fres dan tersegarkan kembali.

8. Buah Alpukat

Buah Alpukat untuk Obat Stres

Image via pixabay.com

Salah satu cara yang terbaik untuk menurunkan tekanan darah adalah dengan memberikan asupan kalium yang cukup untuk tubuh. Hal ini bisa kamu peroleh dari buah alpukat.

Buah ini mempunyai daging yang tebal dan lembut mengandung lemak tak jenuh tunggal dan potasium, yaitu dua zat yang mampu menangkal stres dan depresi dan dapat memperbaiki suasana hati.

Sebuah penelitian besar yang pernah dilakukan selama 11 tahun di Spanyol, para relawan yang gemar makan buah alpukat kecil risiko mengidap depresi. Para ilmuwan sepakat bahwa semua itu berasal dari lemak tak jenuh tunggal pada alpukat.

9. Ikan Tuna dan Ikan Salmon

Daging Ikan Tuna Kaya Omega 3

Image via pixabay.com

Ikan tuna dan ikan salmon memiliki zat omega 3 yang tinggi baik untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan otak. Namun ataukah kamu bahwa zat omega 3 tersebut juga bisa membuat otak kamu menjadi lebih tenang?. Karena itulah dianjurkan untuk sarapan dengan memakan ikan agar otak kamu siap mendapat berbagai macam tekanan.

Ikan tuna dan ikan salmon selama ini terkenal karena nutrisinya yang menyehatkan dan bagus untuk perkembangan otak. Nutrisi tersebut yaitu zat omega-3, omega-3 selain bagus untuk kecerdasan otak juga berefek luar biasa sebagai penenang otak dan penyegar otak. Hal ini bisa membuat pikiranmu bebas dari yang namanya stres.

Selain itu hampir ikan tuna, salmon dan hampir semua ikan laut mengandung vitamin B kompleks, terutama B6 dan B12 yang cukup bagus untuk meredakan stres.

Adanya vitamin B12 bisa menciptakan hormon yang menjadikan suasana senang yang diproduksi oleh otak, jika seseorang kekurangan vitami B12, ia akan rentan mengidap gangguan stres.

10. Asparagus

asparagus untuk obat stres

Image via thekitchenwitchblog.com

Asparagus merupakan jenis sayuran yang bisa membantu meningkatkan kadar asam folat, fungsinya untuk menstabilkan mood pikiran dan menjaga kesehatan mental.

Zat asam folat bekerja untuk menghasilkan hormon serotonin, hormon yang dapat memicu rasa bahagia dan rasa nyaman. Dengan begitu pikiran kamu menjadi bersemangat kembali untuk menjalani aktifitas apapun.

11. Gandum

gandum untuk mengatasi stres

Image via spirit.web.id

Makanan dari gandum dapat menstimulasi produksi sterotenin yang mampu menghilangkan stres dan menenangkan otak. Gandung ini juga kaya akan vitamin dan zat gizi yang sangat baik untuk di konsumsi tubuh.

Makanan dari gandum biasa digunakan untuk program diet dan menurunkan berat badan. Ketika kamu stres, kamu tidak perlu takut menjadi gemuk, karena kandungan gizinya cukup bisa memenuhi kebutuhan tubuh.

Cobalah mengganti sarapan pagimu dengan menu all about whole grain. Hal tersebut disarankan oleh Elisa Zied, penulis buku Nutrition at Your Fingertips, yang menemukan fakta bahwa kandungan vitamin B pada gandum dapat menstimulasi produksi hormon serotonin yang bisa menenangkan otak.

Makanan satu ini sendiri termasuk dalam kategori low-fat, yang tentunya tidak akan menambah kadar lemak serta gula dalam tubuh.

12. Kedelai

Susu Kacang Kedelai untuk Mengatasi Stres

Image via waluwah.com

Kedelai banyak memiliki kandungan vitamin B, kalsium, magnesium dan nutrisi lainnya. Manfaat kedelai tidak berbeda jauh dengan susu ataupun yogurt. bahkan kedelai sangat baik dijadikan sebagai pengganti susu karena rendah lemak.

Karena itulah kamu tidak perlu khawatir gemuk dengan mengkonsumsi maknan dari kedelai, di tambah makanan dari kedelai juga membuat stres hilang dan tubuhpun akan tetap langsing.

Tempe, tahu, atau susu kedelai juga bisa menjadi pilihan kamu untuk meredakan stres. Harga bahan makanan ini cukup terjangkau, bisa dibilang murah. Dan makanan, minuman yang berasala dari kedelai cukup mengenyangkan perut.

Menurut Prevention Magazine’s Nutrition Advisor, kandungan kedelai dari kadar protein, vitamin B, kalsium dan magnesium di dalamnya mampu menghilangkan stres dan menyehatkan. Stres hilang, kesehatan tubuhmu pun juga terjaga.

13. Ubi Rebus

Ubi rebus bisa mengatasi Stres

Image via id.wikihow.com

Ubi mengandung vitamin B dalam bentuk asam pantotenat yang banyak terdapat pada ubi jalar, kandungan vitamin B bisa membantu memproduksi hormon pereda stres sehingga tubuh tidak kekurangan hormon yang digunakan ketika tubuh sedang stres.

Ubi baiknya direbus dan di konsumsi sewaktu amsih hangat agar lebih nikmat, selain itu jika kamu suka. Konsumsi bersama kulitnya karena pada kulit ubi mengandung banyak serat dan antioksidan.

Saat seseorang stres, kebutuhan karbohidrat dan gula meningkat dan dibutuhkan oleh tubuh. Nutrisi yang ada pada ubi seperi kabohidrat, betakaroten, vitamin, gula, dan serat bisa membantu tubuh mengatasi gangungan yang kamu alami.

Baca juga artikel: 20 manfaat ubi jalar untuk kesehatan yang perlu kamu ketahui.

14. Brokoli

Brokoli untuk mangatasi stres

Image via penabiru.com

Brokoli merupakan sayuran yang kaya akan nutrisi, mampu menangkal berbagai macam penyakit dan membuat tubuh kamu menjadi sehat.

Menurut seorang ahli gizi asal India yang bernama Maithili Kelkar, brokoli adalah sayuran yang banyak mengandung antioksidan yang baik untuk meredakan stres.

Kandungan vitamin B terutama folic acid ydi dalamnya terbukti tidak hanya dapat meredakan stres, tapi juga sindrom panik, gelisah, hingga depresi. Sayur brokoli sangat baik untuk dikonsumsi bagi orang yang sedang diet, penerapannya sayuran ini sering di jadikan salad (makanan program diet).

15. Teh Hijau

Teh hijau hangat untuk relaksasi

Image via beritagar.id

Teh hijau memiliki aroma yang harum, aromanya itu mampu membuat kamu merasa tenang. Teh ini juga mengandung asam amino thenine yang bisa menenangkan otak dari berbagai hal yang akan menyebabkan stres.

Cobalah nikmati teh hijau pada saat malam hari setelah melakukan aktifitas yang melelahkan seharian. Minum selagi panas dan biarkan diri kamu rileks.

Jika stres menyerang, minumlah teh hijau yang menyehatkan ini. Jangan membiasakan minum soft drink apalagi minuman yang mengandung alkohol. Kandungan asam amino thenine yang dipercaya dapat menenangkan otak.

Banyak sekali kandungan didalam teh hijau ini yang sangat baik untuk kesehatan seperti catechin yang dapat mencegah radikal bebas dan bisa menyehatkan mata.

Penelitian oleh Dr. Kaijun Niu dari Tohoku University Graduate School of Biomedical Engineering, Jepang menemukan fakta bahwa kakek nenek yang mengonsumsi 4 gelas teh hijau sehari akan jarang mengalami depresi, sekalipun mereka hanya tinggal sendirian jauh dari kerabat dan juga teman.

16. Madu

Madu sebagai pereda stres

Image via pixabay.com

Madu adalah obat stres alami, rasanya yang manis dan banyak mengandung banyak khasiat untuk kesehatan tubuh kita. Madu kaya akan vitamin dan antioksidan yang sangat baik untuk membantu regenerasi sel, meningkatkan kekebalan tubuh, melawan depresi, sebagai anti peradangan dan juga bisa untuk antibiotik.

Rasa manis yang ada pada madu memberikan efek tenang, sedangkan nutrisi yang terkandung pada madu sebagai pendorong energi. Selain madu, royal jelly yang berasalah dari sarang lebah madu juga amouh untuk mengurangi kecemasan dan juga stress.

Terdapat banyak kandungan vitamin B kompleks pada royal jelly seperti: B1, B2, B6, B12, biotin, asam folat, dan inositol bisa menyegarkan tubuh dan merenganggang syaraf-syaraf pada tubuh. Selain itu juga kaya akan kandungan vitamin B5 atau asam pantotenat yang dikenal dengan khasiatnya untuk mengurangi gangguan stres.

17. Ice Cream

ice cream bisa meredakan stres

Image via pixabay.com

Makanan yang satu ini sudah tidak asing bagi kita, rasanya manis dan dingin. Jadi kalau kita sedang stres bisa mendinginkan kepala dengan memakan ice cream hehehe.

Rasanya yang manis dan dingin bisa menghilangkan penat atau stres. Bisa kebanyangkan kalau otak sama hati lagi panas-panasnya terus dikasih ice cream yang manis dan sejuk pasti rasanya segar.

Ice cream menjadi solusi paling umum untuk kamu yang mengalami stres dan juga depresi. Terutama bagi remaja dan anak-anak karena rasanya yang lezat dan menyegarkan pikiran. Ice cream dingin dan rasanya yang manis mampu ‘mendinginkan’ kepala kita di saat pikiran stres.

Penejasan secara ilmiah menurut penelitian di University of Califronia, menunjukkan bahwa susu dan krim yang banyak terkandung di dalam ice cream diyakini banyak memiliki asam amino tryptophan yang mampu menenangkan otak kita.

18. Yogurt

yogurt untuk obat stres

Image via pixabay.com

Saat kamu sedang merasa stres coba konsumsi yogurt, tidak berbeda jauh dengan susu yang berkhasiat untuk mengatasi stres. Yogurt bisa mengembalikan kebugaran tubuh kamu, dan juga melancarkan pencernaan, manfaat lainnya juga bisa melangsingkan tubuh kamu.

Yogurt akan lebih terasa enak di nikmati dalam keadaan dingin, dari pengalaman pribadi sewaktu masih kos di Jogja dulu, hampir setiap dua hari sekali secara rutin aku mengkonsumsi yogurt. Waktu penat-penatnya bagus target pekerjaan, minum yogurt pikiranku terasa segar kembali.

19. Oatmeal Gandum

oatmeal gandum madu untuk kesehatan

Image via pixabay.com

Semangkuk oatmeal hangat dari bahan gandum untuk konsumsi pagi hari akan memberikan kehangatan dan kelezatan yang bisa meredakan stres kamu. Makanan ini akan merangsang peningkatan hormon serotonin yang membuat pikiran menjadi lebih tenang.

Selain itu, makanan ini cukup aman karena rendah kandunga gula yang aman saat dikonsumsi. Akan lebih nikmat jika ditambahan kayu manis di dalamnya karena akan membantu menghilangkan rasa frustasi, sedangkan tambahan madu akan memenuhi keinginan kamu untuk menyantap makanan manis.

20. Kismis

Kismis untuk meredakan stres

Image via reps-id.com

Kismis merupakan makanan yang kaya akan selenium, magnesium serta vitamin B yang berperan meredakan stres. Makanan tersebut juga efektif digunakan untuk relaksasi otot.

Vitamin E dan B2 yang terkandung pada almon dapat melawan depresi dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Demikian juga kismis yang kaya nutrisi dan serat.

Kismis ini kandungan gizinya hampir mirip dengan kacang almon yang disebutkan diatas, makanan lain yang memiliki gizi mirip antara lain buah aprikot, kacang hazelnut dan kacang mete.

Penutup

Itulah 20 makanan penghilang stres yang bisa kamu konsumsi, makanan-manakan tadi adalah makanan yang memiliki rasa-rasa yang nikmat serta kaya akan gizi. Selain itu jangan lupakan untuk banyak-banyak meminum air putih saat kamu stres, air putih juga sangat baik untuk meredakan stres kamu.

Setelah mengkonsumsi makanan-makanan tersebut, bukan  berarti stres kamu bisa hilang selamanya lo, apalagi stres yang sudah menjadi kebiasaan. Makanan diatas hanya berfungsi untuk menghindari dan mengurangi stres kamu.

Untuk mencegah stres agar tidak mudah kambuh, serta kamu bisa mempunyai benteng diri sebagai pelindung stres, kamu perlu mempunyai kebiasaan-kebiasaan positif yang bisa menjadikan kamu tidak mudah stres, hal-hal tersebut dapat dilatih.

Masalah apapun yang membuat kamu stres atapun depresi harus kamu hadapi bukan dihindari. Dengan begitu kamu bisa hidup dengan tenang tanpa adanya beban lagi. Utarakan masalah kamu dan jangan di pendam di dalam hati sendirian.

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan GushaironFadli.com. Redaksi berhak menyunting atau menghapus kata-kata yang berbau narsisme, promosi, spam, pelecehan, intimidasi dan kebencian terhadap suatu golongan.

Loading Disqus Comments ...
  • Add Your Comment