4 Kriteria Lelaki Idaman Sebagai Acuan Mendasar untuk Dijadikan Pasangan Hidup

Laki laki Idaman

sumber gambar: http://undangan.id/

Kriteria lelaki idaman wanita – Setiap manusia pasti sangat menginginkan pasangan hidup yang baik. Begitu juga semua orang mendambakan kehidupan yang bahagia. Pepatah arab mengatakan “salah memilih pasangan hidup, separuh hidupmu akan sengsara”.

Sebagaimana manusia biasa, lelaki tentu ingin mendapatkan istri yang baik berdasarkan kriterianya. Begitu juga dengan wanita, mereka ingin lelaki yang dapat menjaga, melindungi dan memperhatikannya.

Di dalam kebahagian itu terletak pada pribadi masing-masing setiap orang. Tidak jarang kita melihat pasangan suami istri yang secara kasat mata memiliki perbandingan yang jauh.

Misalnya dalam hal rupawan atau penampilan fisik lainnya. Namun itulah kebahagiaan, tidak memiliki standar yang baku melainkan hanya ditentukan oleh pribadi masing-masing.

Di dalam menilai kebahagian, begitu sulit untuk disampaikan, salah satunya tentang kriteria lelaki yang baik yang seperti apa yang bisa membuat wanitanya bahagia.

Mengingat hal ini merupakan suatu yang krusial yang perlu kehati-hatian, sebab banyak kita jumpai seorang wanita saat menikah dengan lelaki yang dicintainya, ia mengaku tidak bahagia.

Sebenarnya banyak sekali hal yang mendasari sebab akibat, seorang wanita bahagia atau tidak. Setidaknya ada 4 hal yang bisa dijadikan acuan yang mendasar untuk wanita memilih pasangan hidupnya.

1. Lelaki Sholeh Yang Bagus Agamanya

Lelaki Sholeh Yang Bagus Agamanya

Image via islampelitahidup.blogspot.com

Teruntuk wanita sebaiknya memandang pria itu jangan hanya dari penampilan fisiknya saja. Tetapi ada yang lebih penting yaitu agamanya. Karena dalam menjalin ikatan pernikahan yang diinginkan adalah keutuhan dan keharmonisan bukan nafsu syahwat saja. Dengan bagusnya agama maka seorang lelaki tersebut senantiasa akan memperbaiki akhlaknya.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pernah berpesan, “Apabila ada orang yang kalian ridhai agama dan akhlaknya, dan meminang putri kalian, maka nikahkanlah dia. Jika tidak akan terjadi fitnah di muka bumi dan kerusakan yang besar. (HR. Tirmidzi, hasan).

Seorang lelaki yang baik agamanya, maka didalam dirinya terdapat rasa percaya diri yang tinggi. Ia yakin bisa menghadapi setiap permasalahan yang ada. Kriteria lelaki seperti inilah yang sangat paham mengenai apa yang mesti dilakukan di dalam hidupnya.

Agama yang bagus merupakan suatu standar dalam memilih pasangan. Dengannya (agama yang bagus) maka sifat jujur akan senantiasa melekat pada setiap tindakannya. Dia akan melakukan apa adanya.

2. Lelaki Sholeh Yang Lembut Perangainya

Ciri ciri Laki laki Idaman Menurut Islam

sumber gambar: https://media.tumblr.com

Lelaki yang lembut perangainya adalah kriteria suami idaman setiap istri. Dengan adanya perilaku lemah lembut kepada wanitanya makan akan tercipta keharmonisan yang nantinya akan dijalin melalui suatu ikatan yaitu pernikahan.

Dengan kelembutan inilah, keharmonisan membina rumah tangga yang diinginkan dapat dicapai. Sebagimana Rasululullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Sesungguhnya kelembutan menyertai sesuatu maka dia akan menghiasinya dan tidaklah kelembutan itu dicabut dari sesuatu, melainkan akan semakin memperburuknya. (HR. Muslim)

Lelaki dengan kriteria ini secara langsung akan memposisikan wanita ibarat ratu. Ia akan menghormati dan menjaga tutur katanya dihadapan wanitanya. Begitu juga saat nanti ia telah menjadi seorang suami, ia akan mengurus istrinya dengan penuh cinta dan kasih sayang.

3. Lelaki Sholeh Yang Tanggung Jawab & Perhatiaan Yang Tinggi Terhadap Keluarga

Dude Herlino dan Anak

sumber gambar: https://liputan6.com

Makna tanggung jawab yang dimaksud adalah bagaimana seorang lelaki dapat memenuhi setiap tugas yang diberikan kepadanya. Apakah itu tugas di tempat kerja atau tugas yang mendisiplinkan dirinya.

Sehingga jika seorang wanita memilihnya sebagai pasangan hidupnya, ia tidak akan ragu menjalin kehidupan rumah tangga. Karena seorang lelaki yang bertanggung jawab, ia akan paham posisi dan pandai menempatkan perhatian kepada istri.

Standar umum yang dapat dijadikan acuan untuk melihat seorang lelaki itu memiliki perhatian yang tinggi terhadap keluarga adalah dengan melihat hubungannya dengan orangtua.

Apabila ia memiliki hubungan yang baik kepada orangtua terkhusus ibu, maka bisa dijamin lelaki semacam ini siap dijadikan calon pendamping hidup bagi wanita.

Begitu juga dengan perhatiannya saat berjumpa dengan anak-anak. Apakah ia merasa risih jika dekat dengan anak-anak, atau malah merasa senang. Ia ajak bermain, menggendong dan bersenda gurau. Karena ini merupakan modal bagi wanita, untuk mencari calon ayah untuk anak-anaknya nanti.

4. Lelaki Sholeh Yang Berpenghasilan Cukup

Cincin Untuk Melamarmu

sumber gambar: https://thedowrybox.blogspot.co.id

Dalam membangun bahtera tentu sangat membutuhkan dana yang tidak sedikit. Bukan berarti membangun rumah tangga itu ya apa adanya. Ini merupakan hal yang keliru.

Seorang calon istri sebaiknya milih pasangan itu yang telah memiliki penghasilan yang cukup. Arti cukup disini adalah dapat memenuhi kebutuhan pokok di rumah.

Arti cukup disini tidak mesti juga harus banyak dengan semuanya serba ada, namun yang dimaksudkan cukup adalah ada, meskipun masih sedikit.

Meskipun begitu, tidak juga salah bagi wanita jika memilih pasangan yang sudah mapan. Karena membangun rumah tangga, seorang pria harus berpikir dan memiliki rencana-rencana ke depan yang jelas.

Perlu diingat, bahwa membangun cinta tidak boleh didasari karena penampilan fisik dan ekonomi, membangun cinta harus didasadi karena cinta kepada Allah SWT.

Itulah 4 kriteria mendasar di harus ada untuk seorang lelaki, lelki yang ideal untuk dijadikan acuan sebagai seorang suami. Perlu diketahui, untuk menemukan seorang lelaki dengan kriteria tersebut, dapat diketahui dari ciri-cirinya, akhlak kesehariannya.

Penjelasan lengkapnya: Ciri-ciri lelaki sholeh yang baik menurut agama Islam.

Semoga langkah kamu yang sedang dalam pengembaraan menemukan belahan jiwa segera dipertemukan. Aamiin

 

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan GushaironFadli.com. Redaksi berhak menyunting atau menghapus kata-kata yang berbau narsisme, promosi, spam, pelecehan, intimidasi dan kebencian terhadap suatu golongan.

Loading Disqus Comments ...
  • Add Your Comment