10 Cara Mengatasi Stres Kerja Yang Ampuh dan Membuatmu Lebih Bersemangat

Cara Mengatasi Stres Kerja  – Hidup yang kita jalani selalu dinamis, dalam suatu waktu setiap orang pasti akan selalu menemui suatu perubahan entah itu secara perlahan maupun perubahan secara signifikan yang kadang orang sulit untuk menyesuaikan.

Seperti halnya kamu yang sedang memperjuangkan impian semisal membangun usaha, namun di tengah jalan ada sesuatu yang tidak terduga dan menjadikan usahamu bangkrut dan rugi besar. Permasalahan keluarga, seminal ada anggota keluarga tersayang yang sedang sakit, dan lain-lainnya.

Bersiaplah dengan berbagai tantangan didepanmu, dipastikan nanti kamu akan menemui sesuatu yang sudah sangat umum yaitu stres. Pada artikel ini akan aku bahas bagaimana cara menghilangkan stres yang mungkin sering kamu alami dalam perjalananmu meraih mimpi-mimpimu.

Cara Menghilangkan Stres Pikiran

Berikut ini teknik-teknik serta cara menghilangkan stres secara alami yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan stres secara total, teknik ini cukup ampuh jika kamu praktekkan karena sudah banyak terbukti dilakukan.

1. Lakukan Analisis Penyebab Stres

Analisis Diri

Image via pexels.com

Stres sebenarnya timbul dari dalam diri sendiri, yang awalnya menemui keadaan-keadaan pemicu stres tersebut. Kamu bisa melakukan analisis terlebih dahulu untuk mengetahui sumber stres yang kamu alami. Yang perlu kamu pahami adalah penyebabnya, kemudian tulisakan sebuah langkah-langkah dan tindakan sebagai solusi yang bisa kamu lakukan.

2. Mengontrol Diri (Control Your Self)

Kontrol dirimu

Image via pexels.com

Jika permalahan yang kamu hadapi sudah kamu pahami, saatnya mengontrol diri. Dengan menjalankan sebuah solusi yang kamu siapkan sebelumnya berarti kamu sudah masuk ke tahap pengontrolan diri.

Jika kamu membutuhkan bantuan seseorang, jangan sungkan untuk meminta bantuan terhadap seseorang yang sekiranya bisa membantumu.

3. Hindari Sikap Terlalu Percaya Diri (Overconfidence)

hindari rasa terlalu percaya diri (overconfidence)

Image via pexels.com

Sikap terlampau percaya diri adalah hal yang tidak baik, sikap seperti ini akan rentan menjadikan seseorang mengalami kekecewaan yang berlebih juga. Pecaya dirilah dengan tetap rendah hati, berfikir optimis dan realistis serta melibatkan Tuhan dalam setiap langkah yang kamu ambil.

4. Tidak Membandingkan Dirimu dengan Orang Lain

Tidak membandingkan diri dengan orang lain

Image via www.workitdaily.com

Seseorang yang terlalu sibuk memikirkan orang lain, seseorang akan lupa dengan dirinya sendiri. Alhasil kamu akan selalu tertinggal dengan orang tersebut dan kemungkinan besar akan ada perasaan stres yang timbul karena adanya iri di dalam hati.

Hal-hal umum yang biasa dibandingkan seseorang adalah status sosial, kemampuan berfikir (merasa lebih pintar), tempat kuliah, istri atau anak yang terlalu disombongkan dan lain-lainnya.

Sebagai penenang jiwa dan menghilangkan stres, perbaiki diri dengan jangan merasa minder dengan siapapun. Kata om Mario Teguh sebenarnya minder adalah kata lain dari kesombongan. Jika kamu minder, sama aja kamu juga membandingkan dirimu dengan orang lain. Tetaplah berjalan dengan percaya diri dan rendah hati.

5. Berfikir Realistis

Berfikir realistis

Image via sharpjournal.com

Jika kamu mempunyai target yang besar, pikirkan secara realistis tentang apa yang menjadi tujuanmu. Pertimbangkan antara waktu dan kemampuanmu untuk mencapainya. Dalam hal ini sesuatu yang telah kamu persipakan sebelumnya, sebuah catatan-catatan harapan.

6. Pengakuan

Berdamai dengan diri sendiri

Image via pexels.com

Jadilah seorang pendengar yang baik dan terimalah nasihat orang lain, jika kamu mendapat saran ataupun kritik bersyukurlah. Karena berarti ada hidayah dari Tuhan  sebagai bentuk evaluasi diri agar lebih baik lagi. Jika kamu memang bersalah, akuilah dengan jiwa yang besar dan meminta maaf.

Jika kamu sudah mengetahui apa yang menjadi kelemahan dan kekurangan kamu. Akuilah bahwa itu memang kelemahanmu, jangan kamu tutup-tutupi meskipun kamu sedang berkomunikasi dengan dirimu sendiri. Dengan pengakuan ini, kamu akan lebih bisa menerima hal-hal baru yang lebih baik untuk mengobati rasa stres serta menutupi apa yang menjadi kelemahanmu.

7. Penerimaan

Pengakuan dan penerimaan

Image via realsuccess.net

Penerimaan berarti rasa ikhlas berdamai dengan diri sendiri, hal ini adalah level yang tinggi urusan hati. Tidak semua orang mudah untuk bisa menerima apapun secara lapang dadang dari setiap hal yang sulit. Yakinlah bahwa akan selalu ada hikmah dibalik semua peristiwa.

Belajarlah dari kegagalan masa lalu yang kamu alami sebagai pejalaran baru yang bisa menjadikanmu menjadi lebih baik lagi.

8. Jalan-jalan dan Bersepeda (Gowes)

bersepeda bareng keluarga

Image via tokopedia.com

Jalan-jalan atau bersepeda adalah hal yang bisa meredakan stress seseorang, selain sehat untuk kesehatan fisik juga bisa memberikan efek yang baik untuk kesehatan mental. Olah raga ini bisa di bilang olah raga yang semua orang bisa melakukannya, tidak memerlukan keahlian khusus.

Kamu bisa melakukannya semaumu, dengan menjalani olah raga tanpa beban ini bisa membantu menyegarkan pikiranmu, membantu meningkatkan oksigen dalam otak. Oksigen kemudian membantu meningkatkan kemampuan dari berfikir.

9. Menanamkan Sugesti (Afirmasi)

memberi sugesti diri dengan afirmasi

Image via www.indospiritual.com

Sugesti bisa diberikan oleh diri sendiri dan untuk diri sendiri, caranya adalah dengan mengulang ulang kata-kata positif dengan mengatur pola nafas. Pemberian sugesti ini membutuhkan tempat yang tenang, sejuk dan damai seperti susana angin di dekat jendela rumah yang disekitarnya ada pohon-pohon.

Pemberian sugesti yang baik juga ada waktu-waktu khusus, waktu yang paling baik adalah disaat kita akan mulai tertidur, saat ini otak kita masuk pada gelompang alfa (keadaan pikiran bawah sadar). Saat itu adalah waktu yang paling tempat mengulang-ulang kata-kata berupa kalimat afirmasi.

Saat kamu mensugesti dirimu, jangan lupa visualisasikan sejelas-jelasnya tentang kehidupanmu yang penuh dengan rasa gembira. Cara ini sama seperti halnya meditasi, agar hasil maksimal, lakukan secara rutin hingga stres yang kamu alami sampai benar-benar hilang.

10. Mengikuti Terapi (Hypnotherapy)

hipnoterapi menghilangkan trauma

Image via ariesandi.com

Hipnoterapi ini adalah jalan akhir yang kamu ambil, aku sangat menyarankan jangan sampai kamu mengikutinya, kecuali kamu benar-benar mengalami stres karena rasa traumatik yang akut.

Sebenarnya cara-cara diatas sudah cukup ampuh untuk menghilangkan masalah stres yang kamu alami, jika kamu melatihnya setiap hari secara rutin.

Hipnoterapi adalah metode terapi yang sangat ampuh, dalam waktu singkat masalah yang menyebabkan stres yang dialami seseorang dengan mudah akan hilang. Namun untuk biaya terapinya sendiri terbilang sangat mahal, jadi tidak direkomendasikan.

Hipnoterapi ini hanya diperuntukkan untuk kamu yang mempunyai traumatis akut yang sulit dihilangkan karena sudah tersimpan di pikiran bawah sadar.

Contohnya untuk seseorang yang pernah mengalami kekerasan rumah tangga dan penyiksaan semenjak kecil, anak yang diacuhkan kedua orang tua karena mengalami broken home, dll.

Sebagian dari mereka memang membutuhkan terapi dan bantuan dari orang lain untuk membebaskan diri dari stres karena straumatis yang akut.

Cara Mencegah Stres Agar Tidak Kambuh

Setelah stres kamu mereda dan hilang, ada kemungkinan stres akan kambuh lagi, Untuk itu kamu perlu melakukan kebiasaan-kebiasaan yang bisa mencegah kambuhnya stres pikiran. Cara mencegah stres agar tidak kambuh lagi adalah seperti berikut :

1. Tidur cukup secara teratur

2. Membiasakan sugesti dengan afirmasi setiap akan tidur

3. Rutinlah melakukan relaksasi (bisa setiap pagi)

4. Sering-seringlah me-visualisasikan kehidupanmu yang menyenangkan (imajinasi)

5. Sesekali lakukan yoga dan meditasi, yang penting teratur

6. Biasakan menulis sesuatu yang menyenangkan

7. Olah raga secara teratur

8. Menjaga silaturahmi dan hubungan baik dengan semua orang

9. (Buat yang sudah menikah) saling menghibur pasangan satu sama lain, rutin menjalani ibadah suami istri di waktu malam atau pagi hari.

Penutup

Itulah sepuluh cara yang bisa kamu tempuh untuk menghilangkan stres yang ada pada diri sendiri, semoga artikel ini membantumu dan menjadikan kehidupanmu semakin lebih baik ya.

Semoga bermanfaat, jangan lupa dibagikan ya agar bisa bermanfaat buat teman juga 🙂

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan GushaironFadli.com. Redaksi berhak menyunting atau menghapus kata-kata yang berbau narsisme, promosi, spam, pelecehan, intimidasi dan kebencian terhadap suatu golongan.

Loading Disqus Comments ...
  • Add Your Comment